Inilah Cara Mengobati Menghilangkan Jamuran Putih Ikan Mas Koki: 4 Hari Sembuh Total

Muncul semacam bercak putih, jamur putih atau semacam gumpalan putih yang menyebar pada badan ikan mas koki kamu? Sudah coba dibersihkan manual menggunakan jari tangan atau tisu namun hasilnya bercak putih tadi masih saja muncul? Nah buat kamu yang punya masalah seperti itu, silahkan simak Tips admin kali ini tentang bagaimana caranya menghilangkan atau mengobati jamur putih pada ikan hias mas koki.

Inilah Cara Mengobati Menghilangkan Jamuran Putih Ikan Mas Koki: 4 Hari Sembuh Total
Inilah Cara Mengobati Menghilangkan Jamuran Putih Ikan Mas Koki: 4 Hari Sembuh Total

Akhir-akhir ini salah satu ikan hias kesayangan admin yaitu ikan mas koki jenis Oranda Panda terserang penyakit, dimana bagian badanya khususnya pada bagian badan yang ada warna hitamnya tersebut terdapat semacam jamur berwarna putih. Jamur putih ini menyebar di kedua sisi badan. Jamur putih ini kalau dilihat-lihat menyerupai bekas kulit terkelupas. Padahal kalau diperhatikan dengan seksama, sama sekali tidak ada badan ikan mas koki yang terluka. Jadi asumsi awal admin adalah ikan Mas Koki Oranda Panda ini terserang jamur.

Padahal hal semacam ini belum pernah terjadi pada Ikan Mas Koki Oranda Panda. Kalau sudah seperti ini mau tidak mau sebagai tuannya kita harus sesegera mungkin mengobatinya. Masalahnya adalah admin sedang tidak punya waktu banyak untuk bisa mengkarantinanya. Maka dari itu penanganan awal yang admin coba lakukan adalah dengan memberikan garam ikan serta mengatur suhu air lebih hangat.

Yup, jadi misalkan ada ikan mas koki kamu atau ikan hias jenis lain semisal Arwana, Discus, Belida, Guppy, dan lain sebagainya terkena serangan jamur ini serta kebetulan sekali sedang tidak ada obat khusus untuk bisa membasi jamur putih tersebut. Cukup kondisikan saja tank atau Aquarium kamu. Caranya tinggal kuras air sebanyak 30% hingga 50% lalu masukkan garam ikan secukupnya. Biasanya admin bagi menjadi 4 bagian untuk tank ukuran 120x40x45cm dalam penaburan garam.

Setelah itu pasang Heater atau pemanas air khusus Aquarium ikan hias. Atur suhu pada Heater ke 32 hingga 34 derajat Celsius. Lalu kamu perhatikan perkembangan kesehatan ikan 3 hingga 5 hari kedepan. Dalam kasus admin, ikan mas koki Oranda Panda bisa sembuh dalam 3 hari. Nantinya jamur putih yang melekat pada badan ikan mas koki akan menghilang sendiri. Misalkan masih tidak hilang juga, bisa coba dibantu dengan menggosok bagian yang ada jamur putihnya tadi secara perlahan dan usahakan untuk tidak membuat ikan panik atau stress.


So, buat kamu penghobi ikan hias khususnya ikan mas koki yang mana ikan kesayangannya terserang penyakit jamur putih ini bisa mengikuti Tips yang sudah admin bagikan tadi. Buat kamu yang punya saran lain atau punya cara lain dalam mengobati penyakit jamur putih ini bisa tuliskan di kolom komentar. Apa yang admin bagikan ini murni berdasarkan pengalaman sendiri. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit agar terus update informasi seputar Tips ikan hias. Salam admin Iwakbuncit.com

Inilah Cara Mengobati Menghilangkan Jamuran Putih Ikan Mas Koki: 4 Hari Sembuh Total