Pengalaman Menggunakan Crystal Bio: Media Filter Biologi Ikan Hias Mas Koki Topcer Bikin Air Bening bin Jernih

Crystal Bio atau Bio Crystal adalah media filter biologi asal jepang yang paling direkomendasikan dan paling banyak digunakan oleh para pecinta ikan hias seperti Ikan KOI, Ikan Mas Koki. Media filter Kristal Bio ini bisa dengan mudah menstabilkan PH air sehingga sangat cocok digunakan untuk kamu pecinta ikan hias yang menggunakan kolam sebagai tempat ikan. Tentu saja Crystal Bio ini cocok digunakan untuk Aquarium. Hasilnya? Sudah pasti air menjadi super jernih, bening dan sehat. Untuk lebih jelasnya sudah admin buatkan reviewnya berikut ini!

Pengalaman Menggunakan Crystal Bio: Media Filter Biologi Ikan Hias Mas Koki Topcer Bikin Air Bening bin Jernih
Pengalaman Menggunakan Crystal Bio: Media Filter Biologi Ikan Hias Mas Koki Topcer Bikin Air Bening bin Jernih

Admin tahu Crystal Bio dari salah seorang penghobi Ikan Mas Koki yang sudah cukup lama berkecimpung dihobinya. Awalnya yang admin tahu adalah Bioring berpori, Bio Ball, Batu zeolit dan arang aktif saja. Namun ternyata masih ada satu lagi Media Biologi yang sangat bagus untuk Aquarium ikan mas koki yaitu Crystal Bio ini. Nah Crystal Bio ini cukup sulit bahkan hampir tidak ada yang jual di kota admin kecuali si penghobi yang sudah admin sebutkan tadi, lantaran barangnya sendiri memang tidak dari Indonesia alias langsung Impor dari Jepang kemudian harganya juga mahal. Malah bisa berkali-kali lipat dari harga Bioring atau Ceramic Ring.

Admin sendiri harus mengeluarkan biaya sekitar 150k hanya untuk menebus Crystal Bio seberat 1 KG dan itu pun masih terkena ongkos kirim. Bandingkan dengan Bioring sekantongnya 25k saja dan itu bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko ikan hias. Di kota admin saja bahkan toko-toko kecil ikan hias pun jual Bioring, namun tidak dengan Crystal Bio. Bayangkan jika kamu punya SUMP Filter yang pasti muat banyak Crystal Bio ini, bakal habis berapa duit hanya untuk media biologinya saja?

Kenapa Crystal Bio Harganya Bisa Begitu Mahal?
Itu tidak lain karena Crystal Bio dipercaya sebagai media biologi Aquarium ikan hias yang paling bagus dalam menjernihkan air. Crystal Bio memiliki banyak pori-pori di permukaannya dan mampu menyetabilkan Ph air lebih baik ketimbang Bioring berpori sekalipun seperti yang sudah pernah admin review di sini.

Selama penggunaan pun yang admin rasakan sendiri memang air di Aquarium ikan mas koki admin menjadi jernih, bening bahkan setelah 1 bulan pun terlihat masih saja bening seperti baru pertama kali diganti. Namun begitu admin tetap lakukan penggantian air sebanyak 50%, soal tujuannya bisa kamu baca di sini. Oh iya di pasaran sendiri ada 2 ukuran untuk Crystal Bio, pertama yang kecil cocok untuk Aquarium dimana box filter juga tidak terlalu luas, sedangkan yang satunya lagi ukuran sedang, yang ini cocok untuk Kolam.

Crystal Bio sendiri sebenarnya diperuntukkan untuk Kolam ikan hias, contohnya kolam Ikan KOI, namun karena melihat besarnya manfaat serta bukti yang diberikan oleh Crystal Bio. Membuat banyak dari penyuka ikan hias di Aquarium Kaca tertarik untuk menggunakannya juga. Contohnya admin di Aquarium Ikan Mas Koki.

Namun begitu terdapat kekurangan juga dari Crystal Bio ini antara lain Crystal Bio bersifat ringan serta mudah mengambang. Yup jadi Crystal Bio ini mirip seperti batu apung yang biasa digunakan untuk menggosok badan. Jadi harus disiasati supaya Crystal Bio ini bisa terendam dengan cara memberi pemberat di atasnya. Selain itu Crystal Bio mudah tergerus air. Beda dengan Bioring yang punya bahan keras, Crystal Bio ini justru seperti gumpalan serbuk pasir. Jadi harus berhati-hati pada saat menatanya supaya Crystal Bio tidak hancur dan satu lagi harganya mahal.

Buat yang penasaran seperti apa hasil dari Crystal Bio ini di Aquarium kaca, bisa ditonton videonya di bawah ini:


Walau pada praktiknya Crystal Bio ini banyak digunakan untuk Aquarium Ikan Mas Koki atau Kolam Ikan KOI. Namun pada dasarnya media biologi ini bisa kamu gunakan juga untuk ikan hias jenis lain semisal Arwana, Lohan, Discus, Guppy, Belida, OSCAR, dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya ini adalah media biologi pada umumnya, hanya saja dengan kelebihan yang tidak ditawarkan oleh media biologi lainnya.

Nah itulah dia Review dari admin untuk Media Filter Biologi Crystal Bio. Buat kamu yang tertarik dengan Crystal Bio ini bisa cek link pembeliannya di kolom deskripsi video di atas. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin Iwakbuncit.com

Pengalaman Menggunakan Crystal Bio: Media Filter Biologi Ikan Hias Mas Koki Topcer Bikin Air Bening bin Jernih
  1. min, masa pakai crystal bio itu berapa lama? bisa pakai untuk selamanya kah?

    BalasHapus