-->

Buat Apa Menumbuhkan Lumut Hijau di Aquarium Ikan Mas Koki? Ini Manfaatnya!

Buat kamu yang bertanya-tanya sebenarnya apa sih fungsi atau manfaat dari menumbuhkan lumut hijau di aquarium ikan mas koki baik Indoor maupun Outdoor? Di bahasan kali ini admin akan coba jelaskan secara terperinci, semoga semakin banyak dari para penghobi ikan mas koki yang coba menumbuhkan lumut ijo tersebut. Salam Iwak buncit 🤗

Buat Apa Menumbuhkan Lumut Hijau di Aquarium Ikan Mas Koki? Ini Manfaatnya!
Buat Apa Menumbuhkan Lumut Hijau di Aquarium Ikan Mas Koki? Ini Manfaatnya!

Beberapa dari kamu pernah atau mungkin sering melihat penghobi ikan mas koki dengan sengaja menumbuhkan lumut hijau di aquariumnya, entah itu tank Outdoor maupun Indoor. Padahal mungkin nampak terlihat kotor atau kurang sedap dipandang untuk sebagian orang, apalagi buat kamu yang baru saja memelihara ikan mas koki, pasti kepinginnya kaca aquarium bersih, bening kinclong selalu.

Namun yakinlah justru kehadiran lumut hijau ini yang dinanti-nantikan kehadirannya. Bahkan untuk pemelihara ikan mas koki dalam ruangan rela memberikan perlakukan khusus supaya lumut hijau tersebut tetap bisa tumbuh (tata cara menumbuhkan lumut hijau di aquarium dalam ruangan bisa kamu simak di sini).

Lantas apa sih sebenarnya manfaat dari menumbuhkan lumut hijau di aquarium ikan mas koki sampai bela-belain gitu?
Okey, sudah pada tahukan jika ikan mas koki terkenal akan kerakusannya? Saking tidak kenal kata kenyang, para buncit akan terus makan sekalipun sudah banyak makannya yang diberikan. Masalahnya adalah ketika kamu memberikan pakan terlalu banyak, maka risiko untuk terjadinya Swim Bledder atau berenang terbalik semakin tinggi.

Oleh karena itu para penghobi ikan mas koki menyiasatinya dengan cara menumbuhkan lumut hijau di dalam aquarium. Dengan memakan lumut hijau yang ada maka ikan mas koki terhindar dari berenang terbalik, selain itu fungsi lumut hijau bisa menyerap amonia yang ada di dalam air serta memberikan kesan alami yang lebih menyatu pada warna ikan mas koki. Namun begitu memang butuh usaha ekstra untuk menumbuhkan lumut, apalagi jika aquarium kamu berada di dalam ruangan.

Akan lebih mudah menumbuhkan lumut jika di luar ruangan, dimana air aquarium terkena sinar matahari secara langsung. Sekarang kamu sudah tahukan betapa pentingnya menumbuhkan lumut pada aquarium ikan mas koki. Sedikit tambahan info jika semakin banyak jumlah lumut hijaunya maka akan semakin terang pula cahaya lampu yang dibutuhkan, ini akan jadi beban tersendiri buat tank Indoor. Karena bakal menambah biaya pemakaian listrik.


Itulah dia manfaat menumbuhkan lumut hijau di aquarium ikan mas koki baik itu dalam dan luar ruangan. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Buat Apa Menumbuhkan Lumut Hijau di Aquarium Ikan Mas Koki? Ini Manfaatnya!