5 Ciri-Ciri Ikan Mas Koki yang Wajib Dikarantina: Kalau Terlambat, Bisa Mati!

Kapan sih sebenarnya ikan Mas Koki sudah wajib a.k.a harus dikarantina? Apakah ada ciri tertentu sehingga lebih mudah untuk diketahui? Nah di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu setidaknya 5 ciri ikan Mas Koki yang sakit dan wajib dikarantina. Silahkan dibaca hingga selesai!

5 Ciri-Ciri Ikan Mas Koki yang Wajib Dikarantina Kalau Terlambat, Bisa Mati!
5 Ciri-Ciri Ikan Mas Koki yang Wajib Dikarantina Kalau Terlambat, Bisa Mati!

Kalau mendengar kata "Karantina", sudah pasti jika sesuatu yang akan dikarantina tersebut memiliki hal yang tidak biasa. Seperti halnya pada ikan hias jenis mas koki yang biasanya memang wajib dikarantina jika menunjukkan gelagat tidak biasa. Sebagai contoh yang awalnya ikan mas koki tersebut periang, lincah, gerak ke sana-kemari, kemudian berubah menjadi pasif, pemurung apalagi muncul tanda-tanda sakit. Nah itu sudah tanda-tanda ikan Mas Koki sudah wajib dikarantina.

Hanya saja mungkin sebagian dari pecinta ikan hias Mas Koki, khususnya pemula seperti admin, kurang begitu paham ciri-ciri mendetail kira-kira ikan mas koki mana saja yang harus dikarantina tersebut. Okey, untuk itu sudah admin buatkan beberapa point yang bisa kamu jadikan acuan cara menentukan ikan mas koki sudah wajib dikarantina atau belum. Simak berikut:

1. Menjadi Pasif
Nah yang paling kentara adalah ikan mas koki yang awalnya aktif, suka berenang ke sana-kemari, kemudian berubah menjadi pasif alias hanya berenang di situ-situ saja. Itu sudah pertanda jika ada sesuatu yang salah dengan ikan mas koki tersebut. Coba kamu perhatikan dengan seksama dan coba ingat-ingat lagi kira-kira perlakukan apa yang terakhir kamu berikan ke ikan mas koki tersebut. Coba perhatikan juga kualitas pakan dan juga kesehatan dari Aquarium termasuk airnya dan jika salah satu dari sekian banyak indikator tadi ada yang membuat ikan mas koki menjadi pasif, maka segera hilangkan dan segera lakukan karantina.

2. Tidak Nafsu Makan
Ikan Mas Koki sudah terkenal sebagai ikan rakus alias ikan hias yang hobinya itu makan melulu. Coba saja kamu kasih makanan kapan pun, bahkan di waktu berdekatan pun. Ikan Mas Koki bakal langsung memakan pakan tersebut hingga habis. Tidak peduli berapa banyak makanan yang sudah diberikan. Tetap saja ikan Mas Koki akan memakannya hingga habis.

Namun apa yang terjadi jika pakan tadi justru tidak disentuh sedikitpun oleh ikan Mas Koki? Nah bisa jadi ikan sedang tidak nafsu makan, dan biasanya ini diakibatkan oleh ikan yang stress atau terserang penyakit. Kalau sudah seperti ini kamu wajib memisahkan ikan tersebut guna disembuhkan.

3. Muncul Bintik Putih
Penyakit umum yang bisa kamu temui pada ikan Mas Koki adalah munculnya bintik-bintik putih atau yang lebih dikenal dengan istilah White Spot. Bintik putih ini akan muncul di badan ikan, sirip atas dan bawah. Jika tidak ditangani dengan cepat, White spot ini akan merata di sekujur badan ikan Mas Koki dan ya bisa kamu tebak, ikan mas koki bakal mati.

White spot sendiri lebih banyak disebabkan oleh serangan protozoa yang biasanya berasal dari air yang tidak bersih, dari pakan dan juga dari ikan Mas Koki yang stress. Karena biasanya secara alamiah ikan Mas Koki bisa dengan mudah menangkis Penyakit White spot.

4. Sirip Atas Menegang
Salah satu ciri yang bisa kamu jadikan acuan adalah sirip ikan Mas Koki bagian atas menegang. Menegang di sini biasanya tidak hanya sesekali saja, namun juga sering dan biasanya sirip menegang pada ikan Mas Koki ini lebih diakibatkan oleh stress. Jika menunjukkan gejala-gejala seperti ini, ada baiknya kamu pisahkan ikan Mas Koki yang stress tadi ke wadah khusus kemudian berikan Elbayou agar tingkat stress pada ikan menurun.

5. Muncul Luka
Kalau yang ini admin yakin sudah pada tahu ya. Kalau muncul luka pada ikan Mas Koki, segera lakukan karantina. Karena biasanya luka tersebut diakibatkan oleh gigitan dari ikan lain, kutu jarum, kutu bulat dan juga serangan virus mematikan lainnya. Khawatirnya penyakit tersebut akan menular ke ikan Mas Koki yang lain.

Mengkarantina ikan mas koki sendiri berarti memisahkan ikan mas koki dari sekumpulan ikan hias kemudian memindahkannya ke dalam wadah khusus. Dimana di dalam wadah tersebut sudah terdapat air bersih serta obat yang dicampurkan bersamanya. Biasanya obat yang diberikan tersebut juga adalah obat yang dapat meringankan atau menyembuhkan penyakit dari ikan mas koki.


Ikan mas koki yang dikarantina juga tidak selamanya ikan yang sakit secara fisik, namun juga bisa ikan mas koki yang sakit akibat stress atau kejiwaan. Yah bicara soal kejiwaan rasanya lebay banget ya, ikan mas koki saja pakai istilah kejiwaan. Tapi serius memang, ikan mas koki bisa dikatakan ikan yang mudah stress, apalagi kita sebagai pemilik tidak terlalu peduli dengan kesehatan ikan itu sendiri serta kesehatan Aquarium tempat dimana ikan mas koki itu hidup.

Oleh karena itu, sebagai pencinta ikan hias mas koki, ada baiknya kita memberikan perhatian juga pada hewan peliharaan yang satu ini. Perhatikan juga kualitas air, serta lingkungan dari Aquarium itu sendiri. Sehingga kita tetap bisa menikmati keindahan serta kelucuan dari ikan mas koki yang mulutnya suka mangap-mangap kayak orang lapar 😂.

Okey itulah dia 5 ciri bagaimana cara mengetahui kapan ikan mas koki sudah wajib dikarantina atau belum. Buat kamu yang punya pengalaman seputar bahasan kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan juga serta Subscribe channel YouTube Iwak Buncit. Salam iwakbuncit.com

5 Ciri-Ciri Ikan Mas Koki yang Wajib Dikarantina: Kalau Terlambat, Bisa Mati!