Penyebab dan Cara Menyembuhkan Berenang Terbalik Pada Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Ketahui!

Tak dinyana ikan mas koki piaraan kamu tiba-tiba berenang terbalik? Apakah semua ikan mas koki seperti ini? Apakah ini penyakit atau memang karena alasan tertentu sehingga cara berenang ikan mas koki jadi aneh? Nah buat kamu yang ikan mas kokinya berenang terbalik, itu namanya Swim Bledder. Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak penjelasan admin berikut ini tentang penyebab serta cara menyembuhkannya.

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Berenang Terbalik Pada Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Ketahui!
Penyebab dan Cara Menyembuhkan Berenang Terbalik Pada Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Ketahui!

Berenang terbalik atau Swim Bledder adalah salah satu penyakit yang sering dijumpai pada ikan mas koki. Buat kamu yang sudah cukup lama memelihara ikan mas koki, pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Karena memang setiap penghobi ikan mas koki pasti mengalaminya. Tentunya Swim Bledder bukanlah perilaku normal. Karena pada dasarnya ikan mas koki berenang seperti ikan-ikan lainnya. Posisi dorsal di atas, perut di bawah, namun karena Swim Bledder ini mengakibatkan ikan mas koki tersebut berenang terbalik.

Swim Bledder sendiri diakibatkan oleh gelembung renang pada ikan mas koki yang mengalami gangguan sehingga perilaku dari berenang ikan mas koki tidak biasa. Umumnya Swim Bledder diakibatkan oleh serangan bakteri namun juga bisa diakibatkan oleh pakannya sendiri atau lebih tepatnya kita sebagai pemberi pakan. Nah loch kok bisa?

Ya ini berawal dari kita sebagai penghobi ikan mas koki khususnya mereka yang baru saja memelihara sering gonta-ganti pelet. Alasannya memang masuk akal yaitu untuk mendapatkan pakan pelet yang pas yang cocok untuk ikan mas koki. Admin juga melakukan hal demikian, sudah ada beberapa jenis pelet yang admin coba semisal Saki Hikari Balance, Hikari Growth, Hikari LionHead, Hikari Oranda, AGARU, SAKURA, OSAKA, AKARI dan lain sebagainya yang review lengkapnya sendiri bisa kamu cek si sini, di sini, di sini, dan di sini serta di sini.

Jika Swim Bledder diakibatkan oleh bakteri, maka akan cukup sulit untuk menyembuhkannya. Dari yang admin baca-baca ikan mas koki wajib dioperasi. Akan tetapi setelah admin coba tanya ke mereka yang lebih paham soal penyakit ini bisa dengan menggunakan rendaman air ketapang selama 3 hari. Posisikan juga air tidak penuh atau cukup setinggi badan ikan mas koki saja. Kemudian lakukan penggantian air ketapang setiap hari. Hanya saja jika penyakit berenang terbalik ini sudah parah sekali, hampir mustahil untuk menyembuhkannya.

Nah bagaimana jika diakibatkan oleh pakan seperti pelet?
Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempuasakan ikan mas koki tersebut. Umumnya selama 3 hari, namun itu juga bergantung dari kondisi ikan. Jika setelah tiga hari tidak menunjukkan kondisi baik, maka proses puasa dilebih lamakan lagi. Selama puasa juga usahakan untuk mengondisikan tinggi air sebatas badan ikan saja. Selain itu pasang aerator serta agak kencangkan gelembung udaranya.

Soal pakan juga bisa coba ganti dengan pelet yang lain, bisa juga dengan merendam pelet tersebut selama 1 hingga 3 menit sebelum dikasihkan ke ikan mas koki yang terkena Swim Bledder. Tujuannya tidak lain untuk membuat pelet tersebut lebih lunak. Pemberian pakan alami dari kacang-kacangan semisal kacang polong atau kacang hijau juga direkomendasikan pada ikan mas koki yang terkena penyakit berenang terbalik. Tinggal kamu rebus lunak kacang polong tadi lalu berikan pada ikan mas koki.

Pemasangan Heater juga cukup membantu mencegah Swim Bledder. Ada baiknya set lebih tinggi suhunya 5 derajat dari suhu ruangan. Admin sendiri biasanya set ke 30 untuk harian. Nah itulah dia penyebab dan tata cara penyembuhan penyakit berenang terbalik pada ikan mas koki. Kalau ada cara lain admin akan segera post di website ini. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Semoga bermanfaat salam admin iwakbuncit.com

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Berenang Terbalik Pada Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Ketahui!