Cuma Wave Maker Tanpa Aerator? Pengalaman 2 Minggu Menggunakan Wave Maker di Aquarium Ikan Mas Koki?

Bisakah Wave Maker digunakan sebagai pengganti dari Aerator di aquarium ikan mas koki? Terlebih Wave Maker tidak sama sekali mengeluarkan suara getaran berisik seperti aerator? Selain itu fungsinya yang sama-sama menghasilkan riak air? Buat kamu yang sedang bertanya-tanya demikian bisa cari tahu jawabannya pada artikel pembahasan admin berikut ini.

Cuma Wave Maker Tanpa Aerator? Pengalaman 2 Minggu Menggunakan Wave Maker di Aquarium Ikan Mas Koki?
Cuma Wave Maker Tanpa Aerator? Pengalaman 2 Minggu Menggunakan Wave Maker di Aquarium Ikan Mas Koki?

Wave Maker yang admin gunakan saat ini sudah sempat direview di channel Iwak Buncit. Buat kamu yang belum sempat membacanya bisa cek di sini atau bisa juga langsung tonton video reviewnya berikut:


Setidaknya sudah 1 minggu lebih admin menggunakan Wave Maker di aquarium ikan mas koki. Tujuan awalnya adalah untuk mendorong kotoran ikan mas koki yang biasanya mengendap di dasar kotoran supaya bisa dengan mudah tersedot ke dalam pompa celup dan memang selama penggunaan Wave Maker ini dasar aquarium admin lebih mudah untuk dibersihkan.

Namun akhir-akhir ini admin kepikiran untuk menggunakan Wave Maker sebagai pengganti Aerator. Alasan utamanya karena selain bisa mendorong kotoran ikan mas koki, sebagaimana namanya Wave Maker ini bisa menghasilkan gelombang air atau sederhananya bisa menghasilkan riak air.

Hal ini sama prinsipnya dengan cara kerja Aerator akan tetapi menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda dimana Aerator menyemprotkan udara ke dalam Aquarium yang kemudian dipecah oleh batu aerator menjadi gelembung-gelembung halus. Lalu gelembung-gelembung tadi pecah sehingga menghasilkan riak air.

Sedangkan Wave Maker dengan propelernya langsung mendorong air sehingga terciptalah gelombang tanpa menghasilkan gelembung udara terlebih dahulu. Ini memberikan keuntungan dimana Wave Maker sama sekali tidak menimbulkan suara berisik seperti mesin Aerator. Maka dari itu selama 2 minggu admin ingin melakukan percobaan apakah bisa menggunakan Wave Maker menggantikan Aerator.

Cara Pemasangan dan proses serta hasilnya bisa kamu simak pada video berikut:


Kesimpulannya Wave Maker bisa digunakan sebagai pengganti Aerator namun dengan beberapa catatan semisal ukuran aquarium setidaknya 1 meter, kurang dari itu dapat berpotensi membuat pusaran air dan ini bisa saja mengakibatkan dorsal pada ikan mas koki kamu jadi bengkok. Selain itu efek samping dari penggunaan Wave Maker ini kotoran jadi mudah beterbangan.

Namun dilain sisi membuat kotoran mudah tersedot ke pompa celup. Itulah dia hasil dari percobaan admin selama 2 minggu menggunakan Wave Maker di Aquarium Ikan Mas Koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar