Sisik Ikan Mas Kokimu Berdarah, Terluka? Coba Obati dengan Cara Sederhana Berikut Ini!

Salah satu ikan mas koki admin yaitu Ranchu Tiger Jumbo mengalami sisi terluka atau bulukan. Ini terjadi karena proses pengiriman sehingga sisik ikan yang awalnya sehat menjadi terluka, muncul seperti daging terkelupas. Syukurnya setelah dikarantina, ikan Ranchu Tiger Jumbo admin bisa sehat kembali. Nah buat kamu yang mengalami hal seperti ini bisa ikuti tips penyembuhannya berikut.

Sisik Ikan Mas Kokimu Berdarah, Terluka? Coba Obati dengan Cara Sederhana Berikut Ini!
Add cSisik Ikan Mas Kokimu Berdarah, Terluka? Coba Obati dengan Cara Sederhana Berikut Ini!aption

Pembahasan soal sisik ikan yang terluka sejatinya pernah admin buatkan khusus pada artikelnya di sini yaitu tentang bagaimana cara mengobati ikan mas koki Mutiara yang luka badan akibat gigitan ikan lain. Nah untuk kali ini kasusnya agak sedikit beda dimana lebih ke insiden pengiriman. Yup, ini terjadi pada salah satu ikan mas koki jenis Ranchu Tiger Jumbo yang admin beli dari luar kota. Selama pengiriman ternyata sang kurir memosisikan box (styrofoam) ikan tidak pada posisi yang tepat, padahal si penjual ikan sudah wanti-wanti untuk memosisikan box ikan berdiri, tapi malah dibikin tiduran.

Walhasil selama perjalanan tersebut, air dalam box yang seharusnya merendam penuh ikan, ini justru malah setengahnya saja. Hal ini mengakibatkan ikan mas koki Ranchu Tiger admin dalam posisi miring. Celakanya karena ukuran ikan koki ini jumbo, walhasil ikan sering menggelepar dan bergesekkan sisi badannya ke plastik. Sehingga ketika sampai dan dibuka, didapatilah sisi badan ikan Ranchu Tiger Jumbo tadi luka.

Lukanya ini sampai membuat sisik menjadi kemerahan seperti warna daging, sisik ikan juga menjadi lembut. Awalnya ingin admin coba cabut saja menggunakan pinset, namun sepertinya ikan merasakan kesakitan. Oleh karena itu admin coba lakukan karantina saja. Nah buat kamu yang mengalami masalah seperti ini dimana ikan mas koki sisinya terluka akibat proses pengiriman yang tidak benar, bisa ikuti langkah-langkah karantina berikut:

- Siapkan Methylene Blue atau Metilen Blue. Obat ini berwarna biru seperti blau yang bisa kamu beli di toko ikan hias
- Siapkan juga garam ikan non yodium, beda dengan garam biasa
- Aerator
- Wadah besar dan air

Caranya:
1. Silahkan kamu tuangkan air ke dalam wadah yang sudah disiapkan sebelumnya
2. Masukkan beberapa tetes Methylene Blue ke dalam air tadi. Kalau admin sampai airnya agak kebiruan saja. Kemudian aduk sampai merata
3. Masukkan beberapa garam ikan secukupnya, aduk hingga garam ikan tercampur dan gumpalan garam menghilang
4. Kasih Aerasi selama 5 menit
5. Kemudian masukkan ikan yang luka sisiknya tadi ke dalam wadah tersebut
6. Selesai

Usahakan untuk menggunakan wadah yang luas, airnya juga usahakan 2 kali tinggi ikan tersebut. Lakukan penggantian air sebanyak 1 kali sehari dan berikan obat seperti yang sudah admin jelaskan di atas. Lakukan ini sampai luka ikan agak sembuh. Kenapa agak sembuh? Karena proses penyembuhan sisik ikan yang luka tadi membutuhkan waktu yang lama. Sepengalaman admin pada ikan Ranchu Tiger tadi sampai 1 bulan.

Selengkapnya bisa kamu simak juga pada video berikut ini:


Nantinya sisik yang rusak atau yang terluka akan lepas sendiri dan berganti dengan sisik yang baru. Usahakan untuk tidak mencampurkan ke dalam aquarium yang ikannya jahil atau agresif, karena bisa menghambat proses penyembuhan atau bahkan bisa saja terluka lagi. Nah itulah dia tata cara menyembuhkan ikan mas koki yang luka pada bagian sisik. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit supaya terus bisa mendapatkan update terbaru seputar tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Sisik Ikan Mas Kokimu Berdarah, Terluka? Coba Obati dengan Cara Sederhana Berikut Ini!