Basmi Kutu Jarum Ikan Mas Koki Tanpa Karantina Tanpa Kuras: Ini Tata Caranya!

Ikan Mas Koki kamu terserang kutu jarum? Perilakunya menjadi aneh dimana sering membenturkan dan menggesek-gesekkan badannya ke dinding atau lantai Aquarium? Cepat segera diobati, jangan sampai terlambat! Berikut ini akan admin bagikan ke kamu bagaimana caranya mengobati Ikan Mas Koki yang terserang kutu jarum tanpa karantina dan tanpa kuras air.

Basmi Kutu Jarum Ikan Mas Koki Tanpa Karantina Tanpa Kuras Ini Tata Caranya!
Basmi Kutu Jarum Ikan Mas Koki Tanpa Karantina Tanpa Kuras Ini Tata Caranya!

Lernaea Cyprinacea, Anchor WORM atau biasa dikenal dengan nama kutu jarum dan beberapa menyebutnya kutu jangkar adalah salah satu penyakit yang bakal ditemui oleh pecinta ikan hias seperti Ikan Mas Koki. Biasanya sih kutu jarum ini akan menyerang bagian badan ikan, sirip belakang juga bagian kepala Ikan Mas Koki. Ciri-ciri utama dari Ikan Mas Koki yang terkena kutu jarum sendiri biasanya bagian yang digigit kutu bakal berdarah dan ada semacam kapas putih yang menyertainya.

Admin sendiri tahu dengan penyakit kutu jarum ini dari salah seekor ikan mas koki Demekin atau yang dikenal dengan nama Bulldog terkena penyakit kutu jarum pada bagian ekor belakang. Admin kira itu karena ekornya saja yang luka atau memang bawaan dari lahirnya. Namun karena rasa penasaran tersebut, akhirnya admin coba angkat Ikan Mas Koki Demekin tadi lalu admin cabut secara manual kutu jarum tadi.

Setelah dicabut, muncul semacam darah sedikit namun akhirnya berhenti. Semenjak admin cabut Ikan Mas Koki tadi dari Ikan Mas Koki Demekin, ikan menjadi lincah, bahkan bisa dibilang makin usil. Nah berkaca dari pengalaman tersebut, admin jadi lebih tanggap ketika ada penyakit serupa yang menyerang Koki Oranda Panda. Yup, jadi Ikan Mas Koki Panda admin baru-baru ini terkena lagi Kutu Jarum di bagian kepala, lebih tepatnya sih di bagian belakang mata.

Ciri-cirinya juga masih sana yaitu muncul semacam bekas gigitan yang diikuti dengan ciri kapas putih serta ada bekas darah. Selian itu Ikan Mas Koki Oranda Panda admin jadi sering menggesek-gesekkan kepalanya ke dinding dan lantai Aquarium. Bahkan seperti ikan yang sedang gila.. haha.. Melihat perilaku seperti itu, admin jadi kasihan dan langsung bergerak cepat. Beruntungnya admin masih menyimpan salah satu obat andalan yaitu KUTUBLAS.

Nah buat kamu yang penasaran bagaimana cara menghilangkan serta menyembuhkan Kutu Jarum ini, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut:
1. Siapkan obat bernama KUTUBLAS. Obat ini bisa kamu dapatkan di toko-toko ikan hias. Harganya masih terbilang bisa dijangkau lah. Rp 20.000,- di kota admin. Buat yang pingin beli lebih murah lagi bisa cari di toko online. Terakhir admin pesan di harga Rp 12.000,- saja
2. Kemudian siapkan air sedikit saja. Kalau admin taruh air sekitar setengah gelas ke dalam gayung mandi
3. Setelah itu taburkan obat KUTUBLAS tadi. Takarannya sih 3gram untuk 1000 Liter Air, namun admin lebih pakai kira-kira saja. Setengah bungkus untuk Aquarium ukuran 120 cm x 40 cm x 45 cm
4. Lalu taburkan juga pakan Ikan Mas Koki tipe tenggelam atau sinking. Kemudian aduk hingga rata
5. Diamkan rendaman tadi sekira 5 hingga 10 menit
6. Baru kamu tuangkan secara merata ke Aquarium

Setelah diberikan obat KUTUBLAS tadi, silahkan kamu perhatikan perkembangan kesembuhan ikan yang terkenal penyakit kutu jarum tadi. Kalau admin sih di hari ketiga biasanya Ikan Mas Koki yang terkena kutu jarum sudah mulai sembuh, dimana bagian yang digigit oleh kutu sudah mulai menutup lukanya dan akan terus membaik seiring waktu berjalan.


Min apakah tidak perlu dikarantina? Bagaimana dengan warna air?
Nah bersyukurnya obat KUTUBLAS ini sama sekali tidak membuat warna air menjadi kekuningan atau kebiruan seperti Elbayou maupun Methylen Blue. Sehingga Ikan Mas Koki yang sakit tadi tidak perlu dikarantina atau dipisahkan ke tempat khusus. Keuntungannya kita bisa langsung mengobati semua ikan yang bisa saja terinfeksi kutu maupun jamur. Oh iya, untuk bahasan terkait soal kutublas ini bisa kamu cek artikelnya di sini.

Nah itulah dia cara admin Iwak Buncit mengatasi sekaligus membasmi dan mengobati kutu jarum pada Ikan Mas Koki. Buat kamu yang pernah punya pengalaman sama serta ingin berbagi pengalamannya silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin IwakBuncit.com

Basmi Kutu Jarum Ikan Mas Koki Tanpa Karantina Tanpa Kuras: Ini Tata Caranya!