Ikan Sapu Jagat: Si Pembersih Kaca Aquarium Ikan Mas Koki - Bersih, Kinclong Tanpa Sikat

Benarkah Ikan Sapu Jagat atau ikan sapu-sapu bisa membersihkan lumut putih, lendir serta kerak di kaca aquarium ikan hias mas koki kamu? Kesal karena harus setiap hari membersihkannya? dan apakah aman jika digabung dengan ikan mas koki? Simak reviewnya berikut ini!

Ikan Sapu Jagat: Si Pembersih Kaca Aquarium Ikan Mas Koki - Bersih, Kinclong Tanpa Sikat
Ikan Sapu Jagat: Si Pembersih Kaca Aquarium Ikan Mas Koki - Bersih, Kinclong Tanpa Sikat

Buat kamu pencinta ikan hias yang suka memelihara ikan di Aquarium pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya lumut putih atau kerak putih yang biasanya melekat pada kaca aquarium. Biasanya lumut putih atau alga putih ini akan secara otomatis muncul sendiri setelah beberapa hari dan akan semakin banyak ketika kamu lebih sering memberi makan ikan dalam satu hari.

Admin iwakbuncit.com sendiri cukup kesal dengan lumut putih ini karena selalu saja muncul kendati sudah dibersihkan. Bahkan dalam 2 hari saja sudah muncul banyak lumut putih. Sampai-sampai admin harus membeli sikat magnet untuk bisa menghilangkan lumut putih ini. Nah buat kamu yang tertarik dengan sikat magnet terapung tersebut bisa baca review dan link pembeliannya di sini.

Berhubung lumut tersebut sering muncul, admin kepikiran untuk mencari cara lain bagaimana supaya lumut tersebut bisa hilang sendiri sekalipun tidak dibersihkan. Hingga timbalah admin kepikiran untuk memelihara ikan sapu jagat. Yup ikan sapu-sapu sendiri memang sudah dikenal sebagai ikan pembersih, ikan yang suka memakan lumut dan kebetulan sekali sudah 1 Minggu admin tidak membersihkan kaca aquarium. Nampak dengan jelas sekali banyak sekali kerak dan lumut putih serta lendir yang lengket,

Admin coba beli 4 ekor ikan sapu jagat di pasar ikan hias di kota admin. Sebelumnya admin cek terlebih dahulu kondisi kesehatan ikannya. Setelah yakin, admin coba masukkan ke dalam tank. Kebetulan di dalamnya sudah ada ikan mas koki. Awalnya ikan sapu jagat diam namun setelah beberapa jam, ikan mulai bergerak.

Setelah 4 hari lamanya, kerak dan lumut putih yang melekat pada kaca aquarium menghilang total, habis dimakan ikan sapu jagat tadi. Bahkan admin cukup kesulitan untuk mencari lumut putih tersebut. Waw.. sekali.. dengan adanya 4 ekor ikan sapu jagat tadi, admin tidak perlu harus repot-repot lagi membersihkan kaca aquarium menggunakan sikat.


Nah buat kamu yang ingin membersihkan lumut serta lendir putih yang ada di kaca aquarium ikan mas koki, bisa coba memelihara ikan sapu jagat. Untuk lebih jelasnya bisa simak video yang ada di atas. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Ikan Sapu Jagat: Si Pembersih Kaca Aquarium Ikan Mas Koki - Bersih, Kinclong Tanpa Sikat
  1. Bang kenapa ya kotoran ikan mas koki saya terapung , padahal tidak ad penyakit atau apapun ikan lahap seperti biasa kenapa itu ya bang ?

    BalasHapus