Muncul Selaput Putih Mirip Katarak Di Mata Ikan Hias Mas Koki? Ini Cara Cepat Menyembuhkannya!

Muncul semacam selaput putih atau katarak di mata ikan hias mas koki kamu? Ikan menjadi murung, sering bersembunyi dan tidak nafsu makan atau malah sering berenang cepat tidak jelas? Wah bahaya tuh, harus segera diobati. Nah buat kamu yang memiliki gejala penyakit seperti tadi silahkan dimak cara penyembuhannya berikut!

Muncul Selaput Putih Mirip Katarak Di Mata Ikan Hias Mas Koki? Ini Cara Cepat Menyembuhkannya!
Muncul Selaput Putih Mirip Katarak Di Mata Ikan Hias Mas Koki? Ini Cara Cepat Menyembuhkannya!

Pastinya kita sebagai pecinta ikan hias tidak ingin jika ikan hias yang sudah kita rawat, kita jaga dan pelihara terkena penyakit. Karena ini akan membuat kita merasa sedih karena ikan hias yang seharusnya berenang lincah tiba-tiba murung, diam kemudian mati. Hal ini hampir sempat terjadi pada ikan mas koki admin berjenis Demekin Calico. Dimana secara perlahan ikan koki Demekin atau yang lebih akrab disebut telescope menjadi kurang aktif.

Ikan Mas Koki Demekin admin ini biasanya sangat lincah berenang ke sana-kemari di dalam Aquarium, namun kali ini justru lebih banyak diam dan bersembunyi di sudut pompa celup Aquarium. Awalnya admin anggap masih wajar, namun lama-kelamaan kok jadi keseringan bersembunyi di balik pompa celup dan Ikan Mas Koki Demekin ini hanya keluar dari persembunyiannya kita admin memberikan makanan berupa pelet tenggelam.

Setelah admin amati dengan seksama, ternyata salah satu dari mata ikan mas koki Demekin Calico ini ada yang berubah menjadi agak buram berselaput putih mirip seperti mata katarak. Yup, jadi ada semacam lapisan putih yang mirip lumut, mirip katarak menyelubungi mata sebelah kiri. Setelah admin perhatikan lagi mata sebelah kanan juga mulai terkena katarak ini.

Dengan sigap admin coba segera pisahkan ikan mas koki Demekin tadi ke tempat khusus. Kemudian admin amati ikan koki lain dan ternyata yang terkena mata katarak ini juga Mas Koki jenis Oranda, Mutiara. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan jika ikan mas koki atau ikan hias jenis lain terkena penyakit katarak atau mata berselaput putih.
1. Siapkan wadah khusus yang sudah terisi air bersih
2. Siapkan cairan obat bernama Methylen Blue serta garam khusus ikan
3. Campurkan Methylen Blue dan garam ikan ke dalam wadah yang sudah disiapkan tadi
4. Kemudian aduh hingga rata
5. Beri aerasi selama 5 hingga 10 menit
6. Setelah itu pindahkan ikan Mas Koki yang terkena mata katarak tadi ke dalam tempat tersebut

Methylen Blue atau obat biru memang dikenal sebagai obat seba guna dalam dunia ikan hias. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengobati ikan Mas Koki yang katarak atau berselaput putih. Pantau terus ikan tadi selama 3 hingga 7 hari kedepan. Perlu diingat untuk melakukan penggantian 1 kali setiap hari atau 2 kali jika jumlah ikan yang terkena itu banyak. Berikan garam ikan dan cairan obat Methylen Blue tadi dalam konsentrasi tinggi.

Ikan Mas Koki Demekin, Oranda dan Mutiara sendiri sembuh dalam waktu 4 hari yang ditandai dengan selaput berwarna putih tadi sudah menghilang atau ikan Mas Koki menjadi bersih dan jernih. Jika belum silahkan kamu tambah masa karantina.

Penyebab Ikan Mas Koki Terkena Mata Katarak atau Berselaput Putih:
Dari yang admin baca-baca dan juga pengalaman selama memelihara ikan hias jenis Mas Koki. Beberapa faktor disinyalir menjadi pemicu munculnya penyakit mata berselaput putih atau katarak ini seperti:
a. Suhu Air Tidak Stabil
b. Air Aquarium yang Jarang Diganti
c. Sistem Filtrasi yang Kurang Baik
d. Adanya pembawa penyakit dari ikan yang Baru saja Datang tanpa Karantina

Solusi awal yang bisa kamu terapkan jika tidak ingin ikan hiasnya terkena penyakit mata katarak ini adalah dengan menggunakan Heater atau pemanas air khusus Aquarium ikan hias. Tujuannya agar suhu air tetap stabil di angka tertentu. Karena jamur, parasit atau mikroorganisme yang menjadi bibit penyakit mata ikan berselaput putih ini lebih mudah hidup pada suhu air di bawah 24 Derajat Celsius atau suhu air yang naik turun.


Selain itu perbaiki sistem penyaringan air Aquarium serta lakukan penggantian air atau Water Change setidaknya selama 3 hingga 7 hari. Biasakan juga untuk mengkarantina ikan hias yang baru saja dibeli sebelum dicampur dengan ikan mas koki yang sudah ada di dalam Aquarium. Buat kamu yang belum tahu cara mengkarantina ikan bisa cek di sini.

Perlu kamu ketahui bahwa penyakit katarak pada mata ikan Mas Koki ini bersifat menular dan jika tidak ditangani dengan segera bisa membuat ikan buta hingga mati. karena admin baca-baca juga ada yang mati sekaligus dalam satu tank Aquarium dan cuma menyisakan 3 ekor saja dari 10 ekor ikan mas koki.

Semoga informasi yang admin bagikan ini bisa bermanfaat buat kamu khususnya para pecinta ikan hias Mas Koki yang sedang terkena penyakit pada katarak. Apa yang admin sampaikan berdasarkan pengalaman sendiri. Sekarang ketiga ekor ikan mas koki admin sudah sehat kembali dan berenang lincah. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Muncul Selaput Putih Mirip Katarak Di Mata Ikan Hias Mas Koki? Ini Cara Cepat Menyembuhkannya!