Review Lampu LED HPL DIY Aquascape di Aquarium Ikan Mas Koki: Terasa Overkill? 🤔

Setelah cukup lama menggunakan lampu LED dari Yamano P600 seperti yang pernah admin review sebelumnya di sini. Sekarang admin coba beralih menggunakan lampu LED jenis HPL atau lebih tepatnya lampu DIY LED HPL untuk di Aquarium ikan mas koki. Buat kamu penyuka Aquascape pasti sudah tidak asing lagi dengan lampu LED HPL ini, karena memang lampu LED jenis ini sangat sering digunakan untuk Aquascape. Terlebih kombinasi warna atau spektrumnya itu bisa disesuaikan dengan ekosistem Aquascape yang dimiliki.

eview Lampu LED HPL DIY Aquascape di Aquarium Ikan Mas Koki: Terasa Overkill?
eview Lampu LED HPL DIY Aquascape di Aquarium Ikan Mas Koki: Terasa Overkill?

Lampu LED HPL ini admin beli di salah satu toko online hijau (Tokopedia) dengan harga 4 kali lipat lebih dari harga lampu LED Yamano. Alasan admin membeli lampu LED HPL ini karena penasaran saja ingin mencoba lampu yang digadang-gadang bisa menyerupai sinar matahari, admin juga berencana ingin membuat Aquarium ikan mas koki menjadi hijau airnya dan benar saja setelah penggunaan beberapa waktu, air di Aquarium ikan mas koki menjadi agak kehijauan.

Alasan kedua admin membeli lampu LED HPL DIY ini adalah karena lampu ini bisa dengan mudah diperbaiki jika terdapat kerusakan. Kita sama-sama tahu jika penyakit utama dari lampu LED adalah dalam kurun waktu tertentu setelah penggunaan biasanya salah satu dari beberapa titik lampu LED akan ada yang mati. Nah biasanya lampu LED buatan pabrik cukup sulit untuk dibeli Sparepart LED nya dan kalaupun ada biasanya belum tentu cocok atau kita tahu berapa Power dari lampu LED tersebut. Namun itu berbeda cerita jika kamu menggunakan lampu LED HPL ini dimana setiap bagian lampu semisal LED HPL nya bisa dengan mudah diganti jika ada yang putus. Bahkan dengan mudah juga bisa kamu ganti driver lampunya jika terjadi kerusakan.

Sesuai dengan namanya LED HPL DIY atau DO it Your Own Risk, komposisi warna dari lampu LED ini bisa dengan mudah kamu ganti-ganti, seperti yang admin lakukan pada lampu LED HPL ini dimana ada 6 warna merah admin ganti menjadi 3 saja, selebihnya ada putih cool dan biru. Asalkan kamu bisa menggunakan solder listrik, maka sama sekali tidak ada kendala untuk melakukan penggantian warna lampu LED.

Oh iya, lampu LED HPL yang admin beli ini dilengkapi dengan Dimmer atau pengatur intensitas cahaya sehingga sangat cocok digunakan pada Aquarium yang berada dalam kamar tidur. Sebenarnya ini tidaklah termasuk dalam paket penjualan, namun karena lampu LED HPL ini sifatnya pemesanan alias cuma bisa dibeli jika ada order dari pembeli, maka dengan sesuka hati bisa ditambahkan fitur lain semisal Dimmer ini. Bahkan bisa juga menambah Watt.

Selain itu admin tambahkan juga lensa yang fungsinya untuk membuat lampu LED HPL menjadi lebih fokus. Ini sangat berguna sekali buat kamu yang punya tinggi Aquarium di atas 50cm. Oh ya admin tambahkan siku lebih sehingga lampu LED HPL ini bisa digunakan juga pada Aquarium dengan panjang 150cm. Karena untuk saat ini Aquarium admin cuma 120 cm saja. Jadi jika sudah upgrade tank nanti tidak perlu beli lampu HPL lagi.

Secara umum penggunaan lampu LED HPL pada Aquarium ikan mas koki ini overkill, karena itu tadi lampu HPL ini cocok untuk Aquascape namun bukan berarti ikan koki tidak cocok. Dari segi harga juga tidak bisa dibilang murah, kalau bukan karena faktor bisa diperbaiki dengan mudah, admin lebih prepare ke lampu LED pabrikan. Cuma untuk jangka panjanglah admin ambil lampu LED ini.

Itu dialah review admin untuk lampu LED HPL DIY. Link pembelian sendiri bisa kamu cek pada video di bawah ini:


Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit agar terus bisa mendapatkan update terbaru seputar Tips merawat ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Review Lampu LED HPL DIY Aquascape di Aquarium Ikan Mas Koki: Terasa Overkill? 🤔