2 Penyebab Mata Ikan Mas Koki Buta yang Wajib Kamu Waspadai

Pernahkah kamu mendapati tiba-tiba ikan hias mas koki kamu buta? Padahal sehari sebelumnya kedua mata ikan mas koki tersebut masih ada, namun entah memana hilangnya dan apa penyebabnya tiba-tiba pagi ini kamu mendapati ikan mas koki kamu sudah buta, hilang kedua bola matanya? Nah buat kamu yang sedang bingung kenapa mata ikan mas koki buta atau hilang. Bisa simak penjelasan admin Iwak Buncit berikut ini!

2 Penyebab Mata Ikan Mas Koki Buta yang Wajib Kamu Waspadai
2 Penyebab Mata Ikan Mas Koki Buta yang Wajib Kamu Waspadai

Tidak hanya manusia saja yang bisa buta, namun hewan seperti ikan pun ternyata bisa buta, khususnya pada bahasan kita kali ini pada ikan hias Mas koki. Penyebab dari buta pada ikan mas koki sendiri sepengalaman admin memeliharanya selama ini dibagi menjadi 2. Yaitu karena kejahilan ikan lain atau bisa juga kanibalisme, dan satunya lagi karena penyakit. Kedua penyebab tadi sudah admin alami sendiri sehingga ketika menemui keadaan seperti ini sudah tidak heran lagi dan tahu apa yang harus dilakukan.

Okey, kita mulai dari urutan pertama yaitu Kejahilan atau Kanibalisme:
Jangan salah, jika ikan mas koki yang sudah kamu kenal selama ini punya tingkah laku lucu, bisa dapat berubah menjadi kanibalisme. Karena pada dasarnya ikan mas koki itu tertarik akan sesuatu yang mencolok, berbau tajam khususnya bau asin, atau pergerakan yang dianggap tidak normal.

Admin contohkan saja ketika ada salah seekor ikan mas koki yang terluka, maka bagian dari yang terluka tersebut akan menganga sehingga memunculkan warna merah disertai dengan bau darah. Nah biasanya sepengalaman admin warna merah akibat luka tadi akan menarik perhatian dari ikan mas koki lainnya untuk mematoki luka tersebut. Walhasil luka pada ikan mas koki yang harusnya sembuh, justru semakin lama. Hal ini admin lihat sendiri pada ikan mas koki jenis Ranchu Tiger yang terluka sisiknya (postnya bisa kamu cek di sini)

Selain itu ikan mas koki yang kelaparan juga penyebab dari kenapa mata ikan mas koki lain bisa hilang. Yup, mungkin saja karena sudah sangat kelaparan dan memang ikan mas koki terkenal rakus, walhasil mata ikan mas koki lain mungkin terlihat seperti makanan atau pelet. Walhasil mata ikan mas koki lain terkena patokan.

Penyebab Kedua karena penyakit:
Pengalaman admin untuk mata yang hilang pada ikan mas koki dikarenakan penyakit ini adalah KATARAK. Yup, jadi bukan cuma manusia saja yang bisa terkena penyakit katarak ini tapi ikan juga bisa. Gejala yang muncul pun sama persis dengan manusia. Jadi nanti mata ikan mas koki akan tertutup semacam selaput putih di bagian kornea mata. Biasanya diawali dengan kabut putih terlebih dahulu kemudian jika tidak segera ditangani maka kabut putih tadi akan menggumpal berubah menjadi selaput putih.

Pada manusia katarak bisa disembuhkan dengan cara operasi menyingkirkan selaput putih tersebut namun pada ikan mas koki, cukup dengan memberikan beberapa perlakukan khusus atau karantina. Soal cara menyembuhkan mata katarak pada ikan mas koki ini sendiri sudah pernah admin bahas di sini, admin sudah sertakan juga video pendukungnya supaya lebih mudah tuk dipahami. Selain katarak, mata ikan mas koki juga bisa buta karena infeksi bakteri yang biasanya muncul dari kondisi air yang tidak bersih, atau suhu air yang terlampau dingin.


Sekarang kamu sudah tahu kan kenapa mata ikan mas koki bisa buta dan apa yang perlu dilakukan supaya kejadian tersebut tidak terulang kembali. Semua yang admin bagikan ini murni berdasarkan pengalaman sendiri selama memelihara ikan mas koki. Buat kamu yang pernah mengalami hal semacam ini bisa tuliskan di kolom komentar. Jangan ragu untuk +1, like dan bagikan postingan ini serta subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

2 Penyebab Mata Ikan Mas Koki Buta yang Wajib Kamu Waspadai