-->

4 Penyebab Utama Munculnya Lumut Coklat Kekuningan di Aquarium Ikan Mas Koki: Para Buncit Wajib Tahu Ini!

Mungkin ada di antara kamu yang pernah mencoba menumbuhkan lumut hijau di aquarium ikan mas koki, khususnya aquarium dalam ruangan (Indoor). Namun yang terjadi malah lumut coklat atau mungkin lumut kuning yang muncul? Kenapa kok bisa seperti itu? Apa yang salah? Apa yang kurang sehingga lumut coklat/kuning yang muncul bukan lumut hijau? Simak penjelasannya berikut.

4 Penyebab Utama Munculnya Lumut Coklat Kekuningan di Aquarium Ikan Mas Koki: Para Buncit Wajib Tahu Ini!
4 Penyebab Utama Munculnya Lumut Coklat Kekuningan di Aquarium Ikan Mas Koki: Para Buncit Wajib Tahu Ini!

Di artikel sebelumnya, admin sudah pernah membagikan tata cara menumbuhkan lumut hijau atau alga hijau pada aquarium ikan mas koki khususnya di dalam ruangan. Tata cara tersebut sudah admin praktikkan sendiri dan hasilnya memang lumut hijau bisa tumbuh subur nan lebat sehingga bisa menjadi camilan untuk para koki. Tata cara menumbuhkan lumut hijau serta manfaatnya bisa kamu baca di sini dan di sini.

Postingan admin kali ini lebih membahas alasan atau penyebab kenapa bisa muncul lumut coklat atau lumut kuning pada aquarium ikan mas koki? Padahal lampu LED sudah dinyalakan 24 jam? Harusnya lumut hijau yang didapat, tapi kenapa masih saja lumut coklat yang muncul?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, admin sendiri sebagai penghobi ikan mas koki juga sempat bahkan bisa dibilang sering sekali mendapati lumut coklat atau kuning pada aquarium ikan mas koki. Bahkan sedari awal memelihara hingga postingan cara menumbuhkan lumut hijau muncul. Semua lumut yang tumbuh berwarna kecokelatan. Paling parah malah lumut putih dan ini sempat admin buatkan bahasan serta tata cara menghilangkannya di sini.

Namun belajar dari pengalaman, akhirnya admin ketemu cara menumbuhkan lumut hijau serta penyebab kenapa bisa muncul lumut coklat/kuning pada aquarium ikan mas koki, khususnya untuk aquarium Indoor. Setidaknya ada 4 penyebab kenapa ini bisa terjadi, antara lain:

1. Pencahayaan Kurang
Paling sering dialami oleh penghobi ikan mas koki yang aquarium nya ditumbuhi lumut coklat atau kuning adalah kurangnya pencahayaan. Sebagai contoh, admin dulunya menggunakan lampu LED 6 Watt untuk aquarium berukuran 60 cm dan 12 Watt untuk aquarium 120 cm. Keduanya sama-sama ditumbuhi lumut coklat.

Kalau tujuan kamu hanya untuk sekedar penerangan saja, maka 6 Watt dan 12 Watt tadi terbilang cukup, terlebih dari segi penggunaan daya terbilang kecil dan hemat. Namun beda cerita jika ingin menumbuhkan lumut hijau. Maka setidaknya kamu membutuhkan daya 26 Watt untuk tank aquarium berukuran 60 cm, dan akan lebih bagus lagi jika daya lampu LED di atas 26 watt semisal, 35, 50 watt.

Semakin tinggi daya lampu, maka akan semakin terang juga dan ini akan mempercepat pertumbuhan lumut hijau serta menghilangkan lumut coklat. Konsekuensinya memang pemakaian listrik jadi tinggi namun sebanding dengan hasilnya. Saran dari admin coba kamu bersihkan dulu lumut coklatnya sebelum berencana menumbuhkan lumut hijau.

2. Tank Aquarium Terlalu Dalam
Tinggi tank aquarium terlalu dalam ini masih berkaitan dengan pembahasan pertama. Dimana jika tinggi tank kamu akan sangat mempengaruhi cahaya lampu LED yang dipancarkan. Semakin tinggi, semakin dalam aquarium maka semakin bias juga sinar yang bisa sampai ke dasar aquarium.

Oleh karena itu jika aquarium ikan punya kedalaman yang lebih bisa menggunakan lensa fokus agar sinar lampu LED tetap sampai ke dasar aquarium. Sayangnya lampu LED yang ada lensa Fokusnya cuma ada di lampu LED jenis HPL. Hanya lampu LED HPL juga terbilang mahal dan sempat admin review juga di sini.

3. Penggunaan Obat Penjernih
Obat penjernih air dan garam ikan sudah pernah admin bahas secara lengkap di sini. Kali ini admin akan coba sarankan ke kamu jika ingin menumbuhkan lumut hijau maka hentikanlah penggunaan garam ikan serta obat penjernih air. Sebenarnya bukan lumut coklat ataupun lumut kuning yang tumbuh, namun sama sekali tidak ada lumut yang tumbuh jika kamu menggunakan kedua bahan tadi.

4. Penggantian Air
Sebaiknya lakukan penggantian air secara rutin sebanyak 30% setiap 3 hari supaya lumut hijau dapat tumbuh. Air yang disarankan adalah air hujan, air PDAM yang sudah diendapkan terlebih dahulu. Khusus untuk air hujan kamu bisa baca cara pengolahannya di sini sebelum dimasukkan ke dalam aquarium ikan mas koki.


Selain keempat penyebab di atas, satu lagi yang tidak kalah penting adalah lampu UV. Setidaknya kamu matikan lampu UV selama menumbuhkan lumut hijau supaya tidak lumut coklat atau lumut kuning yang tumbuh. Itulah yang bisa admin ketahui kenapa alasannya bisa muncul lumut coklat di aquarium ikan mas koki.

Buat kamu yang punya info tambahan soal bahasan kita kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

4 Penyebab Utama Munculnya Lumut Coklat Kekuningan di Aquarium Ikan Mas Koki: Para Buncit Wajib Tahu Ini!
  1. om kalau lampu uv di taruh nya di filter bawah jauh dari aquarium apa masih ngaruh ke pertumbuhan lumut coklat?

    BalasHapus