Inilah Urutan yang Baik dan Benar Media Filter Pada Aquarium Ikan Hias Mas Koki: 100% Jernih, Bersih dan Sehat

Seperti apa sih urutan media filter yang benar pada Aquarium Ikan Hias? Apakah filter mekanik dulu atau filter biologi dulu? atau cuma perlu mekanik dan kimiawi saja? Nah khusus di artikel kali ini admin akan coba bagikan ke kamu urutan media filter pada Aquarium ikan hias yang baik dan benar serta tentunya media filter yang bisa membuat air di Aquarium kamu tetap jernih, bersih dan sehat. Let's check this out!

Inilah Urutan yang Baik dan Benar Media Filter Pada Aquarium Ikan Hias Mas Koki: 100% Jernih, Bersih dan Sehat
Inilah Urutan yang Baik dan Benar Media Filter Pada Aquarium Ikan Hias Mas Koki: 100% Jernih, Bersih dan Sehat

Media Filter adalah salah satu kunci penting dalam memelihara ikan hias, baik menggunakan Aquarium Indoor maupun kolam. Karena dengan media filter yang baik dan benar maka kejernihan serta kebersihan air tetap terjaga. Dalam dunia ikan hias sendiri setidaknya terdapat 4 jenis Media Filter yaitu Filter fisik atau filter mekanik, biasanya berupa busa, kapas, filter mat atau Japmat.

Kemudian filter biologi yang terdiri dari batu zeolit, bio ring (ceramic ring), Bio Ball, dan juga Crystal ball. Ketiga adalah filter kimiawi berupa karbon aktif atau arang aktif dan yang terakhir dan biasanya opsional yaitu filter cahaya atau lampu Ultraviolet (UV) yang biasanya digunakan untuk sterilisasi.

Nah masalahnya mungkin adalah bagaimana menempatkan urutan dari media filter tadi? Yup, setidaknya ini admin alami sendiri kita baru pertama kali memelihara ikan hias. Sempat bingung juga, sebenarnya mana urutan yang benar. Secara setelah admin coba telusuri di forum, grup ikan hias. Ternyata ada banyak versi soal urutan media filter ini.

Ada yang:
1. Filter Mekanik - Filter Biologi - Filter Kimiawi
2. Filter Mekanik - Filter Kimia - Filter Biologi
3. Filter Mekanik - Filter Biologi Saja
4. Filter Mekanik - Filter Kimiawi Saja
5. Filter Mekanik - Filter Biologi - Filter Kimiawi - Filter Sterilisasi Ultraviolet

Dari kelima urutan media filter di atas, mana yang benar?
Semuanya benar kok, karena sebenarnya tidak ada paten atau patokan khusus dalam menyusun media filter Aquarium. Beda orang tentu beda pemahaman dan keyakinan soal urutan ini. Kalau admin sendiri lebih suka urutan nomor 5. Kenapa pilih nomor 5?

Itu tidak lain karena urutan nomor 5 ini terbilang komplit dan juga sesuai dengan kaidah pemahaman admin dalam penyaringan air. Jadi ketika air masuk dari pompa celup langsung disaring oleh filter fisik atau filter mekanik sehingga kotoran-kotoran yang nampak bisa dengan bagus tersaring olah filter busa ini. Selanjutnya air yang sudah disaring pada media filter pertama di arahkan ke media biologi. Dalam hal ini admin menggunakan Bio Ring atau Ceramic Ring Berpori dan juga Bio Ball. Tujuannya agar kotoran yang tidak nampak yang tidak bisa disaring oleh filter mekanik tadi dapat terurai oleh filter biologi ini yang biasanya adalah amoniak.


Nah oleh bakteri baik yang ada di bio ring tadi, maka amoniak tadi dirubah menjadi nitrat kemudian lanjut ke filter berikutnya yaitu filter kimiawi. Fungsi dari arang aktif tadi adalah menyerap nitrat tadi dan yang terakhir yaitu kandungan seperti pospor, mangan, zat besi dan lain sebagainya di sterilisasi oleh lampu Ultraviolet kemudian baru dibuang lagi ke Aquarium dan itu akan terus berlangsung atau disebut juga siklus tertutup. Buat kamu yang pingin tahu lebih soal filter lampu ultraviolet bisa cek di sini. Susuna media filter biologi di atas tadi sudah admin coba sendiri pada Aquarium ikan Mas Koki dan hasilnya air menjadi jernih dan bebas dari bau serta tentunya sehat untuk ikan mas koki baik berjenis Oranda, Ranchu, Ryukin, Mutiara dan Demekin.

Oh iya, lampu UV tadi sebenarnya bisa kamu taruh di urutan paling depan, yang penting lampu ini dipisah, serta diberi tempat khusus supaya bakteri baik tidak mati dan mata kita aman. Nah itulah dia urutan yang baik dan benar dalam menyusun media filter pada Aquarium ikan hias. Buat kamu yang punya racikan khusus soal urutan media filter ini bisa tuliskan di kolom komentar. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit supaya terus bisa mendapatkan update terbaru seputar Tips ikan hias. Salam admin Iwakbuncit.com

Inilah Urutan yang Baik dan Benar Media Filter Pada Aquarium Ikan Hias Mas Koki: 100% Jernih, Bersih dan Sehat