Muncul Luka Bekas Kutu atau Gigitan Pada Badan Ikan Mas Koki Mutiara Kamu? Coba Cara Penyembuhan Ini

Salah satu sisi badan ikan mas koki Mutiara kamu terluka? Entah karena kutu atau digigit oleh ikan koki jahil yang lain? Tiap hari bukannya tambah sembuh malah makin parah? Nih admin punya solusinya tentang bagaimana cara menyembuhkan ikan mas koki mutiara yang terluka di badan. Semoga bermanfaat.

Muncul Luka Bekas Kutu atau Gigitan Pada Badan Ikan Mas Koki Mutiara Kamu? Coba Cara Penyembuhan Ini
Muncul Luka Bekas Kutu atau Gigitan Pada Badan Ikan Mas Koki Mutiara Kamu? Coba Cara Penyembuhan Ini

Salah satu jenis ikan mas koki yang cukup banyak peminatnya adalah jenis Mutiara. Salah satu ciri paling kentara dari ikan mas koki ini ialah bentuk badannya yang membulat dan biasanya disertai sisik-sisik kecil bulat seperti beras. Semakin bertambahnya usia maka ikan mas koki jenis mutiara ini akan semakin bulat, menggelembung badannya. Umumnya sih ikan mas koki jenis mutiara ini dipisah dalam Aquarium khusus namun tidak jarang juga digabung dengan jenis ikan mas koki lainnya seperti Oranda, Ranchu, Demekin ataupun Ryukin.

Nah pagi ini admin mendapati salah seekor ikan mas koki admin berjenis Mutiara mengalami luka pada bagian badannya, tepatnya pada bagian badan sebelah kanan mendekati anus. Kalau admin perhatikan sih luka ini seperti habis digigit kutu jarum, karena pada umumnya ikan mas koki yang terkena kutu jarum pada bagian tubuhnya akan muncul bekas luka.

Admin sendiri sebenarnya sudah cukup lama memperhatikan luka ini namun karena biasanya sembuh sendiri, jadi admin biarkan saja sembari diamati. Akan tetapi kali ini luka bada pada ikan mas koki Mutiara tersebut sepertinya tidak mau sembuh juga, malah terlihat lebih parah dari sebelumnya. Wah, kalau tidak segera disembuhkan bakalan mati ikan koki mutiaranya.

Berbekal pengalaman selama ini memelihara ikan hias jenis mas koki, admin coba menyembuhkan ikan koki Mutiara tadi dengan cairan biru. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu simak berikut ini:
1. Siapkan obat Methylen Blue atau obat biru. Obat ini ada banyak jualnya di toko-toko ikan hias
2. Garam ikan tanpa Yodium, juga ada di toko ikan hias
3. Wadah berisi air bersih yang sudah diendapkan
4. Silahkan kamu taburkan garam ikan tadi, beri secukupnya saja
5. Setelah itu tuangkan obat Methylen Blue tadi beberapa tetes hingga air menjadi kebiruan
6. Lalu beri aerasi selama 5 menit
7. Selesai

Di sini butuh kesabaran dan ketelatenan. Jadi ikan mas koki Mutiara admin bisa sembuh luka di sisiknya setelah 7 hari dan selama 7 hari itu admin ganti setiap hari airnya 100% dengan air baru serta menambahkan obat-obatan tadi. Kalau misalkan ikan yang terkena luka ini lebih dari 1 dalam satu wadah, maka intensitas penggantian air jadi lebih sering. Sebenarnya akan lebih mudah lagi jika kamu punya wadah khusus yang terdapat filter fisik di dalamnya sehingga air tidak mudah keruh. Namun admin lebih menyarankan untuk melakukan penggantian air saja setiap hari.

Kenapa Methylen Blue lagi?
Karena obat ini bisa dibilang obat menyembuhkan sebagian besar penyakit ikan hias seperti ikan mas koki, yang mana salah satu fungsinya ialah mengobati badan ikan mas koki yang terluka. Jadi jangan heran jika beberapa konten dari admin lebih sering menggunakan obat Methylen Blue ini. Lama durasi penyembuhannya juga beda-beda bergantung dari sistem kekebalan ikan. Bisa saja ikan mas koki kamu bisa sembuh lebih cepat atau bahkan lebih lama.



Nah itulah dia tata cara menyembuhkan ikan mas koki jenis mutiara yang terluka di badannya, baik itu akibat kutu, maupun oleh patokan ikan koki lain. Buat kamu yang pernah mengalami hal seperti ini bisa berbagi pengalaman di kolom komentar. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit supa terus bisa mendapatkan update terbaru tentang Tips merawat ikan hias setiap hari. Salam admin iwakbuncit.com

Muncul Luka Bekas Kutu atau Gigitan Pada Badan Ikan Mas Koki Mutiara Kamu? Coba Cara Penyembuhan Ini