Muncul Koreng Borok Kemerahan di Badan Ikan Mas Koki Kamu? Coba Obat Acriflavine Plus: Ini Tata Cara Karantinanya

Pernahkah kamu menjumpai salah satu sisi badan ikan mas koki kamu nampak merah, sisinya terkelupas dan bagian daging yang terlihat seperti ada koreng berwarna merah? Makin lama penyakit koreng ini makin melebar dan apakah masih bisa disembuhkan? Apakah penyebab dari penyakit koreng pada ikan mas koki ini? Berikut ini admin tunjukkan ke kamu tentang bagaimana caranya mengobati ikan mas koki yang terkena koreng atau borok menggunakan obat Acriflavine Plus.

Muncul Koreng Borok Kemerahan di Badan Ikan Mas Koki Kamu? Coba Obat Acriflavine Plus: Ini Tata Cara Karantinanya
Muncul Koreng Borok Kemerahan di Badan Ikan Mas Koki Kamu? Coba Obat Acriflavine Plus: Ini Tata Cara Karantinanya

Korengan atau borok pada ikan mas koki Oranda Panda ini sebenarnya lanjutan dari penyakit seperti bulukan, atau semacam putih-putih di badan ikan mas koki panda yang pernah admin post di sini. Penyebab dari penyakit korengan ini tidak lain karena serangan jamur. Yup, jadi setelah ikan mas koki Oranda panda ini sembuh dari serangan jamur, admin coba tinggal pergi ke luar kota lagi dan setiba pulang malah korengan seperti ini.

Bukan lagi hanya sebatas bulukan putih, tapi di badan ikan mas koki Oranda panda sudah muncul semacam luka menganga berwarna kemerah-merahan, mirip seperti agar-agar dan ketika admin coba pegang pun luka koreng ini lembut seperti agar-agar. Awalnya admin coba ingin mencabut luka koreng ini menggunakan pinset, namun sepertinya tidak bisa. Walhasil cara yang bisa admin lakukan pada saat itu adalah dengan mengkarantinanya dan obat yang bisa admin beli pada saat itu juga adalah Acriflavine Plus.

Obat Acriflavine Plus ini bisa dengan mudah dijumpai di toko-toko ikan hias. Harganya terbilang murah yaitu 8k saja untuk 1 botol. Dilihat dari warnanya sih seperti warna kecokelatan, namun ketika dituangkan ke dalam air berubah menjadi hijau kekuningan, mirip seperti warna stabilo. Di kemasannya sendiri terdapat petunjuk pemakaian serta penyakit apa saja yang dapat disembuhkan oleh Acriflavine Plus ini. Diantaranya adalah:
- Infeksi Kulit, luka, lecet pada ikan
- Mata katarak, berselaput
- White Spot atau bintik putih, fungus atau karena serangan jamur, velvet
- Luka Lambung atau berak putih
- memulihkan sirip, ekor sisik yang pecah dan rusak

Dilihat dari fungsi obat Acriflavine Plus ini tidak hanya sebatas mengobati luka akibat serangan jamur, tidak heran jika Acriflavine Plus banyak digunakan untuk berbagai penyakit, apalagi harganya yang murah serta ketersediaannya yang ada hampir di setiap toko ikan hias. Anggap saja sebagai alternatif dari Methylen Blue. Admin sendiri tahu obat Acriflavine Plus ini dari salah seorang subscriber Iwak Buncit yang juga pernah mengobati White Spot pada ikan mas kokinya dan alhamdulillah 1,5 hari sudah sembuh.

Berkaca dari pengalaman tersebut akhirnya admin coba untuk menggunakan obat Acriflavine Plus pada ikan mas koki Oranda panda yang sedang terserang korengan. Rencana admin sendiri ingin mengkarantinanya selama 3 hari, namun ini juga bergantung dari proses penyembuhan. Bisa jadi lebih lama atau lebih cepat. Nah jika kamu ingin mengkarantina ikan mas koki menggunakan Acriflavine Plus, berikut ini adalah beberapa yang wajib disiapkan:
1. Wadah khusus yang agak luas
2. Air bersih yang sudah diendapkan (khusus PDAM atau SUMUR) semalaman atau kalau tidak mau repot bisa menggunakan air minum isi ulang galon tanpa perlu endap lagi dan ini lebih admin rekomendasikan
3. Water Heater atau pemanas air
4. Obat Acriflavine Plus
5. Aerator
6. Garam ikan non Yodium

Panduan lengkap tata cara karantina ikan mas koki menggunakan obat Acriflavine Plus bisa kamu tonton pada video berikut ini:


Walau pada umumnya obat Acriflavine Plus ini lebih sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit ikan mas koki, namun dari kemasan sendiri sebenarnya tidak terbatas hanya pada ikan mas koki saja tapi juga bisa pada ikan hias lain semisal arwana dan bukan tidak mungkin bisa gunakan pada ikan hias lain.

Setidaknya selama penggunaan obat Acriflavine Plus ini, ikan mas koki Oranda panda admin berhasil sembuh. Nah buat kamu yang punya cara lain untuk menyembuhkan ikan mas koki terkena koreng atau borok bisa tuliskan di kolom komentar. Karena keterbatasan informasi serta pengalaman, saat terkena penyakit koreng ini, admin cuma bisa memberikan obat Acriflavine Plus saja. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk Tips ikan hias setiap hari. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Muncul Koreng Borok Kemerahan di Badan Ikan Mas Koki Kamu? Coba Obat Acriflavine Plus: Ini Tata Cara Karantinanya