Masih Bisa Hidup Normalkah Ikan Mas Koki Buta yang Hilang Matanya? 🤔

Ikan Mas Koki yang sudah terlanjur buta, apakah masih bisa hidup dengan normal? Apakah masih bisa mencari makanan dan Bagaimana cara merawatnya? Masih adakah harapan ikan mas koki buta untuk dirawat, dipelihara seperti ikan hias mas koki normal lainnya? Simak penjelasannya berikut ini.


Pada artikel sebelumnya admin sudah pernah bahas 2 alasan utama kenapa bisa sampai mata pada Ikan Hias Mas Koki hilang, buat kamu yang belum sempat baca bisa samak penjelasannya di sini. Nah pastinya bakal penasaran juga yah apakah ikan mas koki yang matanya sudah buta masih bisa hidupkah, masih bisa dipelihara kah atau justru tidak lama dari itu bakal mati.

Sepengalaman admin sendiri selama memelihara ikan hias mas koki, kasus buta atau mata hilang ini sudah kerap kali ketemu. Yup, jadi bukan sekali atau dua kali saja tapi bisa sering, namun makin ke sini admin sudah jarang menemuinya lantaran sudah paham betul penyebab dan cara menangani ikan mas koki buta. Jadi apakah ikan mas koki yang sudah buta masih bisa hidup?

Tentu saja bisa, kalau sekedar hidup tentu ikan mas koki masih hidup, tapi kalau dibilang normal sudah tidak bisa lagi lantaran keindahan dari ikan mas koki buta bakal berkurang. Admin sendiri tetap memelihara ikan mas koki buta lebih dikarenakan kasihan, kenangan yang sudah melekat ke ikan tersebut. Terlebih ini adalah makhluk hidup yang tidak bisa begitu saja kamu buang, kamu tinggalkan layaknya barang elektronik.

Namun kembali lagi ke semangat ikannya sendiri, karena ada suatu kasus dimana ikan mas koki jenis mutiara admin mati sekalipun sudah diberi makan. Yup, jadi pengaruh dari ikan di sekitarnya arau tank mate juga berpengaruh. Nah di kasus ikan Oranda dan Ranchu admin sampai sekarang masih hidup sampai saat ini karena tank mate nya tidak jahil.

Soal urusan makan juga ikan mas koki buta masih sama lahapnya kok, cuma karena tidak bisa lagi melihat, jadi jika makanan dijatuhkan ke dalam Aquarium, maka ikan mas koki buta akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa sampai menemukan makanan tersebut ketimbang ikan mas koki normal. Akan tetapi secara umum ikan mas koki buta tetap bisa menemukan makanannya.

Dari yang admin baca-baca juga ikan mas koki sebenarnya buruk dalam penglihatan, jadi ikan mas koki lebih mengandalkan penciuman mereka dan oleh karena itu juga bau makanan olahan seperti pelet saki Hikari yang pernah admin review di sini, di sini, dan di sini, serta di sini dominan berbau asin menyengat.


Saran admin untuk meletakkan ikan mas koki yang buta tadi pada tank berukuran kecil saja, karena jika semakin besar tank tersebut maka akan semakin sulit ikan mas koki buta tadi untuk mencari makanan yang jatuh. Selebihnya ikan mas koki sehat, lincah kok. Pesan dari admin untuk tetap merawat ikan yang tidak sempurna lagi, walaupun mungkin mereka sudah tidak terlalu memberikan keindahan lagi, akan tetapi yang namanya makhluk hidup suatu hari nanti akan meminta pertanggungjawaban dari kita sebagai pemilik, pemeliharanya. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin IwakBuncit.com

Masih Bisa Hidup Normalkah Ikan Mas Koki Buta yang Hilang Matanya? 🤔