Amankah Pakai Air Hujan untuk Ikan Mas Koki? Apa Saja yang Harus Dipersiapkan? Admin Buncit Menjawab

Bisakah menggunakan air hujan yang biasa ditadah dikala hujan turun untuk ikan mas koki kesayangan? Kalau boleh apakah ada perlakuan khusus pada air hujan tersebut supaya tetap bisa aman digunakan? Soalnya di sini sulit air dan kalaupun ada harus membeli, mana saluran PDAM belum masuk. Nah buat kamu yang punya permasalahan tersebut bisa ikuti Tips berikut.

Amankah Pakai Air Hujan untuk Ikan Mas Koki? Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?
Amankah Pakai Air Hujan untuk Ikan Mas Koki? Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Piara ikan hias seperti Ikan Mas Koki, ikan Louhan, Ikan Arwana, Ikan Guppy, Oscar, Discus dan sebagainya pasti tidak akan jauh-jauh dari yang namanya air. Karena memang ikan hidupnya di air. Maka air adalah media vital untuk ikan tetap bisa terus hidup. Syukurnya di Indonesia sebagian besar daerah sudah teraliri air bersih melalui jalur PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) walau mungkin untuk Indonesia bagian lain masih belum. Namun begitu tidak jarang untuk wilayah yang sudah ada jalur PDAM nya sendiri belum kebagian air bersih. Lah kok bisa?

Contohnya seperti perumahan yang sedang admin tempati saat ini dimana jalur PDAM belum bisa masuk dengan alasan pipa distribusi serta debit air belum sanggup untuk memasok air bersih ke perumahan. Walhasil sebagian besar warga menggunakan air kolam retensi yang mana tidak layak minum, hanya layak pakai saja. Sebagian ada yang membeli air bersih melalui jasa penyaluran air Swasta yang mana biaya per liter air menjadi lebih besar. Lantas bagaimana dengan penghobi ikan hias mas koki seperti admin?

Sedari memelihara ikan mas koki, admin sudah menggunakan air minum galon isi ulang untuk setiap kali penggantian serta pengisian air, namun makin ke sini dirasa makin berat dibiaya. Bersyukurnya sekarang sedang musim penghujan, pasokan air bersih dari langit melimpah. Apalagi admin dengan sengaja memang memasang talang air agar air hujan tersebut bisa ditadah ke dalam drum penampungan. Lalu apakah air hujan ini bisa digunakan untuk ikan mas koki serta ikan hias lainnya? Amankah? Apakah perlu perlakuan khusus?

Sejatinya air hujan bisa digunakan kok seperti air PDAM untuk ikan hias. Air PDAM yang kamu gunakan saat ini saja itu berasal dari air hujan yang jatuh ke sungai lalu di sedot oleh pipa distribusi PDAM. Jadi kenapa harus ragu untuk menggunakan air hujan sebagai media hidup Ikan Mas Koki. Lumayan kan bisa dapat air bersih gratis, belum lagi kesehatan ikan mas kokimu terjaga karena sering dilakukan penggantian air?

Hanya saja memang untuk penggunaan air hujan sebagai air aquarium ikan mas koki serta ikan hias lainnya wajib diberikan perlakukan khusus terlebih dahulu. Kamu dan admin pasti sudah paham jika air hujan tidak hanya membawa air serta debu, namun beserta mikroorganisme di dalamnya. Kita tidak tahu apakah saja mikroorganisme tersebut, bisa saja bakteri, alga, kutu atau bahkan virus. Karena memang dibutuhkan pengujian lab lebih lanjut.

Maka dari itu langkah sederhana yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa menggunakan air hujan sebagai air aquarium ikan mas koki dengan cara:
1. Endapkan terlebih dahulu air hujan yang sudah ditampung diwadah khusus
2. Usahakan untuk air tersebut terjemur panas matahari atau setidaknya terkena sinar matahari walau tidak langsung.
3. Setidaknya endapkan air tersebut lebih dari 24 jam
4. Ketika ingin mengambil air hujan tersebut, bersihkan dahulu permukaan air dan pastikan semua kotoran halus sudah mengendap di dasar wadah drum
5. Jangan lupa tambahkan garam ikan secukupnya ke dalam air hujan tersebut
6. Lengkapnya bisa kamu simak juga pada video berikut:


Salah satu tujuan dari pengendapan air serta penjemurannya ke di bawah sinar matahari supaya kotoran halus pada air hujan tersebut dapat mengendap terlebih dahulu, selain itu suhu air hujan sedikit lebih hangat. Karena kita ketahui sendiri jika suhu air hujan itu dingin, bisa bikin stress ikan seketika jika langsung kamu tuangkan ke dalam aquarium. Setidaknya itulah yang pernah admin alami sendiri ketika baru memelihara ikan mas koki dan semoga ini tidak kejadian dikamu.

Nah itulah dia tata cara penggunaan air hujan sebagai air aquarium ikan mas koki. Apa yang sudah admin bagikan di atas tadi berdasarkan pengalaman admin sendiri. Buat kamu yang punya info terkait atau tambahkan informasi bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Amankah Pakai Air Hujan untuk Ikan Mas Koki? Apa Saja yang Harus Dipersiapkan? Admin Buncit Menjawab