Ikan Mas Koki Kamu Tidak Mau Makan? Mungkin 3 Penyebab Dalang Utamanya

Pernahkah kamu mendapati ikan mas koki yang biasanya lahap makan, tiba-tiba ketika diberi makan malah dia saja? Cuma dimakan sedikit lalu dimuntahkan lagi atau bahkan sampai berenang menjauh ke ujung Aquarium? Sudah coba ganti pakan lain tapi tetap saja ikan mas koki tersebut tidak mau memakannya? Bukankah hal semacam ini dapat membahayakan ikan mas koki tersebut? Sebenarnya apa penyebab dari ikan mas koki tidak mau makan? Silahkan simak penjelasan admin berikut ini, based on pengalaman!

Ikan Mas Koki Kamu Tidak Mau Makan? Mungkin 3 Penyebab Dalang Utamanya
Ikan Mas Koki Kamu Tidak Mau Makan? Mungkin 3 Penyebab Dalang Utamanya

Buat kamu yang sudah lama memelihara ikan mas koki, pasti setidaknya sekali atau 2 kali menemukan kondisi dimana piaraan ikan mas koki kamu tidak mau makan, padahal biasanya juga lahap sekali makan. Nah buat yang sudah berpengalaman sih gelagat seperti ini pasti cukup sering terjadi dan biasanya bakal ada beberapa tindakan dilakukan. Namun buat mereka yang baru saja memelihara pasti dibikin bingung. Admin sendiri pernah merasakan hal demikian ketika baru pertama kali memelihara ikan mas koki.

Ikan mas koki yang sudah terkenal sebagai ikan rakus lahap dalam memakan makanannya tiba-tiba menjadi pemurung, tidak mau makan, sekalipun makanan tersebut sudah kamu lemparkan ke dekat mulutnya. Nah jika sudah seperti ini, kamu sebagai pemiliknya wajib melakukan observasi atau pengamatan lebih mendalam terhadap ikan mas koki yang tidak mau tidak nafsu makan tersebut, kemudian dari hasil observasi tersebut bisa ditentukan penyebabnya.

Nah dari sekian lama memelihara ikan mas koki, setidaknya ada 3 penyebab kenapa ikan mas koki tidak mau makan:

1. Stress
Faktor pertama yang lazim bisa ditemukan ketikan ikan mas koki tidak mau makan adalah stress. Yah, ikan juga ternyata bisa stress, admin kira selama ini cuma manusia saja atau hewan darat saja yang bisa stress. Ternyata ikan mas koki juga bisa stress. Nah stressnya ikan mas koki ini terkadang sering terabaikan oleh kita khususnya yang baru saja memelihara. Admin juga tidak luput dari kelalaian ini sehingga mengakibatkan beberapa ikan mas koki admin mati.

Padahal sebenarnya kalau tahu dari awal ikan mas koki tersebut stress, maka kita dapat dengan mudah mengambil langkah penyembuhan atau lebih tepatnya menenangkan ikan mas koki yang stress tersebut. Umumnya stress pada ikan mas koki bisa diakibatkan oleh kepadatan ikan dalam satu tank Aquarium, semisal ikan terlalu banyak yang harusnya 1 tank cukup diisi 5 ekor ikan saja, ini malah sampai belasan atau puluhan. Bisa juga karena intimidasi dari ikan mas koki lain yang lebih aktif. Bisa juga karena kualitas air atau ketika baru dibeli langsung main dipindahkan saja tanpa menyetabilkan atau menyamakan suhu air, atau dari adaptasi ikan sendiri yang lambat.

Yah ikan mas koki adalah makhluk hidup dan setiap makhluk hidup itu unik, tidak sama antara satu dengan lainnya, termasuk juga kebiasaan dan tingkat adaptasi. Untuk mengatasi atau menyembuhkan masalah stress pada ikan mas koki sebenarnya sudah pernah admin buatkan tata cara beserta videonya di sini, sedangkan untuk cara menyetabilkan suhu cara memperlakukan ikan mas koki di awal beli juga bisa baca di sini.

2. Penyakit
Sama seperti manusia dan makhluk hidup lainnya ketika sakit, maka nafsu untuk makan pun akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Hal ini juga dialami oleh ikan mas koki yang sedang sakit. Biasanya ikan mas koki tidak ujuk-ujuk langsung sakit saja tapi biasanya diawali dengan tingkah laku tidak biasa, semisal stress seperti yang sudah admin singgung di point pertama tadi. Kita sebagai pemelihara ikan mas koki wajib peka soal ini dan jika sudah ada gelagat seperti itu maka harus segera diberikan tindakan.

Kalau ditanya soal penyakit apa yang biasa menyerang ikan mas koki, ada banyak. Diantaranya Dropsi atau sisik nanas, Finrot atau biasa dikenal dengan busuk ekor atau busuk insang, White spot, dan masih banyak lagi. Beberapa dari penyakit tersebut pernah admin temui dan sebagian sudah ada yang admin post di channel Iwak Buncit. Silahkan cek ke sini.

3. Tidak Cocok
Namanya juga makhluk hidup, soal makan pasti ada seleranya. Nah bisa dibilang ikan mas koki juga punya kecenderungan untuk suka pakan jenis pelet dari merek tertentu. Yah mungkin bagi mereka ada rasa khusus yang disenang dari merek tersebut. Sehingga ketika diberi pakan pelet lain tidak mau menelannya. Selain itu faktor ukuran dari pakan yang semisal terlalu besar atau keras juga bisa membuat ikan mas koki tidak mau memakannya. Oleh karena itu perlu mencoba beberapa merek pakan pelet ikan mas koki sehingga didapatkan pelet yang pas. Soal ini sudah pernah admin beberapa kali review pelet ikan mas koki, selengkapnya bisa kamu simak di sini, di sini, di sini serta di sini.

Memang ada banyak penyebab kenapa ikan mas koki malas makan, tidak mau makan. Namun setidaknya secara umum terdapat 3 faktor seperti yang sudah admin sebutkan di atas tadi. Sebagai penghobi ikan hias mas koki kita harus peka harus teliti dalam merawatnya. Karena sangat disayangkan sekali jika ikan mas koki yang sudah dipelihara, dijaga dengan baik tersebut malah mati. Okey segitu saja dulu yang bisa admin bagikan ke kamu, apa yang admin tuliskan ini berdasarkan pengalaman sendiri selama memelihara ikan mas koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk terus bisa mendapatkan update terbaru seputar Tips ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Ikan Mas Koki Kamu Tidak Mau Makan? Mungkin 3 Penyebab Dalang Utamanya