Inilah Cara Ampuh Mengobati Ikan Mas Koki yang Stress Berat: Berdasarkan Pengalaman Sendiri

Ikan hias mas koki kamu sering banyak diam di dasar atau di pojok Aquarium? Sudah dipancing dengan makanan banyak tapi tak ada satupun pelet yang dimakan? Muncul gurat merah seperti darah ekor ikan mas koki dan tak jarang sirip atas atau bagian dorsal ikan berdiri sendiri? Itu tandanya ikan mas koki kamu sedang stress. Segera lakukan karantina dan ikuti tata cara lengkapnya berikut ini!

Inilah Cara Ampuh Mengobati Ikan Mas Koki yang Stress Berat: Berdasarkan Pengalaman Sendiri
Inilah Cara Ampuh Mengobati Ikan Mas Koki yang Stress Berat: Berdasarkan Pengalaman Sendiri

Yang namanya stress admin kira cuma bisa terjadi pada manusia saja atau setidaknya pada hewan darat seperti kucing, anjing, dan lain sebagainya. Namun pada kenyataannya hewan yang hidup di air seperti ikan pun bisa terkena stress. Yah ini admin alami sendiri pada ikan hias admin yaitu Ikan Mas Koki yang mengalami stress setelah dikarantina.

Awalnya ikan mas koki admin jenis Oranda terkena penyakit mata berselaput putih atau yang lebih dikenal sebagai mata katarak (buat yang belum baca cara menyembuhkan mata katarak pada ikan mas koki bisa lihat di sini). Mau tidak mau admin harus segera mengkarantinanya. Sayangnya yang terkena penyakit mata katarak ini tidak hanya ikan koki Oranda saja, melainkan ikan koki mutiara dan Demekin juga terinfeksi.

Karena lain suatu hal, admin mau tidak mau menyatukan ketiga ikan mas koki tadi dalam 1 wadah dan wadah tersebut memang sempit. Setelah beberapa hari masa pengobatan, syukur Alhamdulillah ikan Mas Koki Oranda admin sehat, sudah tidak ada lagi selaput putih di kedua bola matanya. Namun masalah baru muncul dimana warna ekor Ikan Mas Koki Oranda tadi menjadi merah seperti darah.

Dalam keadaan biasa ekor koki Oranda ini berwarna putih dengan sedikit gurat merah (urat) namun kali ini benar-benar seperti darah. Nah biasanya kalau ekor ikan koki berwarna merah ini tandanya ikan mas koki sedang stress. Selain itu beberapa ciri lain dari ikan mas koki yang stress sebagai berikut:
1. Ikan menjadi murung atau pasif atau tidak banyak bergerak
2. Ikan cenderung bersembunyi di sudut Aquarium atau di balik mesin pompa celup
3. Terkadang ikan cuma diam mematung saja sekalipun sudah kamu pancing dengan menjatuhkan pelet makanan
4. Sirip bagian atas atau dorsal sering berdiri tiba-tiba padahal tidak ada interaksi dengan lingkungan seperti bergerak ke sana-kemari
5. Badan ikan mulai miring
6. Terakhir dan sudah admin sebutkan tadi yaitu muncul urat merah banyak pada ekor

Nah kalau salah satu dari keenam ciri di atas sudah ada pada ikan mas koki kamu, maka segera pisahkan dan lakukan karantina. Adapun yang perlu kamu persiapkan sebagai berikut:
- Wadah yang cukup luas semisal baskom atau Aquarium khusus karantina
- Air bersih
- Garam ikan
- Obat kuning atau yang lebih dikenal dengan nama Elbayou

Caranya:
1. Silahkan kamu tuangkan air bersih yang sudah diendapkan semalaman ke dalam wadah tadi
2. Kemudian taburkan garam ikan secukupnya
3. Tunggu hingga garam ikan larut
4. Setelah itu kamu taburkan bubuk obat Elbayou tadi secukupnya kemudian aduk hingga air berubah menjadi warna kuning
5. Setelah itu beri aerasi selama 5 menit
6. Kemudian taruh ikan mas koki yang terindikasi stress tadi ke wadah tadi
7. Kemudian kamu pantau perkembangannya 24 jam ke depan


Ikan Mas Koki Oranda admin sendiri sembuh selama 1 hari lebih dan dalam jangka itu admin lakukan penggantian air sebanyak 1 kali. Ciri-ciri ikan mas koki yang sudah sehat tidak stress lagi adalah ikan menjadi lincah dan ikan juga sudah tidak muncul lagi warna gurat merah pada ekornya. Oh iya, selain faktor ruang yang sempit, faktor suhu dingin atau suhu air yang tiba-tiba berubah cepat juga bisa membuat ikan mas koki stress.

Ini admin alami sendiri ketika masih awal-awal memelihara ikan mas koki dimana ikan Oranda tersebut admin pindahkan secara sembrono ke wadah yang di dalamnya ada air hujan. Walhasil dorsal ikan mas koki langsung berdiri dan ikan diam, pasif tidak banyak gerak. Karena ketidaktahuan admin di awal. Ikan mati dalam 2 hari. Sedih rasanya kalau diingat-ingat. Semoga apa yang admin bagikan kali ini bisa bermanfaat buat kamu dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Inilah Cara Ampuh Mengobati Ikan Mas Koki yang Stress Berat: Berdasarkan Pengalaman Sendiri