-->

Lumut Hijau di Aquarium Ikan Mas Koki Dalam Ruangan? Ini Cara Cepat dan Tepat Menumbuhkannya

Lumut Hijau, apakah tanaman alami yang satu ini bisa ditumbuhkan, dimunculkan pada aquarium ikan mas koki Indoor atau dalam ruangan? Soalnya tidak ada cahaya matahari. Kalaupun bisa apa saja syarat untuk bisa menumbuhkan lumut hijau tebal di aquarium Indoor? Simak penjelasannya berikut.

Lumut Hijau di Aquarium Ikan Mas Koki Dalam Ruangan? Ini Cara Cepat dan Tepat Menumbuhkannya
Lumut Hijau di Aquarium Ikan Mas Koki Dalam Ruangan? Ini Cara Cepat dan Tepat Menumbuhkannya

Selain bisa punya ikan mas koki yang sehat, besar-besar dan cantik warnanya serta air aquarium yang bersih nan jernih. Setuju atau tidak kebanyakan penghobi ikan mas koki contohnya saja admin juga menyukai kehadiran lumut hijau. Yup, lumut atau biasa dikenal sebagai alga hijau ini kerap tumbuh di kolam atau tank aquarium yang berada di luar ruangan. Biasanya lumut hijau akan menyebar mulai dari dinding aquarium hingga dasar aquarium.

Kehadiran lumut hijau ini sendiri memberikan nuansa alami serta menyejukkan mata dikala terdapat perpaduan warna atau orange, putih, hitam, merah dari badan ikan mas koki berbaur dengan hijaunya lumut. Hem.. membuat mata dan hati menjadi tenteram ketika memandangnya. Ibarat lumut putih ini sebagai hutan bagi si Iwak Buncit. Tak jarang kehadiran lumut hijau kerap menjadi makanan kecil atau camilan bagi si ikan mas koki. Sehingga membuat si koki jadi lebih sering makan.

Semua lumut hijau tadi bakal tumbuh subur jika aquarium kamu berada di luar ruangan atau terkena sinar matahari baik secara langsung maupun tidak. Namun bagaimana dengan aquarium Indoor atau dalam ruangan? Hem.. Apakah tetap bisa lumut hijau tersebut tumbuh subur? Kalaupun bisa bagaimana caranya serta langkah-langkah apa saja yang perlu dipersiapkan?

Sejatinya lumut hijau tetap bisa tumbuh kok sekalipun aquarium ikan mas koki kamu berada di dalam ruangan yang sama sekali tidak pernah terkena sinar matahari. Namun memang butuh usaha lebih untuk bisa mewujudkannya, antara lain:

1. Pencahayaan
Faktor utama sekaligus penentu dari tumbuhnya lumut hijau di aquarium ikan mas koki dalam ruangan adalah pencahayaan. Maksud pencahayaan disini bukanlah cuma sekedar kamu menaruh lampu saja di aquarium tersebut namun dengan daya dan intensitas yang lebih tinggi. Sebagai contoh admin menggunakan lampu LED gantung dengan daya 24 Watt pada tank berukuran 60 cm dan bakal lebih efektif lagi jika kamu menaruh lampu di atas 24 watt semisal 30 watt atau 50 watt.

Semakin tinggi dan semakin terang daya lampu maka akan semakin mempercepat pertumbuhan lumut hijau. Namun dengan konsekuensi air pada aquarium jadi lebih hangat. Jadi silahkan kamu pertimbangkan sendiri. Atur sedemikian rupa supaya seimbang.

2. Durasi
Kemudian durasi atau lama dari penyalaan lampu tersebut. Yah, sebagaimana di luar ruangan, kamu juga haru memberikan lama pencahayaan yang lebih dari waktu matahari terbit. Sehingga lumut hijau tersebut jadi lebih cepat tumbuhnya. Sebagai contoh admin menyalakan lampu LED sedari jam 5 pagi hingga pukul 8 malam dan itu admin lakukan selama lebih dari 1 hingga 2 minggu sampai lumut hijau tersebut tumbuh.

Risiko dari penyalaan lampu dengan durasi lama dapat memperpendek umur lampu itu sendiri sehingga perlu dipertimbangkan juga bagian ini.

3. Sumber Air
Soal sumber air ini sebenarnya bebas tidak terlalu ada patokan. Kamu bisa menggunakan air PDAM, air Hujan atau air Sumur yang sudah di cek bebas kadar mangan dan karat besinya. Pastikan air tersebut bersih terbebas dari kotoran kasat mata maupun penyakit. Akan lebih baik jika air yang kamu gunakan adalah air yang sudah diendapkan terlebih dahulu.

4. Garam dan Penjernih Air
Hindari penggunaan garam ikan dan penjernih air. Entah kenapa selama admin menggunakan penjernih air, proses pertumbuhan lumut hijau jadi terhenti. Padahal dalam 3 hari saja sudah muncul bibit lumut hijau baru namun setelah penambahan penjernih air, lumut jadi berhenti tumbuh. Pemberian garam ikan juga tidak disarankan karena dapat mematikan lumut hijau seketika.

Berikut ini hasil dari lumut hijau yang ada di aquarium ikan mas koki admin:


Bukan perkara mudah memang untuk bisa menumbuhkan lumut hijau di aquarium ikan mas koki Indoor. Butuh usaha ekstra agar lumut tersebut bisa tumbuh subur. Semakin banyak lumut maka akan semakin besar daya serta intensitas cahaya lampu yang dibutuhkan.

Buat kamu yang lebih tahu cara menumbuhkan lumut hijau pada aquarium ikan mas koki dalam ruangan bisa tuliskan di kolom komentar. Apa yang admin bagikan ini berdasarkan pengalaman sendiri. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Lumut Hijau di Aquarium Ikan Mas Koki Dalam Ruangan? Ini Cara Cepat dan Tepat Menumbuhkannya
  1. waktu main aquascape saya menumbukan lumut di batu dan kayu dengan cara bibit lumut diblender dengan air lalu disemprotkan ke medianya.. tapi buat dikaca saya belum pernah coba.. barangkali admin mau mencubanya..

    BalasHapus