Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Ikan Hias Mas Koki Supaya Terhindan Stress dan Sakit

Buat yang baru saja membeli ikan Mas koki atau ikan hias lainnya dari pedagang ikan hias, pasti sudah tidak asing lagi jika mereka kerap mengatakan semacam saran jika setelah membeli ikan hias tersebut, sebaiknya air dari bungkusan tersebut digabungkan ke dalam air Aquarium juga.

Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Ikan Hias Mas Koki Supaya Terhindan Stress dan Sakit
Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Ikan Hias Mas Koki Supaya Terhindan Stress dan Sakit

Memang kenapa sih harus digabung segala? Bukannya air yang berasal dari bungkusan ikan hias tempat kita membeli ikan tersebut juga belum tentu bersih dan bahkan bisa mencemari air Aquarium juga? Nah usut punya usut saran seperti itu ternyata ada tujuannya loch, yaitu supaya ikan mas koki tadi tidak cepat stress akibat perubahan lingkungan air serta suhu air tersebut.

Ibaratkan kita yang suka masuk minimarket seperti Indomart atau Alfamart di tengah terik siang bolong, pasti bakal merasakan perubahan suhu secara drastis dari panas menjadi dingin (Akibat AC). Kalau manusia sih pasti dengan mudah dan cepat bisa menyesuaikan (adaptasi) suhu tubuh. Namun ada beberapa juga yang akan terserang flu.

Nah begitulah dengan ikan hias mas koki yang jika secara tiba-tiba dipindahkan ke air lain, maka ikan mas koki tadi akan cepat stress. Buntut dari stress tersebut adalah ikan akan diam, murung, tidak mau makan, dan akhirnya terserang penyakit. Oleh sebab itu penyamaann, penyetabilan atau adaptasi suhu air perlu dilakukan supaya ikan tetap gesit, sehat dan lincah.

Berikut ini adalah beberapa tahap yang perlu kamu lakukan sesaat setelah membeli ikan hias (mas koki):
1. Perhatikan dengan seksama, apakah ada luka, jamur, atau tanda-tanda sakit atau kerusakan pada tubuh ikan pada saat masih di dalam plastik. Amati hingga yakin tidak ada tanda-tanda aneh yang sudah admin sebutkan tadi.
2. Jika ternyata ada tanda-tanda sakit tadi, maka ada baiknya segera kamu lakukan karantina, akan tetapi jika bersih, sehat tidak ada bekas-bekas luka. maka kamu bisa lanjut ke langkah ketiga
3. Masih dalam keadaan ikan di dalam bungkusan, bersihkan dahulu semua permukaan bungkus ikan tadi dari debu atau kotoran, lalu kamu celupkan atau letakkan bungkusan ikan yang berisi ikan hias mas koki tadi ke dalam Aquarium
4. Biarkan perlakuan tadi selama 5 menit hingga 15 menit
5. Setelah itu, bisa kamu pindahkan ikan hias mas koki tadi yang ada di dalam plastik ke dalam Aquarium menggunakan serokan atau tangan juga bisa
6. Amati perilaku ikan apakah ada tanda-tanda stress, sakit dan lain sebagainya


Yup, tidak perlu mencampurkan air yang ada di dalam plastik tadi ke dalam Aquarium. Karena seperti yang sudah admin bilang di awal tadi bisa saja air di dalam bungkusan sudah banyak kotoran ikan dan juga berisiko menularkan penyakit ke ikan hias lain.

Nah itulah dia pengalaman yang bisa admin bagikan ke kamu perilah apa saja yang perlu dilakukan sesaat setelah membeli ikan hias, dalam contoh kasus kali ini yaitu ikan mas koki. Buat kamu yang mau berbagi pengalaman juga bisa tuliskan di kolom komentar dan jangan lupa juga untuk +1, like dan bagikan. Salam admin Iwakbuncit.com

Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Ikan Hias Mas Koki Supaya Terhindan Stress dan Sakit