Kenapa Ikan Mas Koki Ryukin Gampang Terserang Penyakit Swim Bledder? Mungkin Ini Penyebabnya!

Benarkah Ikan Mas Koki jenis Ryukin mudah sekali terkena Swim Bledder atau biasa disebut dengan Berenang Terbalik? Apa sebenarnya penyebab Swim Bledder pada Ryukin? Hemm.. admin juga bertanya-tanya. Soalnya sudah 2 kali pelihara Ryukin dan ke semuanya berenang terbalik. Untuk itu kita sama-sama diskusikan soal ini.

Kenapa Ikan Mas Koki Ryukin Gampang Terserang Penyakit Swim Bledder? Mungkin Ini Penyebabnya!
Kenapa Ikan Mas Koki Ryukin Gampang Terserang Penyakit Swim Bledder? Mungkin Ini Penyebabnya!

Setidaknya sudah 2 kali admin memelihara ikan mas koki jenis Ryukin dan keduanya pun sama-sama terkena Swim Bledder. Buat yang belum tahu jika Swim Bledder adalah gangguan berenang dari ikan dimana ikan akan nampak berenang terbalik. Posisi perut menghadap ke atas serta kepala terbalik. Admin kurang begitu tahu pasti alasan kenapa Ikan Mas Koki jenis Ryukin rentan terserang Swim Bledder namun berdasarkan pengalaman admin setidaknya ada beberapa penyebabnya antara lain:

1. Bentuk Badan yang unik
Salah satu ciri khas dari ikan mas koki jenis Ryukin adalah bentuk badannya yang agak meninggi ke atas. Selolah-olah ikan mas koki Ryukin ini memiliki punuk layaknya. Semakin tinggi dan semakin rapi punuknya, maka harga dari ikan mas koki jenis Ryukin ini akan semakin mahal. Hal ini justru tidak diimbangi dengan bentuk perutnya yang tidak proporsional ketimbang punuk. Hal ini lah yang bisa jadi membuat ikan mas koki jenis Ryukin lebih rentan terserang penyakit Swim Bledder.

2. Faktor Genetik
Di alam liar sendiri sebenarnya tidak ada yang namanya ikan mas koki jenis Ryukin. Namun karena hasil silang gen dengan ikan mas koki jenis lain, maka dihasilkanlah Ikan mas koki jenis Ryukin. Nah karena faktor genetik inilah ikan mas koki jenis Ryukin lebih rentan terserang Swim Bledder ketimbang ikan mas koki jenis lain semisal, Ranchu, Oranda, Demekin atau mutiara.

Selain kedua faktor tadi, berdasarkan penuturan dari mereka yang sudah lama menekuni hobi Ikan Mas Koki, ikan Ryukin memang rentang terserang Swim Bledder. Sehingga jika ingin memelihara ikan mas koki jenis ini asupan serat harus benar-benar diperhatikan. Jangan memberi makan terlebih berlebih. Ini juga yang membuat ikan Ryukin gampang terserang Swim Bledder. Satu lagi jika Ikan Mas Koki Ryukin ukuran jumbo terkena Swim Bledder, maka akan cukup sulit untuk menyembuhkannya.


Terlepas dari semua itu, postur tubuh ikan Mas Koki Ryukin memanglah indah. memeliharanya dalam jumlah banyak dalam 1 tank akan memberikan kesan kemewahan serta keanggunan. Balik-balik lagi kamu sebagai pemeliharanya. Kalau sudah tahu Ikan Mas Koki Ryukin rentan terserang Swim Bledder, maka perawatannya harus lebih ekstra.

Itulah penjelasan admin soal penyebab Swim Bledder pada ikan mas koki jenis Ryukin. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Kenapa Ikan Mas Koki Ryukin Gampang Terserang Penyakit Swim Bledder? Mungkin Ini Penyebabnya!