-->

8 Cara Antisipasi Supaya Ikan Mas Koki Kamu Tidak Mudah Sakit: Lebih Baik Mencegah Dari Pada Mengobati

Apakah ada suatu cara atau Tips tertentu supaya ikan hias seperti ikan mas koki yang sudah dipelihara tidak mudah terserang penyakit? Soalnya kalau sudah terserang penyakit bakal sulit menyembuhkannya dan ujung-ujungnya ikan mas koki tersebut malah mati saat dikarantina? Nah buat kamu yang lebih ke "Sedia payung sebelum hujan" bisa simak beberapa Tips berikut tentang cara menghindari penyakit pada ikan mas koki.

8 Cara Antisipasi Supaya Ikan Mas Koki Kamu Tidak Mudah Sakit: Lebih Baik Mencegah Dari Pada Mengobati
8 Cara Antisipasi Supaya Ikan Mas Koki Kamu Tidak Mudah Sakit: Lebih Baik Mencegah Dari Pada Mengobati

Bahasan pada artikel ini muncul karena ada salah seorang dari subscriber admin yang bertanya di kolom komentar channel tentang cara mencegah atau menghindari penyakit pada ikan mas koki, karena menurut dia sepertinya admin lebih sering membuat tata cara pengobatan penyakit ketimbang cara pencegahannya dan itu admin harus akui memang setidaknya sudah beberapa artikel yang admin buatkan terkait cara penyembuhan penyakit semisal cara menghilangkan kutu pada ikan mas koki di sini, cara mengobati penyakit Aeromonas di sini, borok luka pada ikan mas koki di sini, mengobati mata katarak berselaput di sini, dan masih banyak lagi yang bisa kamu telusuri di sini.

Berikut ini beberapa langkah atau Tips yang bisa kamu terapkan supaya ikan hias seperti ikan mas koki kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit:

1. Beli dari tempat Terpercaya
Tidak hanya membeli barang berharga lain semisal perhiasan ataupun barang elektronik semisal Smartphone, beli ikan hias semisal ikan mas koki pun haruslah di tempat terpercaya, kenapa demikian? Dengan membeli di tempat terpercaya maka risiko untuk terbeli ikan mas koki yang sakit lebih kecil ketimbang kamu membeli di sembarang tempat. Mungkin saja ikannya terlihat sehat namun ketika dibawa pulang ke rumah, eh ikan mas koki tersebut banyak kutunya, terkena Aeromonas dan amit-amit lagi kena Dropsy atau sisik nanas.


Sudah pasti rugi uang, sedih lihat ikan mas koki yang disukai mati. Maka dari itu membeli ikan wajib di tempat yang sudah banyak reputasi baiknya. Lantas "Tempat Terpercaya" disini maksudnya gimana sih? Itu loch para penghobi ikan mas koki itu sendiri. Biasanya selain memelihara mereka juga menjual hasil panen mereka. Biasanya penghobi lebih menaruh perhatian kepada ikan-ikan hias mas koki mereka ketimbang di tempat khusus penjualan ikan hias semisal pasar ikan hias. Bukan maksud menurunkan citra pasar ikan hias, namun memang penghobi pasti akan mencintai hobi serta apa yang dihobikannya.

2. Karantina Ikan Setiap Kali Beli
Kebiasaan yang sebenarnya tidak baik untuk ikan mas koki kota yaitu ketika baru dibeli langsung dicampurkan ke dalam tank utama. Padahal sebenarnya hal ini sangatlah buruk, karena dapat mencemari atau menginfeksi ikan mas koki yang sudah lama ada. Kita tidak akan tahu penyakit apa, bakteri apa atau mikroorganisme apa yang sebenarnya dibawa oleh ikan yang baru saja dibeli tersebut. Bisa saja terlihat sehat tidak ada gangguan apa-apa namun setelah beberapa hari ikan mas koki yang beru dibeli terserang Fin Rot.


Kalau sudah begitu yang terancam nyawanya bukan hanya 1 ikan mas koki saja namun semua ikan yang ada di aquarium tersebut. Alangkah baiknya sebelum dicampurkan ke aquarium utama, ikan yang baru saja dibeli tersebut dikarantina terlebih dahulu setidaknya 3 hari dengan menggunakan obat semisal Methylen Blue. Sehingga diharapkan mikroorganisme tidak baik yang ada pada ikan tersebut tidak hilang.

