Pengalaman 1 Minggu Ikan Mas Koki Tanpa Aerator: Bisakah Para Buncit Hidup? Apa Saja Syaratnya?

Sebagian besar dari penghobi ikan mas koki, mungkin tidak suka dengan bunyi mesin Aerator yang berisik, apalagi ketika ditaruh di dalam kamar tidur. Nah apa jadinya jika mesin aerator yang berisik itu dimatikan saja? Yup, jadi selama seminggu Aquarium ikan mas koki tanpa aerator sama sekali. Bagaimana nasib dari para buncit? Apakah mereka bisa bertahan tanpa aerator? Semuanya bakal terjawab melalui video berikut.

Pengalaman 1 Minggu Ikan Mas Koki Tanpa Aerator: Bisakah Para Buncit Hidup? Apa Saja Syaratnya?


Pernah kepikiran untuk meniadakan Mesin Aerator pada sebuah aquarium ikan mas koki? Yah itu, mesin penghasil gelembung udara yang bunyinya bisa membelah keheningan malam. Mesin yang bisa menghasilkan getaran ketika dipegang dan salah satu peralatan ikan mas koki yang tidak bisa lepas ketika kamu coba memelihara Buncit. Setelah tidak lagi menggunakan Aerator, apakah para ikan mas koki masih bisa hidup, masih bisa bernafas seperti ketika menggunakan Aerator?

Bukan tanpa alasan admin memikirkan hal ini, karena kita ketahui bersama jika suara Mesin Aerator itu benar-benar berisik. Belum lagi jika kamu membeli Aerator murah, suaranya setara suara dangdut kondangan, hahaha... Maka dari itu kenapa coba tidak menggunakan Aerator saja? Terlebih pada percobaan admin sebelumnya menggunakan Wave Maker sebagai pengganti Aerator di aquarium ikan mas koki berhasil:



Lantas, bagaimana kalau tidak pakai wave Maker sama sekali alias tidak ada aeratornya juga?
Hemmm.. menarik, karena admin juga penasaran apakah ikan mas koki bisa hidup tanpa Aerator. Secara selama memelihara ikan mas koki baik berdasarkan pengalaman sendiri maupun melihat dari kebiasaan penghobi lain yang memelihara ikan mas koki juga. Nampaknya aerator adalah peralatan wajib yang selalu ada ketika memelihara buncit.

Oleh karena rasa penasaran tersebut, maka dari itu admin coba untuk meniadakan Aerator termasuk juga wave Maker, setidaknya selama 1 minggu dan hasilnya mengejutkan. Dimana ikan mas koki yang admin pelihara semuanya masih hidup sehat. Tidak ada tanda-tanda dari ikan tersebut yang memperlihatkan megap-megap atau seperti orang kekurangan nafas. Semua ikan mas koki berenang normal, bahkan mereka cenderung berada sering di dasar aquarium.

Dari percobaan tersebut, admin bisa membuktikan kalau ikan mas koki sebenarnya bisa hidup tanpa bantuan gelembung aerator, namun dengan beberapa syarat atau faktor yang perlu diperhatikan semisal:

1. Permukaan Air Bersih
Pertukaran oksigen yang ada di udara dengan karbon dioksida yang ada di dalam air aquarium sebenarnya terjadi melalaui permukaan air. Dengan demikian, permukaan air harus terus dijaga supaya tetap bersih sehingga pertukaran gas tersebut berjalan lancar.

Cuma masalahnya adalah kebanyakan dari kita penghobi ikan hias seperti ikan mas koki, cukup sulit untuk mendapatkan air yang bersih nan jernih ketika memelihara ikan mas koki. Karena ikan mas koki sering kali membuang kotoran dan rakus akan makanan. Maka dari itu kamu harus atur bagian ini serta perkuat media filter. Apabila kesemua tadi sudah kamu terapkan, maka niscaya air yang ada di dalam aquarium tersebut bening.

Selain itu juga kamu bisa menggunakan bantuan dari alat bernama Skimmer, untuk yang satu ini sudah pernah admin review Skimmernya di channel Iwak Buncit dari merek Recent AA SK688:



2. Jumlah Pakan Ideal
Tak kalah penting dari air yang jernih adalah jumlah ikan mas koki itu sendiri. Karena sebenarnya point kedua ini berkaitan erat dengan syarat pertama. Kita ketahui bersama jika ikan mas koki itu tidak mengenal rasa lapar. Semua makanan yang diberikan akan dimakan sampai habis. Semakin banyak ikan maka akan semakin besar porsi makannya. Semakin banyak ikan juga akan membuat intensitas pemberian pakan menjadi bertambah. Maka dari itu jumlah pakan harus dibatasi, adapun Tips pemberian pakan pada ikan mas koki yang ideal sudah admin jelaskan melalui video berikut:



3. Jumlah Ikan Ideal
Ada baiknya ketika kamu coba memelihara ikan mas koki, peliharalah secukupnya saja. Admin paham, dan admin juga rasakan juga jika memelihara ikan mas koki itu akan semakin lucu semakin menyenangkan jika dipelihara banyak dalam 1 aquarium. Namun kenyataannya semakin banyak ikan, maka akan semakin banyak pula pasokan oksigen yang dibutuhkan ikan mas koki untuk bernafas. Oleh karena itu gelembung aerator sangat dibutuhkan supaya oksigen untuk para ikan mas koki tadi tetap terpenuhi.

Lantas, berapa jumlah ikan mas koki yang ideal dalam sebuah aquarium? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sudah pernah admin buatkan video khususnya berikut:



Buat kamu yang pingin tahu lengkapnya dari pembahasan admin kali ini bisa tonton videonya berikut:



Itulah dia pengalaman admin selama 1 minggu tidak menggunakan mesin aerator maupun wave Maker pada ikan mas koki. Walau ikan mas koki terbukti sehat dan masih hidup normal, cuma memang rasanya ada yang kurang jika tidak ada gelembung aerator. Jadi soal ini admin kembalikan ke selera masing-masing saja.

Buat kamu yang punya pengalaman serupa bisa tuliskan di kolom komentar. Apa yang admin tuliskan ini murni berdasarkan pengalaman pribadi serta hasil pengamatan dari penghobi ikan mas koki lainnya. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Pengalaman 1 Minggu Ikan Mas Koki Tanpa Aerator: Bisakah Para Buncit Hidup? Apa Saja Syaratnya?