Ikan Mas Koki Berenang Terbalik Setelah Makan Pelet Hikari LionHead? Benarkah? 🤔

Entah kenapa ikan mas koki peliharaan kamu satu persatu berenang terbalik sendiri setelah diberi makan Saki Hikari LionHead? Padahal jumlah pakan yang diberikan juga tidak banyak, bahkan cenderung lebih sedikit dari biasanya? Apakah penyebab Swim Bledder ini dari Hikari LionHead atau dari ikannya sendiri? Okey, di artikel kali ini admin akan coba share pengalaman sekaligus bertanya kepada kamu khususnya yang sedang menggunakan pakan Pelet Saki Hikari LionHead ini.

Ikan Mas Koki Berenang Terbalik Setelah Makan Pelet Hikari LionHead? Benarkah? 🤔
Ikan Mas Koki Berenang Terbalik Setelah Makan Pelet Hikari LionHead? Benarkah? 🤔

Sudah cukup lama admin menggunakan pakan jenis pelet dari Saki Hikari varian LionHead. Bahkan saking sukanya dengan pakan ini, admin coba beli 2 bungkus lagi. Sebelumnya juga sudah pernah admin post review dari Saki Hikari LionHead beserta video reviewnya di sini. Buat kamu yang belum sempat baca bisa cek lengkapnya di sana. Nah di artikel admin kali ini lebih kepada efek dari pakan ini.

Yup, jadi selama penggunaan sendiri, admin lebih fokus ke ikan-ikan mas koki yang ada di tank utama, Aquarium yang biasa kamu lihat di video. Ukurannya 120x40x45 cm. Dimana ada beberapa ekor ikan mas koki berukuran jumbo. Secara pakan Hikari LionHead ini masuk kategori premium, jadi wajar saja langsung admin cobakan pada ikan mas koki premium pula.

Selama diberi pakan Hikari LionHead Sinking ini ikan mas koki jumbo admin sehat-sehat saja, semua ikan berenang dengan lincah, bahkan manfaat atau kelebihan dari Hikari LionHead yang mengunggulkan pertumbuhan jambul pun terbukti benarnya. Beberapa ekor ikan mas koki admin yang ada jambulnya turut besar, lebih "nyembul" wen-nya. Bahkan setelah diberi pakan ini lebih dari 1 bungkus pun ikan sehat-sehat saja tanpa kendala.

Nah keanehan terjadi setelah admin coba kasih ke ikan mas koki kelas "pasar". Yup, jadi sebelum memelihara ikan mas koki jumbo, admin sebelumnya sudah punya ikan mas koki pasar dan admin taruh ikan-ikan ini di Aquarium kecil. Maksud pasar di sini adalah ikan mas koki yang biasa atau bisa kamu beli di pasar ikan hias atau toko ikan hias dekat rumah. Umumlah harganya juga murah kisaran 10 ribu sampai 50k saja.

Jadi ada beberapa ekor ikan mas koki admin yang awalnya berenang normal, namun setelah diberi pakan ini malah jadi berenang terbalik atau istilah kerennya itu Swim Bledder. Ikan berenang terbalik ini juga tidak langsung semuanya, tapi bertahap. Setelah admin coba hentikan pemberian pakan selama 3 hari, ikan sudah normal kembali berenangnya. Admin jadi bingung, ini penyebab Swim Bledder dari ikannya atau dari pakannya? Soalnya kok setiap kali kasih pelet jadi berenang terbalik ikan mas kokinya.

Admin coba cari-cari info di forum sesama penghobi koki juga cukup banyak yang menyarankan untuk direndam terlebih dahulu dengan air beberapa menit pelet Saki Hikari LionHead ini sebelum diberikan ke ikan. Karena ada beberapa ikan mas koki yang memang tidak sanggup untuk menelannya langsung sehingga Swim Bledder ini akibatnya. Selengkapnya soal bahasan ini sudah admin buatkan juga dalam bentuk video:


Admin juga belum tahu pasti asal dari Swim Bledder pada ikan mas koki tersebut. Cuma yang terlihat adalah setiap kali selesai diberi makan, ikan mas koki admin jadi berenang terbalik dan kembali sehat, normal setelah dipuasakan 1 hari lebih. Buat kamu yang punya pengalaman seperti di atas bisa tuliskan di kolom komentar. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk Tips ikan hias setiap hari. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Ikan Mas Koki Berenang Terbalik Setelah Makan Pelet Hikari LionHead? Benarkah? 🤔