Review 2 Bulan Menggunakan Saki Hikari Oranda Gold Premium: Ikan Mas Koki Tumbuh Maksimal

Sedang mencari review untuk Pelet Saki Hikari Oranda Gold Premium? Apakah benar pakan ikan mas koki ini sepremium namanya? Apakah bisa membuat ikan mas koki menjadi cepat besar dan apakah benar jenis pelet floating ini bisa membuat ikan mas koki mudah terserang Swim Bledder atau berenang terbalik? Yuk temukan semua jawabannya melalui review berikut ini!

Review 2 Bulan Menggunakan Saki Hikari Oranda Gold Premium: Ikan Mas Koki Tumbuh Maksimal
Review 2 Bulan Menggunakan Saki Hikari Oranda Gold Premium: Ikan Mas Koki Tumbuh Maksimal

Saki Hikari Oranda Gold Premium. Sebenarnya tidak ada embel-embel Kata "SAKI" pada kemasannya. Hanya saja lebih enak dibaca seperti itu makanya admin tambahkan "SAKI". Admin sendiri tahu varian pelet ikan mas koki dari KYORIN ini sudah cukup lama, terlebih ketika coba mencari pelet Saki Hikari Balance, Hikari Growth dan Hikari Lion Head yang sudah pernah admin review di sini, di sini dan di sini melalui situs belanja online juga sering berseliweran produk Hikari Oranda Gold ini. Kemasannya sendiri mencolok berwarna merah tua, dan sesuai dengan mereknya, terdapat ikan mas koki jenis Oranda pada tampilan kemasan depan.

Admin enggan memilih pelet Saki Hikari Oranda Gold Premium ini lantaran pelet ini bertipe floating atau mengambang. Dimana pakan jenis mengambang ini kabarnya lebih berisiko membuat ikan mas koki menjadi mudah terkena Swim Bleder atau berenang terbalik. Karena secara tidak langsung ketika ikan mas koki coba memakan pelet tipe floating, mereka juga bakal menghirup udara secara berlebihan sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu gelembung renang.

Namun karena anjuran dari salah seorang penghobi ikan mas koki di kota admin yang sudah lama berkecimpung di ikan hias mas koki, akhirnya admin berani mencobanya. Admin sendiri pesan pelet Saki Hikari Oranda Gold Premium ini di toko online karena di kota admin sendiri tidak ada yang menjualnya. Setidaknya hanya terdapat satu varian berat saja yaitu 300gr untuk pelet ini, namun dari yang admin rasakan sendiri walau cuma 300 gram akan tetapi banyaknya hampir sama dengan Saki Hikari Lion Head 350gr. Entahlah apa cuma perasaan admin saja namun kenyataannya seperti itu. Setelah admin baca-baca hal ini memang bisa terjadi karena pakan pelet jenis floating lebih ringan dari pada tipe sinking sehingga untuk jumlah bisa lebih banyak.

Soal ukuran atau lebih tepatnya butiran pelet sendiri, Saki Hikari Oranda Gold Premium ini lebih besar dari pada pelet tenggelam yang sudah admin coba, sehingga khusus buat kamu yang menggunakan Food Timer seperti Recent 280G yang juga pernah admin review di sini, harus menambahkan 1 geseran sehingga takarannya sama dengan pakan sebelumnya. Karena kalau tidak bakal berkurang jumlah pakan yang diberikan. Hal ini admin sadari setelah ikan mas koki admin jadi agak ganas karena mungkin kekurangan jumlah pakan tadi.

Masih sama seperti ketiga pakan pelet dari Kyorin lainnya, Saki Hikari Oranda Gold Premium ini juga berwarna coklat serta berbau asin menyengat dan sepertinya bau inilah yang membuat ikan lahap makan. Walau admin belum pernah mencicipinya sendiri, namun mungkin rasa dari pelet ini asin juga 😅. Dari yang admin lihat setidaknya butuh penyesuaian untuk beberapa ikan mas koki agar bisa memakan pelet ini, khususnya buat kamu yang sudah lama menggunakan pelet tipe tenggelam. Karena setidaknya ada 1 ekor ikan mas koki jenis Ranchu Sakura admin yang mungkin sekitar 4 hari lebih tidak bisa memakan pelet Saki Hikari Oranda Gold ini. Jadi ketika makanan dijatuhkan ke dalam tank, Ranchu Sakura malah sibuk mencari makanan di dasar aquarium, padahal peletnya sendiri berada di permukaan air. Namun mungkin karena insting lapar tadi, belum lagi bau menyengat dari pelet tersebut, walhasil ikan mas koki tadi bisa makan juga.

Bagaimana dengan hasilnya? Sejauh ini ikan mas koki admin sehat, lincah. Soal pertumbuhan juga ada namun karena ikan mas koki admin sudah besar-besar jadi untuk point pertumbuhan kurang begitu terasa, hanya saja yang admin lihat jelas di sini adalah mutasi warna. Jadi contohnya ikan mas koki Ranchu Tiger admin mengalami mutasi warna, lebih tepatnya memudarnya warna hitam. Jadi terlihat kurang menarik sekarang. Belum lagi ikan mas koki Oranda Orange Jumbo mengalami pemutihan di bagian jambul atau wen. Kesimpulan yang bisa admin tarik ialah jika pelet ini menguatkan gen warna namun disisi lain justru menghilangkan warna lain, khususnya untuk warna yang tidak dominan atau ikan mas koki Three Color (Calico).


Selama penggunaan juga belum ditemui ikan yang mengalami berenang terbalik. Jadi buat kamu yang sudah menggunakan pelet tipe tenggelam bisa aman. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa Swim Bledder juga terkadang dari bakat ikannya serta faktor lain. Secara keseluruhan admin puas dengan Pelet Saki Hikari Oranda Gold Premium ini.

Itulah yang bisa admin bagikan ke kamu review dari Saki Hikari Oranda Gold Premium. Buat kamu yang juga sedang menggunakan pakan ini bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar. Apa yang admin tuliskan ini murni berdasarkan pengalaman saja selama menggunakannya. Nah buat kamu yang sedang ingin menggunakan pakan pelet ini semoga bisa menjadi referensi. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk kemajuan dunia ikan hias Indonesia. Salam admin iwakbuncit.com

Review 2 Bulan Menggunakan Saki Hikari Oranda Gold Premium: Ikan Mas Koki Tumbuh Maksimal