-->

Apa Jadinya Wave Maker di Aquarium Ikan Mas Koki? Review Recent AAWM 3000

Buat yang sudah request dan sering tanya kapan admin Iwak buncit mereview Wave Maker di aquarium ikan mas koki. Nah ini dia yang sedang kamu cari, Recent AAWM 3000. Walaupun terbilang kecil dari segi ukuran, Wave Maker ini cukup kuat untuk bisa membuat arus di dalam aquarium berukuran 120x40x45 cm. Sehingga cukup pas jika ingin digunakan sebagai pembersih kotoran ikan mas koki yang sering mengendap di dasar aquarium.

Apa Jadinya Wave Maker di Aquarium Ikan Mas Koki? Review Recent AAWM 3000
Apa Jadinya Wave Maker di Aquarium Ikan Mas Koki? Review Recent AAWM 3000

Buat kamu yang sudah biasa pelihara ikan hias air seperti air laut pasti sudah tidak asing lagi dengan Wave Maker, karena memang alat yang satu ini wajib ada di tank ikan air laut. Sebagai mana namanya, alat bernama Wave Maker ini bertujuan untuk menciptakan ombak atau gelombang buatan supaya air yang ada di dalam aquarium khususnya yang ada di permukaan beriak, bergerak terus menerus sehingga terjadinya pertukaran antara karbon dioksida yang ada di dalam air dengan oksigen yang ada di udara.

Namun bagaimana ceritanya jika Wave Maker ini digunakan pada aquarium ikan hias air tawar semisal Ikan Mas Koki? Karena sejujurnya admin belum pernah sekalipun menggunakan Wave Maker ini, terlebih juga belum pernah pelihara ikan hias air laut. Apakah fungsinya masih sama atau ada manfaat lain yang bisa didapatkan?

Wave Maker yang admin gunakan kali ini dari Recent, lebih tepatnya Recent AAWM 3000, yang mana punya F. Max hingga 3000 L/Jam. Untuk Wave Maker berdaya 6 Watt, ini terbilang besar, namun tergolong kecil jika digunakan pada aquarium ikan hias air laut. Recent AAWM 3000 punya suction cup atau cop kata berukuran besar sekaligus sebagai engsel sehingga posisi serta sudut dari Wave Maker dapat diubah sesuka hati.

Ketika coba diarahkan ke permukaan, maka riak gelombang air yang dihasilkan di permukaan cukup besar, namun ketika diarahkan ke bawah, maka arus air yang nampak sedikit tertahan walau nyatanya arus tetap kencang. Ini dibuktikan dengan ikan mas koki admin berukuran jumbo pun cukup kesulitan untuk melawan arus yang dihasilkan oleh Wave Maker Recent AAWM 3000.

Karena efek dari Wave Maker ini yang dapat menghasilkan arus, maka bisa pula dijadikan solusi untuk mendorong kotoran ikan mas koki yang biasanya suka mengendap di dasar aquarium. Yup, buat kamu yang sering kesal bin jengkel dimana kotoran ikan mas koki yang mengendap di dasar aquarium sulit untuk tersedot oleh pompa celup bisa menggunakan bantun Wave Maker ini.

Saran dari mungkin gunakan ketika ingin mendorong kotoran saja ke pompa celup, karena jika sering digunakan bisa membuat ikan panik. Selain itu potensi untuk membuat dorsal bengkok lebih besar. lengkapnya soal review dari Wave Maker Recent AAWM 3000 ini bisa kamu simak pada video berikut:


Selama admin menggunakan Wave Maker dari Recent AAWM 3000 ini memuaskan kok. Hemat daya dan juga punya kekuatan arus yang kencang, sekalipun itu admin taruh di tank berukuran 120x40x45 cm. Point minus yang admin temui pada Wave Maker ini adalah cover depannya itu yang gampang copot, entah apa unit admin ini saja yang seperti itu, selain itu soal pemilihan warna yang mencolok, coba ada warna hitam pasti lebih keren.

Nah itulah dia review dari admin untuk Wave Maker dari Recent AAWM 3000, link pembelian sudah admin sertakan di kolom deskripsi video. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Apa Jadinya Wave Maker di Aquarium Ikan Mas Koki? Review Recent AAWM 3000