-->

Kotoran Ikan Mas Koki Panjang Tidak Mau Putus-Putus: Berbahayakah untuk Kesehatan Buncit?

Kotoran ikan mas koki kamu panjang seperti tidak putus-putus dari anusnya? Apakah ini bahaya sekaligus pertanda jika ikan mas koki kamu sedang sakit? Jika iya, apa yang harus dilakukan supaya kotoran ikan mas koki tidak panjang seperti itu? Apakah boleh diputus manual? Nah buat kamu yang sedang mendapati kotoran ikan mas koki nampak panjang seperti tidak putus-putus bisa baca penjelasannya berikut ini.

Kotoran Ikan Mas Koki Panjang Tidak Mau Putus-Putus: Berbahayakah untuk Kesehatan Buncit?
Kotoran Ikan Mas Koki Panjang Tidak Mau Putus-Putus: Berbahayakah untuk Kesehatan Buncit?

Ikan Mas Koki, salah satu ikan atau bisa dibilang satu-satunya ikan yang pernah admin ketahui mendapatkan julukan sebagai Pabrik Amonia. Bukan tanpa alasan ikan mas koki dapat julukan seperti itu. Ini tidak lain karena kesukaan ikan mas koki yang makan terus menerus sehingga menghasilkan kotoran. Kotoran ini akan terus muncul selama kamu memberi makan mereka. Sekalipun sudah kenyang, ikan mas koki akan terus makan seperti tidak pernah kenal kata "kenyang".

Jadi, idealnya berapa kali sih memberi maka ikan mas koki dalam sehari? Hem.. untuk yang satu ini sudah pernah admin buatkan penjelasannya di sini atau tonton video berikut:


Okey, sekarang kamu sudah tahu jika hobi ikan mas koki selain makan adalah membuang kotoran. Saking seringnya makan, sering kali kita melihat kotorannya tersebut memanjang seperti untaian tali, dan lucunya lagi kotoran panjang tersebut seperti tidak mau putus. Melihat ikan mas koki berenang saja, geol-geol dengan perut buncitnya serta mulut megap-megap saja sudah membuat kita tersenyum, apalagi ketika mereka berenang sambil membawa kotoran panjangnya. Hehehe..

Buat kamu yang cukup penasaran tentang kotoran panjang ini apakah berbahaya bagi ikan mas koki dan apakah ini suatu pertanda penyakit? Jawabannya "TIDAK", namun juga bisa berarti "IYA". Tidak disini maksudnya suatu hal yang normal jika kotoran ikan mas koki terlihat panjang menjuntai. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh jenis dan merek pakan.

Contohnya saja ketika admin coba memberi makan MB Food tipe Sinking atau tenggelam (spoiler dikit yang sebelum final Reviewnya 🤭). Kotoran ikan mas koki cenderung untuk tebal memanjang, seperti yang sudah admin deskripsikan sebelumnya. Ini dikarenakan pakan tipe sinking umumnya padat dari pada pakan tipe Floating atau mengambang. Sehingga kepadatan pakan pelet inilah yang membuat kotoran ikan mas koki jadi panjang menjuntai.

Beda cerita ketika admin menggunakan pelet dari TAKARI yang reviewnya bisa kamu tonton berikut atau bisa baca juga di sini:


Pakan TAKARI ini cenderung membuat kotoran ikan jadi remah-remah kecil melayang layaknya kulit berwarna putih. Walau ada beberapa ikan yang membuang kotorannya berbentuk memanjang, namun tidak sepanjang pelet tipe sinking. Selain itu merek pakan juga mempengaruhi warna dari kotoran itu.

Namun jangan salah, jika kotoran ikan mas koki juga bisa menjadi indikator kesehatan ikan tersebut. Sebagai contoh kasus yang pernah admin temui dimana salah seekor ikan mas koki admin yaitu Ranchu Gold anusnya berdarah yang mana ditandai dengan kotorannya panjang seperti benang tidak mau putus. Kotorannya ini tipis berwarna putih disertai dengan butiran gelembung di antaranya. Lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut atau juga bisa baca di sini:


Berdasarkan info yang admin dapatkan, jika ikan Ranchu tersebut terkena gangguan pencernaan dan sayangnya sudah tahap kritis 😥. Kalau kamu menemukan tanda-tanda seperti yang admin sebutkan, ada baiknya segera mengkarantina ikan mas koki tersebut supaya bisa disembuhkan. Selain itu kamu juga bisa menambahkan sayur-sayuran seperti brokoli pada ikan mas koki supaya pencernaannya lancar.

Buat yang belum tahu cara memberi makan brokoli ke ikan mas koki bisa tonton videonya berikut dan juga baca panduannya di sini:


Okey, sekarang kamu sudah tahukan penyebab dari kotoran ikan mas koki yang panjang dan apakah kotoran panjang tersebut berbahaya untuk koki atau tidak. Buat kamu yang punya pengalaman dengan ikan mas koki terkait bahasan admin kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Kotoran Ikan Mas Koki Panjang Tidak Mau Putus-Putus: Berbahayakah untuk Kesehatan Buncit?
  1. hm kalo ikan mas koki di kasih makan jentik nyamuk gimana? ada dampak nya tidak, seandainya ada dampaknya apa aja?

    BalasHapus