Review 1 Bulan Menggunakan Lampu Ultraviolet pada Aquarium Ikan Mas Koki: Baca Ini Dulu Sebelum Membelinya!

Setidaknya sudah sebulan admin menggunakan lampu ultraviolet (UV) untuk filterisasi pada Aquarium ikan hias mas koki. Tentunya dengan waktu yang cukup lama tersebut admin sudah mengetahui kelebihan serta kekurangan dari lampu UV ini. Karena memang sedari awal admin membeli lampu UV ini untuk menambahkan proses sterilisasi sehingga air yang ada dalam Aquarium ikan mas koki menjadi bening, sehat dan tak berbau. Nah yang jadi pertanyaannya adalah apakah benar lampu ultraviolet ini memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan? Buat kamu yang penasaran dengan efektivitas lampu UV ini bisa simak review lengkap lampu UV pada Aquarium ikan mas koki berikut ini!.

Review 1 Bulan Menggunakan Lampu Ultraviolet pada Aquarium Ikan Mas Koki: Baca Ini Dulu Sebelum Membelinya!
Review 1 Bulan Menggunakan Lampu Ultraviolet pada Aquarium Ikan Mas Koki: Baca Ini Dulu Sebelum Membelinya!

Sebelumnya admin sudah pernah membagikan artikel sejenis yang membahas soal lampu UV juga, namun lebih kepada pengalaman unboxing serta tata cara menggunakan lampu UV yang benar pada Aquarium ikan hias. Nah untuk kali ini lebih kepada reviewnya. Karena admin tahu tidak banyak dari penyuka ikan hias tahu dengan media filter cahaya yang satu ini. Mengingat memang media filter mekanik dan filter biologi lah yang paling populer. Media filter cahaya seperti lampu ultraviolet ini lebih dianggap sebagai opsional saja. Padahal mensterilisasi air secara berkala dapat membuat ikan-ikan hias kita menjadi sehat serta terhindar dari penyakit.

Ini terbukti sendiri selama admin menggunakan lampu UV pada Aquarium ikan mas koki, ikan menjadi sehat, nafsu makan meningkat dan sudah jarang yang namanya terkena penyakit baik itu dari bakteri, kutu maupun virus. Tapi perlu diingat bukan berarti tidak ada ya, namun intensitasnya itu sudah jarang sekali. Selama menggunakan lampu UV ini juga, air pada Aquarium admin jernih tidak berkabut dan buat kamu yang suka airnya itu berubah menjadi kehijauan, nah sterilisasi lampu UV ini sangat direkomendasikan sekali karena dapat mematikan bakteri, racun, virus serta pertumbuhan alga yang dapat membuat air menjadi beracun, kotor dan berkabut.

Sayangnya memang selama penggunaan lampu ultraviolet ini, lumut putih berlendir yang biasanya menempel di pinggiran kaca tetap ada. Padahal tujuan utama admin membeli lampu UV ini adalah untuk menghilangkan lumut putih. Akan tetapi bisa diselesaikan kok dengan memelihara ikan sapu jagat di sini atau kalau khawatir bisa menggunakan sikat magnet yang pernah admin review di sini.

Oh ya, lampu UV yang admin beli ini berdaya 11W. Dipasarkan sendiri ada banyak tipe dan merek lampu UV. Usahakan jika kamu ingin membeli lampu UV, belilah lampu UV jenis C atau lampu UV yang memang diperuntukkan untuk sterilisasi. Soal besaran daya sebenarnya yang 5W saja sudah cukup untuk Aquarium sebesar 100cm atau 1 Meter, namun di sini admin coba mengalikan 2 saja menjadi 11W.
Nah review lengkap dari penggunaan lampu UV pada Aquarium ikan mas koki juga bisa kamu simak pada video berikut:


Semoga review lampu UV ini bisa menambah bahan referensi kamu dalam membelinya. Apa yang admin tuliskan ini berdasarkan pengalaman admin sendiri selama menggunakan lampu ultraviolet tersebut. Buat kamu yang sudah lama menggunakannya atau ingin berdiskusi silahkan tinggalkan komen di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk +1, like dan bagikan serta dukung admin dengan cara Subscribe channel Iwak Buncit. Salam iwakbuncit.com

Review 1 Bulan Menggunakan Lampu Ultraviolet pada Aquarium Ikan Mas Koki: Baca Ini Dulu Sebelum Membelinya!