Perhatikan 4 Hal Penting Ini Sebelum Melakukan Penggantian Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki!

Apakah ada suatu ritual atau ada persiapan khusus ketika mengganti air di Aquarium ikan hias? Seberapa banyak air yang diganti? Apa-apa saja yang harus diperhatikan supaya ikan hias peliharaan kita tetap sehat, tidak mudah stress pada saat proses penggantian air? Nah ini dia sengaja sudah admin buatkan khusus ke kamu tentang apa saja yang perlu diperhatikan yang perlu dipersiapkan pada saat melakukan penggantian air Aquarium Ikan Hias. Silahkan disimak dengan seksama!

Perhatikan 4 Hal Penting Ini Sebelum Melakukan Penggantian Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki!
Perhatikan 4 Hal Penting Ini Sebelum Melakukan Penggantian Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki!

Mengganti air pada aquarium adalah rutinitas yang wajib dilakukan oleh penghobi ikan hias. Baik itu ikan hias jenis Mas Koki yang sudah terkenal suka membuang kotoran banyak, ikan discus, ikan lohan, ikan Arwana, ikan guppy, ikan belida, ikan Cupang, ikan Oscar serta ikan hias lainnya. Karena memang dengan melakukan penggantian air secara rutin pada waktu-waktu yang sudah ditentukan akan membuatkan ikan hias peliharaan kita tetap terjaga kesehatannya dan tentu membuat ikan hias kita menjadi lincah, lahap makan.

Persoalan mengganti air aquarium ini sebenarnya sudah pernah admin bahas khusus pada artikel yang ada di sini dan di sini. Oleh karena itu untuk bahasan kali ini admin lebih menitik beratkannya pada apa-apa saja sih yang perlu dipersiapkan dan yang perlu diperhatikan pada saat melakukan penggantian air aquarium. Setidaknya ada 4 hal yang perlu kamu perhatikan yaitu:

1. Peralatan Listrik
Tak dapat dipungkiri lagi jika yang namanya aquarium ikan hias tidak akan terlepas dari yang namanya peralatan listrik. Contohnya saja di dalam aquarium ikan mas koki admin ada Pompa Celup Aquila P1600 yang pernah admin review di sini, heater dari SOBO juga pernah di review di sini, Lampu LED HPL (cek di sini untuk reviewnya), Aerator AMARA (cek di sini dan di sini), serta Food Timer Recent (cek di sini).

Karena memang peralatan tadi sangat dibutuhkan agar kelangsungan hidup ikan hias mas koki terus berlanjut. Nah pada saat penggantian air, ada baiknya kamu memperhatikan peralatan listrik tadi. Sederhananya bisa dengan mematikan terlebih dahulu pompa celup, Water heater, serta lampu celup. Khawatirnya bisa saja tanpa diketahui oleh kita terdapat kebocoran listrik dan tentunya itu akan sangat membahayakan keselamatan. Karena pernah kejadian kasus dimana salah satu penghobi ikan hias yang tidak sadar jika alat pemanas airnya pecah dalam kondisi masih menyala. Walhasil kita dia mencelupkan tangan ke dalam aquarium langsung tersengat listrik hingga meninggal. Jadi pastikan peralatan listrik yang ada di dalam aquarium semuanya sudah dimatikan terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian air

2. Penyedotan Kotoran
penyedotan kotoran pada tank ikan hias adalah opsional jika memang di dasar aquarium tersebut terdapat banyak kotoran yang mengendap. Maka ada baiknya dilakukan penyedotan dengan alat bernama sipon. Alat ini bisa kamu dapatkan di toko-toko ikan hias. Harganya terbilang murah dan sangat membantu juga ketika ingin mengurangi volume air yang ada di dalam aquarium. Hanya saja kamu membutuhkan selang panjang lagi agar bisa dengan mudah membuang airnya.

3. Tinggi Air
Buat kamu yang sudah lama mengikuti channel Iwak Buncit ini pasti sudah paham tentang jumlah air yang boleh dikuras, tapi khusus buat kamu yang mungkin baru saja memelihara ikan hias jenis mas koki, Arwana, Oscar, lohan, guppy, belida, channa dan lain sebagainya maka hal yang perlu kamu ingat bahwa tidak boleh yang namanya menguras air secara keseluruhan atau total dari aquarium. INGAT JANGAN PERNAH MENGURAS TOTAL! Karena tindakan tersebut akan membuat ikan stress serta menghilangkan bakteri baik atau bakteri pengurai yang sudah ada.

Maka dari itu penggantian air yang disarankan adalah maksimal 50% saja jika air tersebut lama tidak diganti semisal kebiasaan admin yang mengganti air sebanyak 50% dan 30% jika dilakukan sebanyak 1 Minggu sekali. Ingat jangan untuk sering mengganti air juga karena butuh waktu yang cukup lama untuk membuat bakteri baik di tank tersebut tumbuh. Gunakan bakteri starter dari Aqua sehat untuk mempercepat pertumbuhan bakteri pengurai, cara penggunaannya bisa kamu cek di sini. Sudah admin sertakan juga videonya. Oh iya dalam kondisi darurat kamu bisa menguras total air aquarium dan itu misal terjadi bisa kamu ikuti instruksinya di sini

4. Tinggi Gelembung Aerasi
Mau bagaimana pun juga khususnya buat kamu yang memelihara ikan mas koki pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aerator. Nah ini adalah salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan. Jadi pada saat kamu ingin menguras air di aquarium, pastikan bola aerasi sudah diturunkan ke bawah sehingga pertukaran oksigen dipermukaan tetap terjadi. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu simak panduannya melalui video yang ada di bawah berikut:


Selama kamu mengikuti 4 tips di atas maka proses penggantian air akan berjalan lancar dan ikan-ikan hias yang ada di dalam aquarium kamu akan sehat-sehat saja. Buat kamu yang punya masukkan tambahan terkait bahasan kita kali ini bisa bantu tambahkan di kolom komentar. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit guna terus mendapatkan info terbaru seputar tips ikan mas koki. Salam admin iwakbuncit.com

Perhatikan 4 Hal Penting Ini Sebelum Melakukan Penggantian Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki!