-->

Pelet Tipe Floating Bikin Ikan Mas Koki Berenang Terbalik? Benarkah Seperti Itu? Baca Ini Dulu!

Apakah benar pakan pelet ikan mas koki tipe Floating atau mengambang lebih mudah membuat Ikan Mas Koki terserang penyakit berenang terbalik atau Swim Bledder? Berarti pakan tipe Floating jelek dong tidak bagus untuk ikan mas koki? Lebih baik pilih tipe sinking ya? Hem.. jadi sebenarnya mitos atau fakta kah pakan ikan mas koki tipe mengambang bikin mudah Swim Bledder? Temukan jawabannya pada artikel berikut.

Pelet Tipe Floating Bikin Ikan Mas Koki Berenang Terbalik? Benarkah Seperti Itu? Baca Ini Dulu!
Pelet Tipe Floating Bikin Ikan Mas Koki Berenang Terbalik? Benarkah Seperti Itu? Baca Ini Dulu Biar Makin Paham!

Apa itu pelet tipe Sinking dan Floating? Semuanya sudah pernah admin bahas di artikelnya di sini. Jadi buat kamu yang belum sempat membacanya atau baru saja menemukan website Iwakbuncit.com ini bisa baca dulu penjelasannya di sana supaya beberapa point yang sudah pernah admin bahas tidak ulang di artikel ini lagi dan supaya lebih mendalam saja pemahamannya. Okey lanjut.

Beberapa penghobi ikan mas koki, khususnya yang sering berkunjung ke channel Iwak Buncit, sering kali menanyakan perihal "Apakah Benar Pelet Ikan Mas Koki Tipe Floating berpotensi atau penyebab dari Ikan Mas Koki Berenang Terbalik?" Soal dari beberapa kasus Swim Bledder pada ikan mas koki didapati jika mereka menggunakan pakan tipe mengambang. Oleh karena itulah pakan tipe floating ini sering dianggap sebagai biang keladi dari penyakit berenang terbalik.

Secara pribadi admin sendiri setidaknya sudah beberapa kali mendapati ikan mas koki yang dipelihara mengalami Swim Bledder setelah memakan pelet tipe Floating dan sendirinya admin coba berkesimpulan jika pelet tipe Floating berpotensi menyebabkan berenang terbalik. Namun makin kesini admin jadi lebih paham kenapa ikan mas koki bisa terkena Swim Bledder dan itu sudah pernah admin tuangkan penjelasannya di sini dan kamu juga bisa tonton penjelasannya melalui video berikut:


Yah, jadi bukan pakan Tipe Floating yang membuat ikan mas koki jadi berenang terbalik, akan tetapi karena beberapa faktor pemicunya. Hanya saja mungkin karena sering membaca pengalaman orang lain soal pelet tipe floating bikin ikan mas koki berenang terbalik atau lain sebagainya membuat kita tersugesti bahwa pakan tipe floatinglah penyebab ikan mas koki terkena penyakit Swim Bledder.

Sebagai contoh saja, ikan mas koki admin yang makan pelet tipe Sinking juga mengalami Swim Bledder dan itu sudah pernah admin bagikan juga penjelasannya pada artikelnya di sini, buat kamu yang ingin menontonnya bisa bukan video berikut:


Lucunya justru ketika admin coba memberi Pelet TAKARI tipe Floating ke ikan mas koki Ryukin yang sudah terkena Swim Bledder, eh malah sembuh dan sampai sekarang tidak lagi berenang terbalik. Padahal kalau dipikir-pikir ikan mas koki tersebut makan pelet tipe Floating, kok bisa sembuh? Bukannya tambah parah? Lengkapnya soal review pelet legendaris TAKARI bisa cek artikelnya di sini atau tonton reviewnya:

Berdasarkan pengamatan admin, baik pelet tipe Floating maupun Sinking bukanlah penyebab dari munculnya penyakit berenang terbalik pada ikan mas koki, namun lebih kepada kebiasaan kita juga memberikan pakan tersebut kepada mereka. Baik dari segi jumlah maupun ukuran pelet itu sendiri. Buat yang belum tahu berapa kali ikan mas koki makan dalam sehari idealnya bisa baca di sini atau tonton videonya berikut:


Saran dari admin, pilihkah ukuran yang pas berdasarkan besarnya ikan mas kokimu. Semisal ikan mas kokimu sudah berukuran sedang, maka pilihlah pelet ukuran M, begitu pula jika ikan mas koki kamu sudah jumbo atau besar maka pilihlah pelet ukuran L (Large). Sehingga ketikan ikan mas koki makan, maka mereka hanya membutuhkan sedikit usaha untuk mengambil makanannya.

Semisal Ikan Mas Koki ukuran jumbo, beri pelet ukuran L tipe floating maka ikan mas koki tersebut hanya butuh 2 atau 3 kali membuka mulut saja untuk bisa memenuhi mulut, sehingga udara yang masuk tidak banyak. Termasuk juga ketika kamu memberikan pelet tipe Sinking. Banyaknya udara ketika megap-megap atau membuka tutup mulut di permukaan ketika memakan pelet inilah yang disinyalir bisa memicu gangguan berenang atau biasa dikenal Swim Bledder.

Jadi sekarang kamu sudah tahukan penyebab dari berenang terbalik pada ikan mas koki dan kaitannya dengan pelet tipe Floating. Apa yang admin jelaskan ini murni berdasarkan pengamatan serta pengalaman admin selama memelihara ikan mas koki. Mungkin saja terdapat beberapa kekeliruan, silahkan untuk menyanggahnya di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips ikan hias yang setiap minggu admin bagikan di sana. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Pelet Tipe Floating Bikin Ikan Mas Koki Berenang Terbalik? Benarkah Seperti Itu? Baca Ini Dulu!