Apa yang Bakal Terjadi Ketika Garam Ikan Dimasukkan ke Aquarium Ikan Mas Koki Berlumut Hijau?

Buat kamu yang sedang berencana menumbuhkan lumut hijau di aquarium ikan hias seperti ikan mas koki, perlu berhati-hati dalam menambahkan zat lain ke dalam air seperti garam ikan. Yup, benda yang satu ini sepertinya jarang tidak digunakan pada aquarium ikan mas koki, namun tahukan kamu apa dampaknya jika garam ikan ditambahkan ke dalam aquarium yang sudah ada lumut hijaunya? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Apa yang Bakal Terjadi Ketika Garam Ikan Dimasukkan ke Aquarium Ikan Mas Koki Berlumut Hijau?
Apa yang Bakal Terjadi Ketika Garam Ikan Dimasukkan ke Aquarium Ikan Mas Koki Berlumut Hijau?

Admin sendiri sebenarnya bukan anak IPA, kalau ditanya soal sejarah, Geografi atau bahkan Psikologi, admin masih bisa jelaskan. Jadi maaf saja jika bahasan admin kali ini kurang begitu mendalam. Jadi ceritanya admin sedang menumbuhkan lumut hijau di dalam aquarium ikan mas koki, khususnya tank Indoor atau dalam ruangan. Menumbuhkan lumut di aquarium Indoor menjadi tantangan sendiri karena memang butuh perlakuan khusus supaya lumut yang dihasilkan tetap berwarna hijau bukan kuning maupun coklat. Soal tata cara dan bagaimana menumbuhkan lumut hijau di aquarium ikan mas koki Indoor bisa kamu baca di sini, admin juga sudah sertakan videonya supaya lebih mudah untuk dipahami.

Suatu ketika admin coba mengganti air sebanyak 50% (Water Change) rutin, sembari itu admin juga biasa menambahkan garam ikan ke dalamnya. Ini admin lakukan karena air yang digunakan bukanlah air minum galon isi ulang ataupun air PDAM melainkan air hujan, sehingga mau tidak mau sedikit banyak pasti terdapat mikro organisme di dalamnya. Guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan semisal penyakit pada ikan mas koki, makanya admin biasanya menambahkan garam ikan setelah penggantian air (baca cara menggunakan air hujan untuk ikan mas koki di sini).

Setelah admin coba tambahkan garam ikan ke dalam aquarium, selang beberapa jam bagian dasar aquarium mulai memutih, tepatnya pada bagian garam ikan jatuh di atas lumut hijau. Kian jam kian jelas lumur hijau tadi memudah. Setelah admin tinggal semalaman, benar saja lumut-lumut hijau tadi menghilang bersih, ditandai dengan lantai aquarium nampak kacanya membentuk lingkaran. Jadi di setiap bagian yang dijatuhi garam ikan maka lumut tadi memutih bersih. Setelah beberapa hari sekeliling kaca aquarium admin jadi bergaris, sehingga nampak sekali lumut-lumut hijau tadi seperti dipotong.

Hemmm.. admin kurang tahu pasti alasannya kenapa, namun dari beberapa komentar subscriber Iwak Buncit mengatakan jika fungsi garam ikan sendiri memang mengikis lumut hijau atau alga, termasuk juga dengan White Spot. Jadi jangan heran jika terjadi hal semacam itu. Untuk lebih jelas penampakannya bisa kamu simak video berikut:


Buat kamu yang lebih tahu soal ini semisal reaksi kimia dari garam ikan dengan lumut hijau bisa tuliskan di kolom komentar. Apa yang admin tuliskan ini murni berdasarkan pengalaman pribadi selama memelihara ikan mas koki saja. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips terbaru seputar merawat dan memelihara ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Apa yang Bakal Terjadi Ketika Garam Ikan Dimasukkan ke Aquarium Ikan Mas Koki Berlumut Hijau?