Review Filter Box Talang Air Ukuran 120cm: Bisa Menampung Banyak Media Filter Biologi + Lampu UV

Sedang mencari filter box Aquarium yang bisa menampung banyak media filter biologi dan kimia? Bisa menjernihkan air sehingga tidak sering-sering ganti air? Ikan hias sehat bebas penyakit? Mungkin filter box talang air yang akan admin review ini adalah jawabannya! Silahkan disimak hingga akhir!

Review Filter Box Talang Air Ukuran 120cm: Bisa Menampung Banyak Media Filter Biologi + Lampu UV
Review Filter Box Talang Air Ukuran 120cm: Bisa Menampung Banyak Media Filter Biologi + Lampu UV

Pompa celup dan Filter box atau wadah filter adalah satu kesatuan yang tidak akan pernah bisa terpisahkan. Karena fungsi dari filter box ini sendiri sebagai tempat untuk menampung semua media filter yang sudah disiapkan sebelumnya. Mulai dari filter fisik seperti Japmate, kapas, atau dakron, kemudian filter biologi seperti Bio Ring atau ceramic ring, bio ball, batu zeolit serta filter kimiawi seperti karbon aktif yang bisanya berasal dari arang batok.

Dengan beragamnya jenis filter tersebut, tentu akan cukup menyulitkan jika ditaruh pada filter box biasa. Maksud biasa di sini adalah filter Box yang biasa kamu temukan di pasaran, Yup, admin sendiri cukup kesulitan menemukan filter Box yang mumpuni di pasaran. Hingga akhirnya ketemu dengan filter box berjenis talang air. Jiah.. dari namanya saja sudah mencerminkan asal-usulnya ya.. 🤭

Yup, talang air yang biasanya digunakan untuk mengalirkan air hujan yang jatuh dari atap rumah. Admin sendiri tidak kepikiran sama sekali dengan filter box seperti ini. Tapi ide bagus juga, mengingat talang air itu punya panjang yang luar biasa, pasti bakal bisa banyak menampung media filter jika dijadikan filter box. Cuma masalahnya adalah bagaimana cara membuatnya. Kalau model sederhana sih admin masih bisa bikin, tapi kan tidak punya waktu luang banyak hanya untuk membuat filter box talang air seperti ini. Hingga admin coba cari di toko online, ternyata banyak penyedia jasa pembuatan filter Box custom talang air.

Soal ukuran sendiri bisa kamu sesuaikan, mau mintak ukuran 60cm, 80cm, 100cm hingga 2 meter. Admin sendiri punya Aquarium dengan panjang 120cm. Oleh karena itu admin pesan yang 120cm. Akan tetapi karena ada Sekur di Aquarium tersebut, sehingga admin coba untuk memendekkannya sedikit menjadi 118cm supaya muat di atas Sekur. nah buat kamu yang belu tahu fungsi Sekur Aquarium, bisa baca artikelnya di sini. Lalu admin tambahkan ruang untuk lampu ultraviolet untuk ukuran 25cm dengan daya 11 watt.

Ukuran aslinya sendiri untuk 5 Watt, namun admin minta custom jadi 11 Watt. Custom Filter Box Talang Air ini sendiri terdapat 2 tingkat. Dimana tingkat atas diisi untuk filter fisik Japmate, sedangkan tingkat bawah untuk filter biologi dan satu ruang khusus untuk lampu UV dengan penutup ekstra supaya tidak terpancar langsung ke mata manusia.

Selama penggunaan sendiri, air dalam Aquarium jernih. Tidak ada indikasi kebocoran atau kebanjiran. Karena filter box talang air ini sanggup menampung air dengan pompa hingga 4000 Liter per Jam. Namun admin sendiri hanya punya pompa di 2400 L/Jam. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu cek video reviewnya di bawah ini:


Nah itulah dia review dari admin untuk filter box talang air. Sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin air Aquarium nya bersih dan jernih serta terbebas dari penyakit seperti kutu, maupun parasit lainnya. Link pembelian sendiri sudah admin taruh di kolom deskripsi video. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Review Filter Box Talang Air Ukuran 120cm: Bisa Menampung Banyak Media Filter Biologi + Lampu UV