Seperti Inilah Cara Mengkarantina Ikan Hias Mas Koki Yang Baik dan Benar: Khusus Pemula

Seperti pada dan bagaimana sih cara yang tepat dan benar mengkarantina ikan hias seperti Ikan Mas Koki? Soalnya Ikan Mas Koki saya sakit, tidak mau makan dan ada luka di sekujur badan dan sirip. Belum lagi ada bintik putihnya (White Spot)? Silahkan simak tata cara karantina ikan hias berikut ini!

Seperti Inilah Cara Mengkarantina Ikan Hias Mas Koki Yang Baik dan Benar: Khusus Pemula
Seperti Inilah Cara Mengkarantina Ikan Hias Mas Koki Yang Baik dan Benar: Khusus Pemula

Buat yang suka memelihara ikan hias seperti Ikan Mas Koki, maka kata "Karantina" akan menjadi sesuatu yang bakal kamu temui. Yah namanya juga makhluk hidup seperti kita manusia. Ada kalanya sehat, ada kalanya sakit. Bedanya kalau manusia sakit bisa dengan mudah diketahui seperti langsung beratanya ke yang sakit, namun untuk ikan hias seperti Ikan Mas Koki, kita harus bisa mengartikan sendiri dari perilaku tidak biasa yang ditunjukkannya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika Ikan Mas Koki mengalami sakit baik itu sakit dikarenakan stress, kutu, jamur, virus dan lain sebagainya adalah dengan karantina. Sebelumnya sudah pernah admin buatkan artikel beserta video khusus tentang bagaimana caranya mengetahui kapan ikan hias seperti Ikan Mas Koki harus di karantina di sini. Silahkan dibaca sehingga lebih mudah dalam menentukan.

Mengkarantina Ikan Mas Koki sendiri tidak serta merta hanya memisahkannya saja, namun ada beberapa perlakukan yang perlu kamu lakukan agar proses karantina sendiri bisa maksimal. Adapun tata caranya sebagai berikut:
1. Siapkan wadah mumpuni, seperti Aquarium kecil atau juga wadah lain yang bersih
2. Tuangkan air yang sudah diendapkan semalam ke dalam wadah yang sudah disiapkan tadi
3. Beri garam khusus ikan hias yang bisa kamu dapatkan di toko-toko ikan hias. Beri garam secukupnya saja
4. Kemudian aduk lalu tunggu hingga garam tadi larut bersama air
5. Lanjut masukkan beberapa tetes Methylen Blue ke dalam air tadi. beri secukupnya hingga air berwarna biru. Methylen Blue ini juga kamu dapatkan di toko pecinta ikan hias. Harganya murah kok.
6. Lalu beri aerasi menggunakan aerator. Atur Aerator tadi ke low atau rendah jika wadah yang digunakan kecil, namun jika wadanya luas, atur ke tinggi
7. Tunggu hingga 5 sampai 10 menit supaya air tadi kaya akan oksigen
8. Lanjut, ambil Ikan Mas Koki yang terindikasi sakit tadi menggunakan serokan
9. Kemudian masukkan ke wadah tadi
10. Selesai


Biasanya lama karantina berkisar antara 24 jam hingga 3 hari 3 malam. Namun itu semua bergantung dari sakit apa yang sedang dialami oleh Ikan Mas Koki tadi. Jika kutu jarum, maka waktu yang dibutuhkan adalah 3 hingga 6 hari lamanya, namun jika hanya stress, 24 jam bahkan semalaman pun sudah cukup. Akan tetapi perlu kamu awasi juga perubahan perilakunya.

Oh ya, terkait bahasan kutu jarum pada Ikan Mas Koki, sebelumnya juga sudah pernah admin buatkan artikel beserta video cara membasi dan mengobati Ikan Mas Koki yang terkena kutu jarum ini tanpa perlu karantina tanpa kuras Aquarium juga, bisa kamu cek di sini. Nah itulah dia tata cara mengkarantina yang baik dan benar untuk Ikan Mas Koki. Sejatinya cara ini juga bisa kamu praktikkan pada ikan hias jenis lain kok semisal Manfish atau Angle Fish, Ikan Guppy, Ikan Cupang, Ikan KOI dan lain sebagainya. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin IwakBuncit.com

Seperti Inilah Cara Mengkarantina Ikan Hias Mas Koki Yang Baik dan Benar: Khusus Pemula
  1. Kenapa sdh sy karantina ikan mas komi sy sdh 1 minggu,tapi ikanx masih berenang terbalik, perutx bagian bawah masih merah & salah satu sirip di bagian perutnya merah seperti luka & membusuk.
    Mohon masukkannya krn sy syang sekali ini ikan sy. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah kelewat parah itu gan, gelembung renangnya sudah rusak 😥

      Hapus