7 Tips Aman Meninggalkan Ikan Mas Koki Pergi Mudik Lebaran: 1 Bulan Bebas Perawatan

Libur lebaran adalah momen yang sudah lama ditunggu-tunggu. Dengan libur panjang ini kita bisa bertemu, berkumpul bersama keluarga besar yang sebelumnya terpisah jauh oleh jarak. Mungkin karena pekerjaan, tugas atau pendidikan. Pastinya mudik lebaran adalah libur yang tak boleh dilewatkan. Nah buat kamu yang mau mudik lebaran ke kampung halamannya namun khawatir meninggalkan ikan hias kesayangannya seperti ikan mas koki, ikan discus, ikan lohan atau ikan Arwana, bisa coba tips berikut ini!

7 Tips Aman Meninggalkan Ikan Mas Koki Pergi Mudik Lebaran 1 Bulan Bebas Perawatan
7 Tips Aman Meninggalkan Ikan Mas Koki Pergi Mudik Lebaran 1 Bulan Bebas Perawatan

Harusnya tips meninggalkan ikan hias mas koki, Arwana, lohan, guppy, discus serta ikan air tawar lainnya ini sudah admin buatkan di pertengahan lebaran atau di awal bulan puasa. Karena mungkin sekarang sudah banyak dari kamu yang pulang kampung. Ini terjadi karena admin sendiri baru pulang dari daerah. Namun begitu karena admin sudah kembali dari daerah, jadi admin punya pengalaman bagaimana caranya meninggalkan ikan hias mas koki dengan aman dan sehat ketika mudik lebaran.

Silahkan simak tipsnya berikut ini:

1. Kuras Air 50%
Hal pertama yang admin lakukan adalah dengan menguras air sebanyak 50% dari total air yang ada di dalam aquarium. ini bertujuan untuk membuat air lama dapat bertukar dengan air baru namun dengan tidak menghilangkan bakteri pengurai yang baik di dalam aquarium. Terlebih admin juga sudah 1 bulan sudah tidak mengganti air di aquarium ikan mas koki tersebut, jadi ini adalah momen yang tepat. Nah buat kamu yang sebelumnya sudah pernah ganti air 50% dan kondisi air masih jernih, silahkan ganti 30% saja.

2. Ganti Media Filter Mekanik
Sembari mengganti air sebanyak 50%, admin juga mengganti filter mekanik atau filter busa yang ada di filter box. Sebenarnya sih bukan benar-benar diganti, namun dibersihkan saja dengan cara menggosoknya dengan air bersih. Karena filter mekanik admin juga masih terbilang baru diganti. Namun buat kamu yang sudah lama tidak mengganti atau membersihkan filter mekanik tersebut, ada baiknya diganti saja. Apalagi kalau sudah kotor sekali. Sebagai tambahan referensi sudah admin buatkan juga tata cara penggantian dan pemasangan filter mekanik yang tepat dan benar di sini, ada videonya juga.

3. Bersihkan Filter BOX
Berhubung juga admin membersihkan filter mekanik yang kotor, sekalian juga admin bersihkan filter box supaya proses pembersihan maksimal. Di sini admin menggunakan filter box dari talang air yang pernah admin review juga di sini. Sembari admin bersihkan media filter biologi beserta ruang filter lampu UV yang pernah admin review di sini.

4. Aerator Baterai
Ini adalah alat wajib yang harus dimiliki oleh pencinta ikan mas koki karena admin sendiri pernah punya pengalaman buruk soal aerator dimana listrik PLN di wilayah admin tiba-tiba mati sehingga beberapa ikan mas koki admin beberapa ada yang mati. Nah padam listrik dalam beberapa jam saja bisa membuat ikan mas koki mati, bagaimana dengan ditinggal mudik yang notabene bisa 1 hingga 2 Minggu lebih. Oleh karena itu yang namanya Aerator baterai sangat diperlukan.

Di pasaran sendiri ada banyak aerator baterai. Mulai dari yang murah menggunakan baterai biasa hingga aerator baterai otomatis menyala sendiri ketika listrik padam. Admin sendiri lebih menyarankan kamu untuk menggunakan

5. Pasang Food Timer
Food Timer atau Auto Feeder ini bersifat wajib jika di rumah kamu tidak ada orang yang memberi makanan ke ikan mas koki, namun jika ada orang di rumah, alat seperti ini tidak perlu. berhubung yang paling ngerti soal ikan hias mas koki di rumah ini adalah admin sendiri, maka mau tidak mau admin coba membeli Food Timer dari Recent 280G. Ini Food Timer sangat pas dan cocok buat kamu yang suka bepergian jauh seperti mudik lebaran kali ini. Karena mampu menampung makanan ikan hingga 280 gram. Bisa cek reviewnya di sini (admin sertakan juga tata cara penggunaannya).

6. Atur Intensitas Cahaya Lampu
Aquarium ikan mas koki admin sendiri menggunakan lampu DIY LED HPL yang sudah terdapat Dimmer atau pengatur intensitas cahaya di dalamnya. Jadi biasanya admin atur cahaya lampu ke maksimal, nah selama pergi ke daerah ini admin coba turunkan ke setengah dari biasanya. Dengan harapan ikan sapu jagat yang pernah admin review di sini tidak jahil ke ikan mas koki. Terlebih juga admin tidak ingin air di dalam aquarium menjadi kehijauan.

7. Minta Titip ke Orang di Rumah
Yang terakhir adalah admin minta titip ke orang yang ada di rumah, penting ini supaya ikan kita ada yang pantau semisal kelistrikan, air dan juga amit-amit misal ada kebocoran. Kalau memang tidak orang di rumah, pastikan saja token listrik sudah terisi. Karena dengan melakukan penyetingan seperti yang sudah admin jelaskan di atas tadi, peliharaan ikan mas koki kamu sudah sehat dan aman kok ditinggal pergi.


Nah itulah dia 7 tips meninggalkan ikan hias ketika mudik. Ini admin dapatkan sendiri dari pengalaman admin yang beberapa kali pergi ke daerah dan meninggalkan ikan mas koki bisa 1 hingga 2 Minggu lamanya. Tentunya 7 tips ini bisa kamu praktekkan pada ikan jenis lain semisal lohan, discus, guppy, Arwana. Sebenarnya kamu bisa menambahkan heater namun admin tidak pakai, berhubung lampu LED HPL saja sudah membuat air menjadi agak hangat. Namun untuk discus ada baiknya pakai heater. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

7 Tips Aman Meninggalkan Ikan Mas Koki Pergi Mudik Lebaran: 1 Bulan Bebas Perawatan