3. Kuatkan Filtrasi
Penyebab penyakit pada ikan mas koki tidak hanya datang dari luar namun juga bisa dari dalam aquarium itu sendiri semisal filtrasi. Semisal tank yang tidak kuat filtrasinya maka sangat berisiko terserang ledakan amonia. Amonia sendiri sebenarnya wajar jika ada di dalam aquarium, namun akan menjadi tidak wajar bahkan berbahaya jika sampai berlebih. Ikan bisa saja keracunan amonia bahkan sampai terkena Amonia Burn. Salah satu jenis penyakit pada ikan hias yang ditandai dengan merah-merahnya badan ikan, mirip seperti Aeromonas yang pernah admin bahas di sini.


Maka dari itu sistem filtrasi haruslah kuat, supaya amonia yang menumpuk tadi dapat diubah menjadi nitrit ke nitrat oleh bakteri pengurai. Selain itu kamu juga bisa menambahkan bakteri starter supaya pertumbuhan bakteri pengurai lebih cepat tumbuh. Tata cara penggunaan bakteri starter sendiri sudah pernah admin bagikan di sini.

4. Rutin Ganti Air
Namanya piara ikan, bakal seumur hidup akan tinggal di dalam air. Maka dari itu kebersihan air harus senantiasa dijaga. Selain menguatkan filtrasi, penggantian air secara rutin juga diwajibkan. Setidaknya 2 kali sehari sebanyak 30% atau setengah bulan sekali 50% dan jangan pernah yang namanya mengganti air keseluruhan karena dapat membuat pengulangan, ikan berpotensi stress.


5. Kondisikan Jumlah Ikan
Semakin banyak ikan mas koki yang dipelihara dalam satu tank, maka akan semakin sulit juga mengurusnya. Coba saja bayangkan ada satu ikan saja yang sakit, maka ikan mas koki lain juga dengan mudah dapat terinfeksi. Belum lagi soal pertumbuhan ikan mas koki yang terganggu. Maka dari itu perlu diperhatikan juga soal kepadatan atau jumlah ikan mas koki yang dipelihara dalam satu tank. Tentang berapa banyak jumlah ideal memelihara ikan mas koki dalam satu tank bisa kamu simak pada penjelasnya di sini.


6. Kasih Pakan Secukupnya
Sudah menjadi tabiatnya ikan mas koki yang tidak ada kenyangnya. Maka dari itu perlu membatasi atau membuat jadwal pemberian pakan. Karena pemberian pakan berlebih dapat membuat ikan berisiko terkena Swim Bledder atau berenang terbalik, belum lagi kotoran ikan mas koki yang banyak menumpuk dapat menyebabkan air berkabut, amonia meningkat.


7. Segera Pisahkan Jika Ada Ikan yang Sakit
Jika sudah terbukti ada salah seekor ikan mas koki yang sakit, maka dengan segera wajib dipisahkan di wadah khusus. Karena ada beberapa penyakit yang sangat cepat dan masif penyebarannya. Contoh saja Aeromonas, Fin Rot, White Spot dan sejenisnya yang dapat mengancam kesehatan ikan mas koki lain.


8. Beri Perhatian Lebih
Selayaknya memelihara makhluk hidup lainnya, memelihara ikan hias seperti ikan mas koki juga butuh perhatian


Namanya pelihara makhluk hidup, mau tidak mau suka ataupun tidak suatu saat Pasti dan pasti akan terserang penyakit. Karena itu memang sudah kodratnya. Ibarat manusia walau sudah makan makanan bergizi, tinggal di lingkungan bersih dan baik, namun yang namanya makhluk hidup pasti tetap akan terserang penyakit, mau sekuat apapun imunitas orang tersebut. Bisa jadi justru penyakit tersebut datang dari makanan yang biasa dia makan. Begitu pula dengan ikan hias seperti ikan mas koki. Ibarat kata semakin dimanja semakin mudah sakit dan mati.

Sebagai penghobi ikan hias harus siap dan siaga merawat ikan. Tidak dalam kondisi sehat saja suka dengan ikan hias tersebut, namun dalam keadaan sakit pun harus diperhatikan. Tips cara mencegah penyakit pada ikan hias di atas tidak sebatas hanya pada ikan mas koki saja, namun pada semua ikan hias jenis lain semisal ikan Guppy, Louhan, Arowana, Cupang, Discus, Oscar, Belida dan lain sejenisnya.

Buat kamu yang punya masukkan soal bahasan admin kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Apa yang admin sampaikan ini murni berdasarkan pengalaman pribadi. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

8 Cara Antisipasi Supaya Ikan Mas Koki Kamu Tidak Mudah Sakit: Lebih Baik Mencegah Dari Pada Mengobati