Berapa Jumlah IDEAL Memelihara Ikan Mas Koki dalam 1 Aquarium? 🤔

Berapa sebenarnya maksimal atau jumlah ideal memelihara ikan mas koki dalam 1 Aquarium? Apakah ada batasannya? Apakah boleh jika memelihara banyak ikan mas koki dalam 1 Aquarium? Apakah ada efek sampingnya jika terlalu banyak memelihara dan bagaimana caranya membesarkan ikan mas koki supaya bisa berukuran jumbo? Nah buat kamu yang penasaran dengan pertanyaan semacam ini bisa tonton video penjelasan admin ini hingga selesai.

Berapa Jumlah IDEAL Memelihara Ikan Mas Koki dalam 1 Aquarium? 🤔
Berapa Jumlah IDEAL Memelihara Ikan Mas Koki dalam 1 Aquarium? 🤔

Memelihara ikan mas koki itu seperti candu. Diisi sedikit rasanya kurang, diisi banyak malah sesak lihatnya. Yup, buat kamu yang baru pertama kali memelihara ikan mas koki termasuk admin di awal-awal dulu pernah merasakan ingin membeli banyak ikan mas koki dan menggabungkannya dalam 1 Aquarium saja. Lihatnya lucu aja gitu ada banyak ikan mas koki berenang lucu di dalam satu tank. Belum lagi mulut kecil mereka itu yang suka megap-megap seperti orang kelaparan atau sedang kehabisan napas. Bertambah serulah memelihara banyak ikan mas koki.

Akan tetapi makin ke sini, admin dan kamu juga pastinya cukup sering bertanya-tanya tentang sebenarnya berapa banyak sih jumlah ikan mas koki yang ideal atau pas di pelihara di dalam sebuah Aquarium? Apakah ada batasannya, misal kepenuhan apakah ada dampak buruknya? Sebenarnya berapa jumlah yang tepat? Hem... Tentunya makin ke sini admin jadi banyak berbagai macam hal terutama untuk memelihara ikan mas koki dan dari sekian banyak penghobi ikan mas koki yang sudah admin temui memang banyak dari mereka yang menyarankan untuk tidak memelihara ikan dalam 1 tank.

Setelah admin coba cari-cari lagi ternyata ada aturan khusus dalam memelihara ikan mas koki. Adapun aturannya sebagai berikut:

  1. Ikan yang berukuran kurang dari 5 cm setidaknya membutuhkan air sebanyak 5 Liter per ekor Ikan
  2. Ikan yang berukuran kurang dari 8 cm setidaknya membutuhkan air sebanyak 7 Liter per ekor Ikan
  3. Ikan yang berukuran kurang dari 15 cm setidaknya membutuhkan air sebanyak 8 Liter per ekor Ikan
  4. Ikan yang berukuran lebih dari 15 cm setidaknya membutuhkan air sebanyak 25 Liter per ekor Ikan

Dari penjelasan di atas setidaknya kamu tahukan takaran yang pas atau jumlah yang pas ketika ingin memelihara ikan mas koki. Nah dengan mengikuti jumlah yang sudah dianjurkan akan membuat ikan mas koki peliharaan kamu tersebut lebih minim terkena penyakit seperti stress. Belum lagi kotoran ikan jadi tidak cepat banyak atau menumpuk dan yang lebih terpenting lagi adalah pertumbuhan ikan mas koki bisa maksimal.

Makanya tidak heran jika harga ikan mas koki berukuran jumbo lebih mahal dari ikan mas koki biasa karena perawatannya ekstra dan tentunya jumlah ikan mas koki jumbo yang dihasilkan tidak banyak. Karena itu tadi jumlah pemeliharaannya saja dibatasi supaya bisa tumbuh maksimal. Apalagi buat kamu yang ingin mengikuti kontes, pasti soal ini bakal lebih terfokus lagi. Lengkapnya soal bahasan ini bisa kamu simak pada video berikut:


Semoga apa yang sudah admin bagikan ini bermanfaat buat kamu. Di awal memelihara ikan mas koki tentukan terlebih dahulu apakah ingin memelihara ikan mas koki untuk tujuan senang-senang, lucu-lucuan saja atau memang untuk tujuan kontes. Kalau kamu sudah tahu tujuan dari awal maka proses memelihara ikan mas koki akan terasa menyenangkan. Okey, silahkan +1, like dan bagikan artikel ini serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Berapa Jumlah IDEAL Memelihara Ikan Mas Koki dalam 1 Aquarium? 🤔