-->

Kenapa Setiap Pakan Pelet Ikan Mas Koki Hasilnya Beda-beda Ya Sekalipun Merek yang Dipakai Sama?

Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa setiap pengalaman atau review dari pakan ikan hias seperti pelet pada ikan mas koki, ikan Louhan, ikan cupang, ikan discus, ikan Oscar dan lain sebagainya, pasti ada saja yang beda. Tidak seragam seperti review pada perangkat Elektronik, katakanlah Smartphone? Apa sih sebenarnya penyebab atau faktor yang menjadi pemicu perbedaan pengalaman atau review pakan ikan hias tersebut? Temukan jawabannya melalui penjelasan ini.

Kenapa Setiap Pakan Pelet Ikan Mas Koki Hasilnya Beda-beda Ya Sekalipun Merek yang Dipakai Sama?
Kenapa Setiap Pakan Pelet Ikan Mas Koki Hasilnya Beda-beda Ya Sekalipun Merek yang Dipakai Sama?

Pakan ikan hias saat ini tidak hanya didominasi oleh pakan segar semisal cacing sutra, cacing darah, jentik nyamuk saja. Namun ada juga pakan kering semisal pelet yang biasa diproduksi oleh pabrik kelas rumahan hingga pabrik kelas besar dan karena itu pula ada banyak macam merek dari pakan pelet seperti ini. Sebut saja ada Saki Hikari, pakan ini asli import Jepang dan beberapa produknya seperti Saki Hikari Balance, Saki Hikari Growth, Saki Hikari LionHead, Saki Hikari Oranda Gold serta masih banyak variannya (cek artikel reviewnya di sini, di sini, di sini, dan di sini)

Ada juga Mizuho yang terkenal di kalangan penghobi ikan mas koki sebagai pelet ekonomis namun bisa meningkatkan pertumbuhan. Pakan pelet ini juga sudah admin review di sini. Selain itu ada AGARU (cek di sini artikel reviewnya), SAKURA sang pakan pelet Legend ( cek di sini) dan masih banyak lagi merek pakan kering lainnya. Oh iya ada MB Food, ini pakan pelet asli buatan dalam negeri yang sudah banyak direkomendasikan. Sayangnya sampai artikel ini dibuat admin belum bisa mereviewnya (belum ada yang mau ngirimin euy,.. 🤭

Nah dari sekian banyak merek tersebut, apa yang membuat atau faktor apa yang membuat pengalaman, hasil dari setiap merek pakan berbeda? Padahal sudah menggunakan merek yang sama persis? Setidaknya ada 5 faktor yang membuat perbedaan pengalaman ini muncul, antara lain:

1. Gen Ikan
Paling utama adalah gen atau genetika (faktor keturunan) ikan itu sendiri. Ada ikan mas koki yang memang dari indukannya itu mudah tumbuh besar atau bahasa populernya itu jumbo sehingga diberi pakan yang bagus, maka pertumbuhannya pun akan maksimal. Bahkan cenderung bisa tumbuh besar dari kebanyakan ikan mas koki lain.

Ada juga gen warna dominan. Semisal Indukannya itu asli ikan mas koki berwarna Hitam pekat, sehingga memiliki keturunan ikan mas koki yang punya warna hitam pekat pula. Warna hitam ini cenderung sulit untuk pudar sekalipun tidak dijemur di bawah sinar matahari atau tidak juga terpengaruh oleh spirulina yang biasa ada di pakan kering jenis pelet.

2. Kepadatan Jumlah Ikan
Soal berapa jumlah ideal memelihara ikan mas koki dalam 1 tank aquarium sebenarnya sudah pernah admin bahas di sini, bahkan sudah admin sertakan juga videonya. Namun begitu akan admin coba singgung sedikit dimana jumlah atau kepadatan ikan mas koki dalam satu tank akan sangat berpengaruh dari pertumbuhan ikan sendiri. Jadi mau dikasih makan pelet kualitas premium pun kalau jumlah ikan terlalu banyak, maka pertumbuhan akan terganggu bahkan sampai terhenti.

3. Kebiasaan
Nah ini, terlihat sepele namun ternyata kebiasaan kamu sebagai penghobi ikan mas koki dalam memperlakukannya juga turut andil dalam menentukan hasil atau pengalaman dari suatu merek pakan kering jenis pelet. Kebiasaan ini meliputi intensitas atau waktu jeda antara 1 ke waktu lain pemberian pakan serta Jumlah pakan itu sendiri. Soal berapa jumlah ideal memberi makan ikan mas koki dalam sehari sebenarnya juga sudah admin pernah bahas melalui artikel lengkapnya di sini.

4. Kualitas Air dan Pencahayaan
Dua faktor ini admin gabung saja menjadi satu karena keduanya saling berkaitan. Kita tahu bahkan sejatinya ikan itu hidup dan akan terus hidup sampai mati di dalam air. Jadi mau tidak mau ketika memelihara ikan mas koki maka harus juga memelihara airnya. Ibarat kata manusia akan hidup sehat jika di ruangan atau tempat yang sehat dan sejuk. Begitu juga dengan pencahayaan.

Di habitat aslinya, ikan mas koki hidup di aliran sungai sedang, dan pastinya langsung terkena sinar matahari. Sama seperti kita manusia yang membutuhkan matahari untuk menguatkan tulang dan gigi, ikan juga demikian supaya pertumbuhan badannya maksimal. Oleh karena itu merek pakan bukan lah faktor utama dalam menentukan keberhasilan memelihara ikan mas koki.

Berikut ini beberapan jenis pakan pelet yang sudah admin gunakan pada ikan mas koki kesayangan:




Setelah membaca kelima faktor di atas, sekarang kamu sudah tahu kan kenapa pengalaman setiap orang itu beda atau tidak bisa sama persis dengan penghobi ikan mas koki lainnya atau ikan hias lainnya soal merek pakan pelet ini. Namun begitu biasa akan muncul beberapa kemiripan atau ciri-ciri umumnya ketika menggunakan pakan merek tertentu. Buat kamu yang ingin berbagi pengalaman soal pakan ikan boleh tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya, semoga bermanfaat salam admin iwakbuncit.com

Kenapa Setiap Pakan Pelet Ikan Mas Koki Hasilnya Beda-beda Ya Sekalipun Merek yang Dipakai Sama?