Sekalipun Air Aquarium Kamu Sudah Bening, Tetap Saja Harus Ganti Air 50%! Ini Alasannya

Haruskah tetap ganti air sebanyak 50% jika kondisi air di aquarium saat ini masih jernih, bening dan bersih? Apa yang bakal terjadi pada ikan hias mas koki jika tidak melakukan penggantian air? Rasanya mubazir saja jika diganti airnya, padahal masih terlihat bersih dan bening? Simak penjelasan serta alasan lengkapnya berikut ini!

Sekalipun Air Aquarium Kamu Sudah Bening, Tetap Saja Harus Ganti Air 50%! Ini Alasannya
Sekalipun Air Aquarium Kamu Sudah Bening, Tetap Saja Harus Ganti Air 50%! Ini Alasannya

Punya air di aquarium jernih, bersih, bening rasanya adalah cita-cita semua penyuka ikan hias. Termasuk admin yang suka memelihara ikan hias jenis Mas Koki. Padahal ikan mas koki sendiri sudah terkenal sebagai pabrik amonia alias ikan yang paling suka makan, paling suka buang kotoran juga. Jadi tidak heran punya air aquarium yang jernih, bersih, bening rasanya suatu hal yang sangat sulit ketika memelihara Iwak buncit ini.

Namun setelah berjalannya waktu, admin akhirnya ketemu selah juga supaya bisa dapat menjaga air aquarium menjadi jernih ini, bahkan dalam kurun waktu 1 bulan pun, air tetap bening. Nah yang jadi pertanyaannya adalah apakah harus tetap diganti sekalipun air di aquarium masih bersih, masih bening? Secara yang namanya penggantian air atau Water Change itu umumnya dilakukan jika air di aquarium sudah keruh, kotor, berkabut dan bau?

Yup, jadi yang namanya Water Change itu wajib dilakukan setidaknya 1 bulan sekali dan itu bergantung dari kualitas air juga. Bagusnya penggantian air dilakukan 1 Minggu sekali. Yah jadi walaupun kondisi air kamu bagus, jernih seperti yang sudah admin jelaskan di atas tadi, namun tetap saja harus dilakukan penggantian air. Ini tidak lain supaya ikan yang ada di dalam aquarium tersebut tetap sehat serta terhindar dari serangan bakteri dan virus.

Analoginya seperti manusia yang nyaman sudah terbiasa berada di ruangan ber-AC yang sejuk dingin, namun tetap saja yang namanya ruangan ber-AC akan kalah segarnya dengan udara luar, udara alami, udara yang berada di luar ruangan. Karena memang pada dasarnya manusia harus tetap menghirup udara segar. Nah hal itu juga berlaku untuk ikan hias. Walaupun airnya nampak bersih, jernih, namun harus tetap dilakukan penggantian air supaya ikan tetap merasa segar.

Contohnya seperti yang admin tunjukkan pada video berikut ini:


Jadi sudah paham kan kenapa penggantian air pada aquarium ikan hias itu wajib? Kalau kamu memang penyuka ikan hias entah Ikan Mas koki, Lohan, Arwana, Discus, Guppy, Oscar, Belida dan lain sebagainya. Maka sisihkan waktu dan tenaga untuk merawat ikan hias kesayanganmu. Jangan sampai karena kemalasanmu malah membuat ikan hias kesayangan menjadi sakit. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit guna mendapatkan update terbaru seputar tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Sekalipun Air Aquarium Kamu Sudah Bening, Tetap Saja Harus Ganti Air 50%! Ini Alasannya