Black Spot, Sama Bahayanya dengan White Spot: Sering Dikira Mutasi Warna Ikan Mas Koki

Muncul bercak hitam di badan ikan koki? Awalnya ikan mas koki berwarna kuning, putih atau merah, namun kenapa tiba-tiba bisa muncul bintik-bintik hitam? Apakah ini yang dinamakan dengan mutasi warna atau Juga ada faktor lain yang membuat munculnya bintik-bintik hitam ini? Patut waspada, bisa jadi ikan mas koki kamu terserang penyakit bernama Black Spot, saudaranya White Spot. Baca penjelasan ini untuk lebih lengkapnya.

Black Spot, Sama Bahayanya dengan White Spot: Sering Dikira Mutasi Warna Ikan Mas Koki
Black Spot, Sama Bahayanya dengan White Spot: Sering Dikira Mutasi Warna Ikan Mas Koki

Black Spot, banyak dari kita penghobi ikan hias seperti ikan mas koki yang salah mengira jika ini adalah bagian dari mutasi warna. Hem.. sebenarnya tidak salah juga karena memang mutasi warna pada ikan mas koki umumnya dimulai dari perubahan warna berbentuk bintik-bintik. Lazimnya ikan mas koki akan melakukan beberapa kali mutasi warna dalam hidupnya dan ini sangat dipengaruhi dari Gen, makanan serta air. Namun beda cerita jika itu adalah Black Spot.

Black Spot atau bintik hitam sebagaimana artinya merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang ikan mas koki. Biasanya Black Spot muncul karena faktor air di dalam aquarium yang kurang bersih atau jarang ganti air (Water Change) sehingga memicu pertumbuhan bakteri, virus serta jamur.

Semakin lama semakin meningkat jumlah patogen di dalam aquarium jika tidak sering dikuras airnya. Terlebih lagi jika filter biologi kamu belum matang, ini akan membuat serangan patogen semakin meningkat. Hasilnya adalah ikan mas koki kamu jadi lebih rentan terserang penyakit dan salah satunya adalah Black Spot.

Dari yang admin baca serta ketahui setidaknya ada beberapa 5 penyebab kenapa bisa muncul bintik hitam atau Black Spot pada ikan mas koki, diantaranya:

1. Meningkatnya Kadar Amonia
Lazimnya memang terdapat zat amonia di dalam aquarium ikan hias seperti ikan mas koki dengan kadar tertentu. Zat Amonia ini sendiri dihasilkan oleh kotoran ikan serta pakan yang tidak habis dimakan atau bisa juga karena ada makhluk hidup yang mati dan tidak dipisahkan. Zat Amonia dengan kadar normal sebenarnya tidak terlalu membahayakan kesehatan ikan, namun jika sudah melebihi ambang batas. Tentu ini akan berisiko membuat ikan stress, sakit dan mati.

Langkah pencegahannya ialah dengan sering-sering menguras air di aquarium secara berkala setidaknya 3 hari sebanyak 30% atau 1 minggu sebanyak 50%. Buat yang belum tahu tata cara penggantian air bisa tonton videonya di bawah ini atau bisa baca juga di sini:


Selain itu juga kuatkan filter biologi. Maksudnya kuatkan bisa dengan menambah filter biologi semisal Bioring, bioball, Crystall bio maupun jenis filter lainnya serta di atur sedemikian rupa supaya rapi serta berfungsi dengan baik.

Ini dia video cara mempersiapkan pemasangan media filter yang benar dan sudah admin buatkan juga artikelnya di sini:


Perbedaan Crystall Bio dan Bioring (Cek reviewnya juga di sini):


Perbedaan Bioring biasa dengan Bioring berpori (Lebih lengkap bisa baca di sini):


2. Minim Cahaya
Secara alami ikan akan memproduksi zat melanin yang mana fungsinya untuk pewarnaan. Namun ini akan menjadi berlebih memproduksi zat Melanin jika secara terus menerus berada di lingkungan gelap. Apalagi biasanya ikan mas koki lebih sering dipelihara dalam ruangan (di ruang tamu atau kamar tidur misalnya) yang mana ini akan membuat paparan cahaya jadi tidak merata atau tidak terlalu terang seperti sinar matahari. Akibatnya bisa saja ikan lebih banyak memproduksi melanin dan ini membuat munculnya warna gelap atau bintik hitam pada ikan mas koki.

Guna mengatasi hal semacam ini kamu bisa menggunakan lampu LED dengan daya di atas 20 watt semisal Recent RCG-618-SW yang sudah pernah admin review plus artikel reviewnya di sini:


3. Pengaruh Genetika Ikan
Perubahan warna ikan termasuk munculnya bintik-bintik hitam pada ikan mas koki tidak terlepas dari faktor Gen atau Genetika. Ikan mas koki yang sudah punya gen warna hitam kuat pekat, umumnya akan terus bisa berwarna hitam, bahkan setelah terpengaruh oleh pakan pelet berspirulina juga ikan tetap bisa mempertahankan warna hitamnya. Efeknya mungkin saja warna hitam pada ikan mas koki muncul berupa bercak-bercak atau bintik hitam (Black Spot)

4. Serangan Jamur
Nah ini yang sedang kita bahas, faktor serangan jamur. Admin sendiri kurang tahu jenis jamur yang dimaksud apa atau namanya apa, cuma berdasarkan pengalaman admin sendiri selama memelihara ikan mas koki. Setidaknya sudah ada 2 ekor lebih ikan mas koki admin yang ditumbuhi bintik-bintik hitam di badan, jambul kepala, hingga ekor dan kesemua ikan mas koki tersebut menjadi lemas, tidak nafsu makan, berenang sempoyongan hingga berujung mati.

Serangan jamur berupa Black Spot memang sering menyamar jadi mutasi warna, bahkan kalau kamu coba lihat secara saksama juga memang nampak seperti mutasi warna. Namun perbedaannya adalah ikan jadi lebih lemas, berenang sempoyongan hingga lebih sering murung di dasar aquarium. Kalau sudah seperti itu wajib kamu karantina.

5. Kepadatan Ikan
Point terakhir ini admin masuk belum terlalu nangkap, cuma kalai dilihat dari situasi. Kepadatan dapat mempengaruhi tingkat stress ikan serta kadar amonia. Karena jumlah ikan yang banyak serta tidak didukung oleh tempat (Aquarium) yang luat maka kemungkinan untuk meledaknya amonia semakin tinggi. Apalagi jika sistem filtrasi kamu masih kurang mumpuni. Maka ini akan semakin memperparah.

Buat yang masih bingung berapa jumlah ideal ikan mas koki dalam sebuah aquarium bisa cek artikel reviewnya di sini atau bisa tonton videonya di bawah ini:


Jangan anggap remeh penyakit yang bernama Black Spot ini. Walau memang kesannya seperti mutasi warna namun jika muncul tanda-tanda susulan semisal ikan lemas, berenang sempoyongan, sering murung di dasar aquarium. Maka segera lakukan karantina. Nah itu dialah penjelasan, penyebab serta cara menyembuhkan ikan mas koki yang terkena penyakit Black Spot atau bintik-bintik hitam.

Buat kamu yang pernah punya pengalaman dengan penyakit Black Spot ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk bisa mendapatkan berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Black Spot, Sama Bahayanya dengan White Spot: Sering Dikira Mutasi Warna Ikan Mas Koki
  1. Maaf gan saya liat klo agan bonyok2 ada yg besar dan nyatu klo saya ini seperti titik (.) Kaya begini gan banyak di bagian kepala mutik

    BalasHapus