Kapan dan Seberapa Banyak Ganti Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki yang Tepat?

Kapan sih waktu yang tepat mengganti air pada aquarium ikan hias mas koki? Seberapa banyak dan kenapa? Yup mungkin itu yang bakal ada di benak banyak penghobi atau mereka yang baru saja memelihara ikan hias mas koki. Secara ikan mas koki ini mudah sekali membuat air menjadi keruh. Terkadang ada keinginan untuk mengganti air semuanya dan apakah itu bagus dan diperbolehkan? Untuk itu sudah admin buatkan bahasan khusus kali ini, Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu tersebut

Kapan dan Seberapa Banyak Ganti Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki yang Tepat?
Kapan dan Seberapa Banyak Ganti Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki yang Tepat?

Buat yang baru saja memelihara ikan hias biak itu Ikan Mas Koki, ikan Arwana, ikan guppy, ikan lohan, ikan discus, ikan Oscar, Belida dan lain sebagainya. Pasti pernah tebersit pertanyaan seperti ini "Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Air Aquarium dan Seberapa Banyak?" Kenapa admin bisa tahu? Karena admin sendiri pernah mempertanyakan hal tersebut dan bahkan melakukan beberapa kali percobaan soal waktu yang tepat penggantian air ini. Tidak jarang juga admin mencari referensi dari berbagai sumber baik itu forum, grup maupun website.

Hasilnya, admin menemukan beberapa rekomendasi tentang kapan waktu yang tepat mengganti air aquarium tersebut:

Skenario Pertama:
Misalkan posisi Aquarium atau tank kamu baru saja beli atau masih tidak ada isi airnya. Jadi silahkan kamu isi sampai penuh. Setelah dimasukkan ikan hias di dalamnya seperti ikan mas koki, coba kamu tambahkan juga bakteri starter (cek di sini untuk cara penggunaannya). Biasanya sih sepengalaman admin dalam waktu 12 jam lebih saja air sudah menjadi keruh. Nah di sini jangan kamu ganti dulu airnya. Jadi biarkan hingga 3 atau 4 hari lamanya.

Setelah itu coba kamu ganti airnya sebanyak 50%. Ingat hanya 50% saja, bukan 100% semuanya. Setelah itu tunggu sampai 3 atau 4 hari kedepan lagi. Jika masih keruh juga, coba kamu ganti lagi sebanyak 50% hingga sebanyak 3 kali. Biasanya setelah beberapa kali melakukan penggantian air sebanyak 50%, akan ada perubahan yang cukup signifikan dimana kondisi air jadi jernih. Namun perlu diingat peran media filter biologi sangat penting.

Skenario Kedua:
Skenario ini lebih ke lanjutan dari skenario pertama. Jadi setelah air di aquarium kamu cukup stabil. Maka penggantian air sebanyak 50% tadi sudah tidak perlu dilakukan lagi. Jadi cukup lakukan penggantian air maksimal sebanyak 30% saja. Sembari melakukan Water Change, kamu juga coba bersihkan kotoran ikan yang mengendap di permukaan menggunakan sipon.

Berikut ini admin sajikan dalam bentuk video juga bahasan kali ini agar lebih mudah dipahami:


Penggantian air yang tepat akan membuat air di aquarium ikan hias kamu menjadi sehat, bersih dan jernih. Hal ini sudah admin rasakan sendiri selama memelihara ikan mas koki. Namun begitu waktu penggantian air bukan satu-satunya faktor penentu kejernihan air, tapi masih ada faktor media filtrasi seperti filter biologi, mekanik dan juga kimia.

Sehingga untuk bisa mendapatkan air aquarium ikan hias yang jernih, kudu memperhatikan segala aspek. Nah itulah dia kapan waktu yang tepat mengganti air aquarium ikan hias. Admin dapatkan ini berdasarkan pengalaman selama memelihara ikan hias mas koki. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit supaya terus bisa mendapatkan update terbaru seputar ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Kapan dan Seberapa Banyak Ganti Air Aquarium Ikan Hias Mas Koki yang Tepat?