2 Cara Memberikan Bakteri Starter pada Aquarium Ikan Mas Koki

Buat kamu yang baru saja mengenal bakteri starter dari Aqua Sehat namun masih bingung bagaimana cara menggunakan produk yang satu ini secara tepat dan efektif. Nah di artikel kali ini admin akan coba bagikan ke kamu setidaknya 2 cara efektif dalam menggunakannya. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat!

2 Cara Memberikan Bakteri Starter pada Aquarium Ikan Mas Koki
2 Cara Memberikan Bakteri Starter pada Aquarium Ikan Mas Koki

Secara alami dalam sebuah ekosistem, khususnya dalam bahasan kita kali ini adalah Aquarium Ikan Mas Koki akan terbentuk yang namanya bakteri pengurai. Bakteri ini akan tumbuh dan berkembang biak sendiri selama 1 hingga 2 bulan lamanya. Bakteri ini sendiri berasal dari sisa makanan serta kotoran ikan mas koki yang lama mengendap.

Buat kamu yang belum tahu fungsi dari bakteri pengurai ini adalah untuk mengubah amonia menjadi nitrit. Karena jika dalam konsentrat tinggi, amoniak ini dapat membuat ikan mas koki mati dan Amonia ini sendiri tidak bisa disaring oleh filter fisik atau filter mekanik seperti busa yang biasa digunakan untuk menyaring kotoran.

Nah karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk bakteri pengurai bisa tumbuh dan berkembang biak, maka diperlukan yang namanya bakteri starter. Di pasaran sendiri ada Aqua Sehat yang dapat dibeli di toko-toko ikan hias. Bentuknya seperti bubuk putih atau mirip ragi. Buat kamu yang ingin menggunakan bakteri Starter ini bisa menggunakan 2 cara berikut:

1. Langsung Dituangkan pada Aquarium
Ambil bakteri starter sesuai dengan takarannya. Dalam kondisi aquarium kosong belum diisi air, taburkan secara merata ke permukaan aquarium. Setelah itu baru kamu tuangkan air.

2. Ditaburkan pada Media Filter
Selain menaburkan langsung ke aquarium, kamu juga bisa menaburkannya di media filter atau di filter box. Cara ini biasanya dilakukan jika aquarium sudah terisi penuh air.

Nah selain 2 cara di atas, kamu juga bisa melarutkan bakteri starter tersebut menggunakan air. Pastikan pada saat melarutkannya tidak ada gumpalan di atasnya. Jika ada silahkan dibuang. Setelah itu bisa langsung tuangkan pada masing-masing sisi aquarium. Selesai.

Untuk lebih lengkanya juga bisa kamu cek pada video berikut ini:


Itulah dia 2 cara yang bisa kamu gunakan dalam memberikan Bakteri Starter di Aquarium Ikan Mas Koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit supaya terus bisa mendapatkan update terbaru seputar tips ikan hias. Salam admin IwakBuncit.com

2 Cara Memberikan Bakteri Starter pada Aquarium Ikan Mas Koki