Ikan Mas Koki Makan Sayur Brokoli? Memang Apa Manfaatnya? 🤔

Pernah dengar atau lihat ikan mas koki makan sayu brokoli? Apakah mau ikan mas koki yang terkenal omnivora memakan sayur brokoli yang terkenal pahit? Apa manfaatnya sayur brokoli bagi kesehatan ikan mas koki dan apakah benar dengan memberi sayur brokoli pada ikan mas koki secara teratur bisa menghindarkan dari risiko berenang terbalik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ikan Mas Koki Makan Sayur Brokoli? Memang Apa Manfaatnya? 🤔
Ikan Mas Koki Makan Sayur Brokoli? Memang Apa Manfaatnya? 🤔

Ikan mas koki makan sayur Brokoli? Hem kedengarannya aneh ya? Karena memang ikan mas koki biasanya makan cacing, atau paling tidak pelet pabrik yang biasa di beli di toko ikan hias. Namun sejatinya ikan mas koki adalah hewan omnivora. Jadi selain bisa makan makanan daging-dagingan dari hewani juga bisa makan makanan sayuran seperti sayur brokoli. Setidaknya ini kali pertama yang admin lakukan pada ikan mas koki kesayangan.

Yup, memberi sayu brokoli. Kamu sedang tidak salah dengar. Apa sebenarnya manfaat sayur brokoli bagi ikan mas koki? Seperti kebanyakan sayur lainnya. Brokoli memiliki unsur serat yang baik untuk ikan termasuk kita manusia. Sederhananya ketika kita mengalami sembelit, maka dokter dengan segera akan menyarankan kita untuk makan-makanan berserat seperti sayur. Nah sayu brokoli dipilih karena memiliki serat yang banyak, selain itu tekstur brokoli yang menyerupai daging.

Buat kamu yang memelihara ikan mas koki seperti Oranda, Mutiara, Demekin apalagi Ryukin yang terkenal rentan terserang penyakit Swim Bledder (cek di sini untuk lebih lengkapnya), maka pemberian sayur brokoli secara rutin sangat dianjurkan. Selain membuat ikan lebih kecil terserang Swim Bledder, pemberian brokoli juga membuat pencernaan ikan menjadi sehat.

Hanya saja memang di awal-awal pemberian sayur brokoli biasanya ikan akan kurang menyukai atau kurang merespons. Itu wajar dan admin sempat mengalaminya sendiri sepertinya yang ada di video berikut:



Namun lama kelamaan ikan mas koki akan terbiasa dan sangat mudah jadinya memberi makan sayu brokoli. Saran dari admin sebelum memberikan sayur brokoli ke ikan mas koki. Cuci terlebih dahulu sayur brokoli tersebut serta rebus hingga empuk daging sayurnya. Setelah itu coba kamu potong agak kecil supaya muat ke dalam mulut ikan mas koki. Selebihnya biarkan ikan mas koki yang memakannya hingga habis.

Nah itu dialah Tips dari admin bagaimana caranya memberi makan sayur brokoli ke ikan mas koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat dan salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar