Review Lampu UV Celup AMARA 9 Watt: Filtrasi Ultraviolet Premium untuk Aquarium Ikan Mas Koki

Kali ini admin akan coba meng-unboxing sesuatu yang beda untuk lampu UV. Yup biasanya kita Unboxing lampu Ultraviolet dari Takari, sekarang giliran lampu UV dari merek AMARA. Kenapa admin pilih lampu ini? Tidak lain tidak bukan karena lampu UV admin yang lama sudah putus, pilih lampu UV Amara ini juga karena mereknya yang sudah cukup terkenal di kalangan penggemar ikan hias mas koki. Unit yang akan admin unboxing kali ini ada Lampu UV AMARA versi 9 Watt. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu tonton video ini hingga selesai.

Review Lampu UV Celup AMARA 9 Watt: Filtrasi Ultraviolet Premium untuk Aquarium Ikan Mas Koki
Review Lampu UV Celup AMARA 9 Watt: Filtrasi Ultraviolet Premium untuk Aquarium Ikan Mas Koki

Kalau kamu coba ketikkan di pencarian Google atau toko-toko online untuk kata kunci Lampu UV Celup Aquarium, pasti yang banyak muncul adalah lampu UV tipe tabung panjang dari TAKARI. Yup, karena memang lampu UV celup inilah yang paling banyak beredar di pasaran. Harganya juga terbilang murah serta banyak variasi daya yang ditawarkan. Mulai dari 5 Watt, 7 Watt, 11 Watt, hingga puluhan Watt.

Saking banyaknya lampu UV takari, admin saja pernah mereviewnya, silahkan kamu cek di sini. Nah untuk postingan kali ini sedikit beda karena admin akan coba mereview lampu UV celup aquarium dari merek lain. Yup. ternyata ada loch lampu UV dari merek terkenal yaitu AMARA. Siapa yang tidak kenal Amara, mulai dari Pompa celup hingga lampu UV juga ada dan lampu UV yang admin review ini berdaya 9 Watt.

Dari sekian banyak lampu UV yang beredar, baru Lampu Ultraviolet AMARA inilah yang membuat admin tertarik karena bentuknya. Bentuk lampu UV Amara ini mengingatkan admin pada tabung Water Cooling PC. Kalau biasanya suction cup diletakkan pada kedua sisi lampu UV, maka untuk lampu UV Amara ini 2 pasang suction cup berada di satu sisi saja. Mirip seperti suction cup yang ada pada pompa celup.

Diameter lampu UV AMARA ini juga lebih besar dari pada lampu UV merek lain, sehingga buat kamu yang biasa menggunakan Custom BOX Filter dari Talang Air yang juga pernah admin review di sini dan di sini harus menyiapkan ruang tinggi lebih dari biasanya. Namun pada prakteknya admin tidak kesulitan memasangkan lampu UV AMARA ini di Filter BOX talang ukuran 120 cm. Soal panjang juga untuk ukuran 9 Watt, lampu UV AMARA ini lebih pendek dari merek TAKARI.

Berikut adalah video preview dari Lampu UV Amara 9 Watt:


Soal tube lampu juga agak beda dimana lampu UV Amara menempatkan kedua filamen pada satu sisi saja, mirip seperti lampu pijar putih yang ada di rumah-rumah. Beda dengan lampu UV merek TAKARI yang filamennya berada di kedua sisi. Hal ini membuat lampu UV AMARA lebih berpendar. Padahal lampu ini berdaya 9 Watt saja.

Terkait hasil juga lampu UV AMARA ini sama baiknya dalam menjernihkan air . Terbukti aquarium admin dalam 4 hari saja sudah kembali jernih setelah menggunakan lampu UV ini, tentunya hal ini tidak terlepas dari peran media filter mekanik, biologi dan kimiawi yang sudah admin terapkan, serta pemilihan pompa celup yang tepat.

Kekurangan dari lampu UV Celup AMARA ini adalah harganya yang terbilang mahal. Untuk ukuran 9 Watt saja sudah lebih mahal dari versi 11 Watt Takari yaitu 135k. Selain itu di lampu UV ini admin tidak menemukan adanya saklar dan hanya ada semacam pemutus kabel saja. Sehingga tidak praktis digunakan khususnya buat kamu yang memati-nyalakan setiap hari. Solusinya bisa menggunakan Stop Kontak Timer yang pernah admin review di sini.

Itulah dia review dari admin untuk lampu UV Celup AMARA 9 Watt. Admin mencoba lampu UV ini di aquarium ikan mas koki pada aquarium berukuran 120x40x45 cm. Kedepannya akan admin review juga lampu ini dalam bentuk video sehingga lebih mudah untuk dipahami. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips menarik seputar tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Review Lampu UV Celup AMARA 9 Watt: Filtrasi Ultraviolet Premium untuk Aquarium Ikan Mas Koki