Memelihara Ikan KOI di Aquarium: Bisakah, Bagaimana Caranya dan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Apakah bisa dan bagaimana caranya merawat, memelihara ikan KOI di dalam aquarium? Soalnya ikan KOI lebih sering terlihat dipelihara di Kolam Terbuka serta peralatan apa saja yang dibutuhkan agar ikan KOI tersebut tetap bisa berenang lincah seperti di kolam terbuka? Nah buat kamu yang mau memelihara ikan KOI di aquarium khususnya di Aquarium Indoor (dalam ruangan) bisa membaca panduannya berikut ini.

Memelihara Ikan KOI di Aquarium: Bisakah, Bagaimana Caranya dan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?
Memelihara Ikan KOI di Aquarium: Bisakah, Bagaimana Caranya dan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Ikan KOI dan Ikan Mas Koki, keduanya seperti kakak beradik. Saking dekatnya mereka membuat para penghobi ikan hias khususnya penghobi pemula yang baru saja ingin memelihara ikan sering kali mencampur mereka berdua dalam satu aquarium. Namun perlu diketahui jika Ikan KOI itu punya pendekatan yang berbeda ketika melihatnya.

Ikan KOI akan nampak terlihat bagus dan cantik jika dilihat dari atas, ini dikarenakan motif serta warna pada ikan KOI memang terlihat utuh di bagian atas, beda halnya dengan ikan mas koki yang berada di samping. Terlebih penampang bagian atas pada ikan KOI lebih luas sehingga wajar saja jika daerah atas KOI dapat membentuk motif yang unik dan cantik. Oleh karena itu juga Ikan KOI lebih sering disebut TOP VIEW.

Walau ikan KOI lebih bagus jika dilihat dari atas sehingga lebih sering dipelihara di dalam kolam terbuka, namun tidak ada larangan kok untuk memeliharanya di dalam aquarium kaca, khususnya aquarium di dalam ruangan. Namun yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara memelihara ikan KOI yang benar di Aquarium?

Secara umum, memelihara ikan KOI di Aquarium, sama saja kok seperti kamu memelihara ikan mas koki atau ikan hias lainnya. Peralatan yang dibutuhkan antara lain:

1. Aerator
Baik di Kolam maupun di Aquarium dalam ruangan, penggunaan Aerator wajib hukumnya, apalagi jika ikan KOI yang dipelihara jumlahnya banyak. Tidak ada perbedaan antara Aerator Ikan KOI dengan Ikan Mas Koki, jadi jika sebelumnya kamu sudah memiliki Aerator, maka bisa langsung mempergunakannya.

Berikut ini beberapa Aerator yang sudah pernah admin review dan bisa kamu jadikan sebagai aerator untuk ikan KOI:

Aerator AMARA AA9904 Super Silent (cek artikel reviewnya di sini):

Versi murah namun masih cukup sunyi dari AMARA Q6 2 Lubang, oh iya reviewnya juga bisa kamu baca di sini:

Berhubung tinggal di Indonesia yang tidak pernah bisa lepas dari yang namanya mati listrik, maka penggunaan Aerator AC/DC sangat direkomendasikan:

Review Aerator Baterai Amara A6603 AC/DC yang sudah admin pernah admin review di sini:


atau kalau punya budget lebih bisa ambil versi 24 Jam nonstopnya yaitu Recent Jumbo AC/DC RC 6608 AUTO (cek reviewnya di sini)


2. Pompa Celup
Alat yang satu ini juga wajib kamu miliki ketika ingin memelihara ikan KOI di dalam aquarium. Ada banyak pilihan pompa celup dipasaran, silahkan kamu beli mana yang terjangkau. Nah buat yang masih bingung besaran pompa celup mana yang tepat untuk dibeli, bisa kamu tonton videonya di bawah ini:


Sedangkan untuk rekomendasi beberapa pompa celup yang sudah sempat admin review bisa baca di sini serta tonton di bawah ini yaitu dari Recent PSP 2200:


Fungsi pompa celup tidak lain untuk menyedot kotoran serta menyirkulasi air yang ada di dalam aquarium, sehingga kotoran ikan KOI bisa tersedot dan masuk ke dalam box filter.

3. Box Filter
Buat kamu yang sudah biasa pelihara ikan hias, pasti sudah tidak asing lagi dengan isi serta urutan dari box filter. Namun begitu tetap akan admin jelaskan khusus buat yang baru pelihara ikan hias. Box filter adalah tempat atau wadah untuk menaruh beragam media filter di dalamnya. Air yang disedot oleh pompa celup akan langsung masuk ke dalam box filter guna disaring sehingga ketika keluar nanti tinggal air bersihnya saja sedangkan semua kotoran ikan KOI mengendap di dalam box filter.


Secara umum isi box filter adalah filter mekanik (busa, japmat, bioFoam), filter biologi (Bioring, Crystall Bio, Bio Ball), filter kimiawi (arang aktif atau karbon aktif, Batu Zeolit) serta lampu UV. Soal media filter mana saja yang wajib digunakan serta bagaimana cara menyusunnya bisa kamu simak di sini atau bisa tonton videonya di bawah ini atau bisa juga baca di sini:


4. Lampu LED
Sudah pasti fungsi dari lampu LED di sini sebagai penerangan supaya ikan KOI tetap nampak cantik. Beda jika kamu memelihara ikan KOI di kolam terbuka, maka penggunaan lampu LED tidak terlalu diperlukan. Soal daya dari lampu LED juga disesuaikan saja. Dipasaran sendiri ada banyak jenis dan merek dari lampu LED dan berikut beberapa rekomendasi admin untuk lampu LED:

Review Lampu LED Celup Yamano T4 60 cm:


Review Lampu LED Recent 60 cm 24 Watt:


Review RECENT RCG-1018-SW:


5. Aquarium
Terakhir dan pastinya wajib ada adalah tank aquarium. Soal ukuran sebenarnya kembali lagi ke selera masing-masing namun akan lebih baik jika kamu bisa menyiapkan tank aquarium setidaknya berukuran 60 cm atau lebih. Karena ikan KOI sendiri punya panjang badan bisa 2 hingga 4 kali lipat dari panjang ikan mas koki. Soal ketebalan kaca juga perlu diperhitungkan, setidaknya minimal 5 mm serta dikelilingi skur pada bagian atas. Buat yang belum tahu apa itu Skur bisa baca di sini, sedangkan untuk tata cara pemasangannya cek video berikut:


Itulah dia tata cara memelihara ikan KOI di dalam aquarium Indoor. Secara umum caranya masih sama kok dengan memelihara ikan hias air tawar lainnya seperti ikan mas koki. Akan tetapi tetap admin rekomendasikan piara ikan KOI di kolam terbuka supaya bisa lebih jelas melihat corak dan warna ikan KOI dari atas serta dapat memaksimalkan pertumbuhan ikan KOI secara maksimal. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit, karena admin secara rutin akan membagikan berbagai video Tips ikan hias lainnya di sana. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Memelihara Ikan KOI di Aquarium: Bisakah, Bagaimana Caranya dan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?