Harusnya Berapa Kali Ikan Mas Koki Makan dalam Sehari?

Berapa banyak sebenarnya jumlah makanan ikan mas koki dalam sehati atau Berapa Kali Ikan Mas Koki Makan dalam Sehari? Banyak dari kamu yang mungkin bertanya-tanya tentang hal satu ini. Secara ikan mas koki mau dikasih makan seberapa kali pun dan sebanyak apapun pasti bakal dimakannya. Seolah-olah ikan mas koki tersebut tidak ada kenyangnya sama sekali. Nah di bahasan kali ini admin akan coba jelaskan ke kamu jumlah ideal atau takaran ideal berapa kali sebenarnya ikan mas koki makan dalam sehari. Silahkan disimak dengan saksama.

Harusnya Berapa Kali Ikan Mas Koki Makan dalam Sehari?
Harusnya Berapa Kali Ikan Mas Koki Makan dalam Sehari?

Dilema memiliki ikan mas koki adalah rasa kasihan bin IBA yang sering nampak dari mulut ikan mas koki yang terus megap-megap membuka mulut ketika diberi makan. Bahkan setelah diberi makanan pun ikan mas koki akan terus membuka mulutnya berkali-kali seolah-olah ikan mas koki tersebut tidak pernah cukup tidak pernah kenyang. Sehingga kita sebagai penghobi pemelihara ikan mas koki tidak tega dan terus memberi makan ikan mas koki tersebut dan tanpa terasa sudah setengah bungkus makanan habis. Setidaknya itulah yang pernah admin alami ketika di awal-awal memeliharanya.

Hemm.. sebenarnya berapa kali sehari sih idealnya memberi ikan mas koki makan? Apa memang ikan mas koki tidak pernah kenyang walau diberi makan sebanyak apapun? Nyatanya iya. Ikan Mas Koki tidak akan pernah berhenti makan dan oleh karena itu juga kita sebagai penghobi ikan mas koki yang justru mengatur jumlah makanan tersebut. Berdasarkan informasi yang admin dapat dari sesama penghobi ikan mas koki jika jumlah ideal yang bagus untuk ikan mas koki adalah 3 hingga 4 kali dalam sehari.

Jumlah ini mengikuti pola makan kita manusia juga dan itu sebenarnya juga berlaku untuk ikan mas koki. Kenapa harus dibatasi 3 atau 4 kali dalam sehari? Karena jika terlalu sering memberi makan ke ikan, makan ikan mas koki tersebut akan cepat mati atau umurnya akan lebih pendek. Selain itu pemberian pakan secara berlebihan dapat memicu gangguan pencernaan hingga Swim Bledder atau berenang terbalik. Walau memang penyakit Swim Bledder banyak akibatkan oleh virus, namun pemberian makanan secara berlebihan kepada ikan mas koki juga bisa memicu berenang terbalik.

Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:


Jadi walau dirimu merasa kasihan, tidak tegaan dan merasa iba pada ikan mas koki yang terus-terusan minta makan, tetap ingat bahwa ikan tersebut sebenarnya sudah kenyang, sudah cukup takaran makannya. Supaya gangguan pencernaan dan penyakit yang tidak diinginkan tidak menyerang ikan mas koki kesayangan. Silahkan +1, like dan bagikan artikel ini serta subscribe channel Iwak buncit untuk Tips Ikan Hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Harusnya Berapa Kali Ikan Mas Koki Makan dalam Sehari?