3 Fungsi Sekur Aquarium yang Bikin Kamu Geleng Kepala: Pasti Banyak yang Belum Tahu 😏

Sekur, skur, sekor, skor atau apapun itu namanya.. entah, sebenarnya apa nama benda yang satu ini. Kalau di tempat admin, disebut Sekur. Buat yang belum tahu apa itu Sekur. Sekur itu adalah kaca berbentuk persegi panjang yang biasanya melekat atau diletakkan tepat di pinggiran atas Aquarium. Biasanya sih akan saling mengikat sehingga nampak seperti tatakan atau dudukan.

3 Fungsi Sekur Aquarium yang Bikin Kamu Geleng Kepala: Pasti Banyak yang Belum Tahu
3 Fungsi Sekur Aquarium yang Bikin Kamu Geleng Kepala: Pasti Banyak yang Belum Tahu

Sekur sendiri dibuat dari kaca yang ketebalannya itu biasanya mengikuti ketebalan kaca Aquarium. Akan tetapi umumnya ketebalan Sekur adalah 5 mm. Sekur juga dibuat bervariasi sesuai dengan permintaan si pemesan Aquarium. Semakin luas dan panjang Aquarium nya, maka biasanya Sekur akan semakin banyak. Bahkan bisa saja ketebalan dari Sekur tersebut ditingkatkan yang awalnya cuma 5 mm saja menjadi 8 hingga 10 mm.

Peletakan Sekur pada bagian atas Aquarium juga tidak sembarang. Biasanya panjang dan lebar Sekur sudah diperkirakan, dimana Sekur mampu menahan serta mengikat Aquarium menjadi lebih erat. Nah buat kamu yang belum tahu apa saja sebenarnya fungsi dari Sekur Aquarium ini. Di postingan kali ini admin akan bagikan ke kamu setidaknya 3 manfaat dari pemasangan Sekur pada Aquarium. Silahkan disimak hingga akhir.

1. Mengikat Aquarium serta Menjaga Aquarium Agar Tidak "Meledak"
Tujuan dari ditambahkannya Sekur pada Aquarium tidak lain adalah untuk mengikat Aquarium. Sehingga Aquarium lebih kokoh dan tidak mudah retak. Belum lagi buat kamu yang kebiasaan mengisi air Aquarium sampai penuh. Tentu ini akan semakin menambah beban dari Aquarium itu sendiri. Sehingga tekanan dari dalam untuk mendorong kaca ke luar semakin besar. Ujung-ujungnya jika Aquarium kamu tidak dipasang Sekur, maka bisa saja secara tiba-tiba Aquarium tadi jebol atau meledak.

2. Sebagai Tempat Menaruh Filter BOX
Selain sebagai pengikat Aquarium, Sekur juga berfungsi sebagai tempat dimana box filter bisa ditaruh di atasnya. Apalagi kalau media filter yang kamu gunakan sangat banyak. Semisal batu zeolit, bio ring, bio ball, karbon aktif dan lain sebagainya.

Tentu jika tidak ada tempat untuk menaruhnya dalam hal ini adalah Sekur, maka akan cukup kesulitan menumpukan beban seberat itu hanya pada pinggiran kaca saja.

3. Sebagai Nilai Estetika
Walau mungkin tidak semua orang suka dengan Sekur pada Aquarium, namun bagi admin rasanya kalau cuma polosan saja tanpa adanya lekukan akan terasa hampa. Oleh karena itu peletakan Sekur pada bagian atas Aquarium selain sebagai pengaman, juga sebagai estetika atau keindahan.


Berikut ini adalah tata cara pemasangan sekur pada Aquarium:


Nah sekarang kamu sudah tahukan kenapa tukang Aquarium menambahkan kaca dibagikan atasnya serta beberapa manfaat dari Sekur itu sendiri. Buat kamu yang pernah punya pengalaman Aquarium nya jebol gegara tidak dipasang Sekur, bisa tuliskan di kolom komentar, +1, like dan bagikan. Salam admin Iwakbuncit.com

3 Fungsi Sekur Aquarium yang Bikin Kamu Geleng Kepala: Pasti Banyak yang Belum Tahu 😏