Panduan Lengkap Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Ingin Memelihara Ikan Mas Koki Supaya Tetap Sehat

Buat kamu yang berencana ingin memelihara ikan mas koki dalam waktu dekat ini, namun bingung apa saja yang harus dipersiapkan supaya ikan mas koki yang sudah kamu beli tersebut, maka postingan kali ini sangat direkomendasikan untukmu karena admin sudah buatkan panduan lengkap bagaimana cara memelihara ikan mas koki khusus untuk pemula beserta alat-alat apa saja yang perlu dipersiapkan. Semoga bermanfaat 😉

Panduan Lengkap Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Ingin Memelihara Ikan Mas Koki Supaya Tetap Sehat

Kalau dilihat-lihat sebenarnya tidak ada yang terlalu super spesial untuk bisa memelihara ikan mas koki. Layaknya memelihara ikan hias jenis lainnya, harusnya sih tinggal siapkan wadah, masukkan air kemudian isi dengan ikan mas koki yang diinginkan. Segampang itu sih harusnya pelihara ikan mas koki.

Namun pada kenyataannya ketika dicobakan, beberapa dari kamu mungkin mendapati ikan mas kokinya jadi murung, berenang lambat, diam di pojokan Aquarium, tidak mau makan hingga mati. Kalau sudah seperti itu, apakah ada yang salah dari tahap-tahapannya selama ini? Apa memang diperlukan persiapan khusus untuk bisa memelihara ikan mas koki supaya tetap sehat dan lincah?

Yah, setidaknya itulah yang pernah admin alami ketika pertama kali memelihara ikan mas koki, walau tidak sampai semua ikan mati, namun di awal-awal memelihara terkadang ada saja ikan mas koki yang nampak diam tiap terlalu aktif. Belajar dari pengalaman tersebut admin akan coba bagikan ke kamu tentang apa-apa saja yang harus dipersiapkan ketika pertama kali memelihara ikan mas koki. sebagai berikut:

1. Air
Yang namanya ikan mau bagaimanapun dia akan hidup di dalam air sepanjang hidupnya, maka dari itu menyiapkan air sangatlah penting dalam memelihara ikan mas koki. Namun tentu bukan sembarang air karena air yang dibutuhkan adalah air yang sudah diendapkan terlebih dahulu. Sumber air boleh dari air PDAM, air Sumur, atau air RO. Yang terpenting adalah air bersih, tidak berbau dan tidak berasa.

2. Wadah
Soal wadah ini kembali lagi ke selera dan kemampuan kamu. Kalau mau wadah yang bagus bisa gunakan Aquarium dengan ukuran besar, namun jika dirasa memberatkan bisa gunakan Aquarium kecil. Saran dari admin setidaknya gunakan Aquarium minimal panjang 60 cm karena ikan mas koki termasuk ikan yang aktif dan suka berenang ke sana-kemari sehingga apabila Aquariumnya kecil dapat membuat ikan terbatas pergerakannya.

3. Aerator
Air yang sudah diendapkan tadi dan sudah dimasukkan ke dalam Aquarium, ada baiknya kamu aerasi terlebih dahulu setidaknya 15 menit hingga 30 menit dengan menggunakan mesin aerator. Tujuannya supaya kadar oksigen yang ada di dalam air bisa meningkat. Kadar oksigen dalam air yang rendah dapat membuat ikan mas koki stress dan memicu penyakit lain.

4. Pompa dan BOX Filter
Okey untuk pompa dan box filter ini bisa kamu atasi dengan membeli All in ONE kit yang sudah pernah admin review pada video berikut:



Umumnya penghobi baru tidak mau repot ketika memelihara ikan mas koki sehingga admin sarankan bisa gunakan terlebih dahulu Box filter lengkap ini. Apabila sudah dapat "feel" nya bisa naik ke tahap berikutnya. Untuk peletakan pompa bisa kamu taruh sesuai keinginan, akan tetapi baiknya kamu ikuti panduan Water flow air Aquarium yang sudah admin jelaskan pada video berikut:



5. Media Filter
Media filter sendiri meliputi filter mekanik, biologi dan kimiawi. Namun 2 media filter saja yang perlu kamu gunakan seperti busa putih atau orang sebutnya kapas putih lalu Bioring atau bioball untuk media biologinya. Sayangnya media biologi tidak ada tempatnya di box filter pabrikan sehingga dibutuhkan box filter custom seperti box filter talang yang dapat memuat banyak media biologi.

Buat yang tertarik dengan box filter talang bisa baca reviewnya di sini atau tonton reviewnya melalui video berikut:



Versi Box Talang 2 Tingkat:


6. Aklimasi

Sederhananya aklimasi itu proses penyesuaian suhu air yang ada di dalam kantong ikan mas koki dengan suhu air yang ada di dalam Aquarium. Supaya ikan mas koki tidak terkejut dengan perbedaan suhu yang terlampau berbeda. Mengingat ikan mas koki itu rentan dengan lonjakan perubahan suhu. Guna lebih memahami aklimasi ini bisa kamu tonton videonya berikut:



7. Karantina
Dari awal membeli ikan mas koki, admin sarankan untuk membeli di tempat yang terpercaya, sehingga meminimalisir resiko terbeli ikan mas koki yang sudah sakit sejak awal. Karena ada cukup banyak laporan yang menyebutkan bahwa setelah membeli ikan mas koki, selang beberapa jam ikan mas koki yang dibeli tadi mati.

Kalau sudah terlanjur membeli ikan mas koki sakit, ada baiknya kamu karantina terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam Aquarium. Tata cara karantina sudah pernah admin buatkan postingannya di website ini atau bisa kamu tonton pada channel Iwak Buncit



Setelah kesemua tadi sudah kamu siapkan, tinggal masukkan ikan mas kokinya ke dalam Aquarium. Setelah itu coba amati pergerakan ikan mas koki. Untuk awal-awal jangan dulu diberi makan, kasih jeda 1 hari dan setelah itu baru kamu kasih makan. Penjelasan lengkapnya bisa kamu tonton pada video berikut:



Itulah dia apa-apa saja yang perlu dipersiapkan ketika pertama kali memelihara ikan mas koki. poin-poin yang admin bagikan ini berdasarkan pengalaman sendiri selama memelihara ikan mas koki. Buat kamu yang mau menambahkan bisa tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Panduan Lengkap Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Ingin Memelihara Ikan Mas Koki Supaya Tetap Sehat
  1. Mas kalo gk pake aerator alias pake filter aja tpi filterny ad semburan kaya aerator.. Aman gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman gan, cuma harus memenuhi beberapa kriteria ya

      Hapus
    2. Kriterianya apa saja?

      Hapus