Fungsi Serta Manfaat Lampu Ultraviolet pada Aquarium Ikan Hias Mas Koki: Benarkah Bikin Air Jernih?

Apa sebenarnya fungsi serta manfaat dari lampu Ultraviolet? Apakah benar lampu UV dapat menghilangkan Alga serta menjernihkan air Aquarium Ikan hias? Lantas bagaimana cara pemasangan lampu UV dan lampu UV seperti apa yang harus dibeli? Silahkan temukan semua jawaban tadi dalam artikel berikut ini!

Fungsi Serta Manfaat Lampu Ultraviolet pada Aquarium Ikan Hias Mas Koki: Benarkah Bikin Air Jernih?
Fungsi Serta Manfaat Lampu Ultraviolet pada Aquarium Ikan Hias Mas Koki: Benarkah Bikin Air Jernih?

Sebagian dari kita, apalagi yang baru mengenal ikan hias seperti ikan mas koki. Pasti sudah tidak asing lagi dengan filter fisik seperti Japmate, busa, dakron yang biasanya ada di dalam filter box. Kemudian diikuti dengan filter tambahan seperti filter biologi yaitu Bio Ring, Bio Ball, Batu Zeolit dan terakhir adalah filter kimia seperti karbon aktif yang biasanya berasal dari arang batok kelapa. Namun pernahkah kamu mendengar filter seperti Lampu UV atau Ultraviolet?

Yah, admin saja sebenarnya bisa dibilang baru tahu dengan filter yang satu ini setelah membaca beberapa pengalaman dari sesama pecinta ikan hias. Beberapa dari mereka menyarankan untuk menambahkan lampu UV ini di dalam Aquarium. Menurut mereka yang sudah pernah mencobanya, setelah dipasangi lampu Ultraviolet ini maka alga yang biasanya lengket di kaca Aquarium bisa menghilang.

Efek jangka panjangnya setelah dipasangi lampu ultraviolet ini maka, air jarang berubah warna menjadi kehijauan atau kekuningan yang diakibatkan oleh alga hijau maupun alga kuning. Sehingga air Aquarium nampak jernih selalu. Oleh karena kelebihan-kelebihan dari lampu Ultraviolet ini, admin coba memesan salah satu lampu UV yang ada di pasaran dan yang terpilih adalah Lampu Ultraviolet dari TAKARI.

Admin ambil yang 11 Watt dengan harga Rp 105.000,-. Lampu ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko-toko ikan hias. Warna dari lampu UV Takari ini sendiri agak kebiruan. Kalau kamu pernah lihat lampu warna agak kebiruan di tempat air minum isi ulang. Nah itu sebenarnya adalah lampu UV seperti TAKARI ini

Berikut ini adalah video unboxing untuk lampu Ultraviolet 11 Watt dari TAKARI:


Lampu UV dari TAKARI yang admin beli ini memiliki kekuatan cahaya di 10000 Kelvin sehingga nampak lebih terang dari lampu UV ukuran kecil yang 5 Watt. Nah yang perlu kamu perhatikan adalah, lampu Ultraviolet ini tidak boleh terkena secara langsung ke ikan hias kita seperti ikan mas koki. Yup, jadi awalnya admin pikir lampu UV ini bisa langsung dimasukkan saja ke dalam tank Aquarium kita, ternyata itu salah besar sekali.

Karena jika kamu langsung masukkan ke dalam Aquarium dan menyinari ikan mas koki dalam waktu yang lama, dapat mengakibatkan kebutaan, mutasi hingga kematian. Jadi bagaimana cara menggunakan lampu UV ini?
1. Siapkan wadah khusus untuk lampu UV ini
2. Kalau admin taruh di dalam filter box
3. Taruh lampu Ultraviolet ini di awal atau di akhir proses filtrasi
4. Jauhkan dari jangkauan media biologi bakteri seperti BIO Ring ataupun BIO Ball karena dikhawatirkan dapat menghilangkan bakteri pengurai kotoran
5. Tutup lampu UV dari bagian atasnya sehingga tidak terkena langsung oleh mata kita

Pada dasarnya lampu UV ini bukan mematikan alga pada Aquarium, namun lebih kepada melarutkan atau menghilangkan kandungan makanan yang dibutuhkan oleh alga untuk hidup dan berkembang biak. Oleh karena makanan untuk alga bertahan hidup tidak ada, maka alga dengan sendirinya tidak muncul di dalam Aquarium.

Oh iya, admin punya pengalaman buruk dengan lampu UV ini dimana admin cukup lama memandangi lampu UV ini gegara sedang memperbaiki media filter yang ada di dalam filter box. Walhasil mata admin jadi agak bengkak dan berair ketika esok harinya. Nah itulah dia fungsi serta cara pemasangan lampu UV pada Aquarium ikan hias. Semoga apa yang sudah admin bagikan kali ini bermanfaat buat kamu. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Fungsi Serta Manfaat Lampu Ultraviolet pada Aquarium Ikan Hias Mas Koki: Benarkah Bikin Air Jernih?