Review Lampu UV TAKARI Versi 5 Watt Kecil: Cocok untuk Aquarium Ikan Mas Koki 60 cm

Baru pertama kali ingin menggunakan lampu UV pada Aquarium ikan hias kamu sebagai media filtrasi? Masih bingung apakah lampu UV merek TAKARI berdaya 5 Watt ini cukup efektif untuk Aquarium ikan hias mas koki kamu? Nah sengaja admin buatkan artikel review ini agar kamu bisa menentukan seberapa besar Watt lampu UV yang dibutuhkan dan apakah Lampu Ultraviolet TAKARI 5 Watt ini cocok untuk Aquarium 60 cm. Silahkan simak review lengkapnya berikut ini!

Review Lampu UV TAKARI Versi 5 Watt Kecil: Cocok untuk Aquarium Ikan Mas Koki 60 cm
Review Lampu UV TAKARI Versi 5 Watt Kecil: Cocok untuk Aquarium Ikan Mas Koki 60 cm

Sampai saat ini yang admin tahu, Lampu UV filtrasi yang paling kecil ukuran serta dayanya adalah lampu UV 5 Watt, terlepas dari lampu UV yang sudah tergabung bareng pompa celup (karena ada yang langsung dipaket nyatu antara lampu UV dengan pompa celup). Selebihnya ada yang versi 7 Watt, 9 Watt, 11 Watt hingga puluhan watt. Pastinya semakin besar daya Watt lampu Ultraviolet tersebut maka akan semakin mahal juga.

Nah kebetulan sekali kali ini admin membeli lampu UV dari merek TAKARI yang 5 Watt. Lampu UV ini berbentuk tabung seperti lampu UV 11 Watt dari TAKARI juga yang pernah admin review di sini. Namun dengan ukuran lebih kecil. Ada mungkin sekitar 17 cm beserta List hitamnya. Bukan tanpa alasan sih sebenarnya admin ingin membeli lampu UV 5 Watt Takari ini karena sebelumnya admin sudah memesan filter box talang air yang sudah pernah admin review juga di sini.

Buat kamu yang penasaran, berikut ini video unboxing dari lampu UV Takari 5 Watt:


Setidaknya 1 bulan lebih admin sudah menggunakan lampu UV TAKARI 5 Watt ini dan selama penggunaan pun terbilang memuaskan. Yup, jadi air di Aquarium admin khususnya Aquarium ikan mas koki menjadi jernih yang awalnya itu agak berkabut. Ini sesuai dengan versi 11 Watt nya. Oh ya admin memasangkan lampu UV ini pada Aquarium berukuran 60x30x30 cm. Buat yang pingin tahu seperti apa perubahannya bisa kamu simak di sini.

Dengan ukuran 60 cm tersebut, butuh waktu lebih kurang 4 hingga 4 hari untuk membuat air menjadi jernih dan itu sama sekali admin tidak melalukan penggantian air sebanyak 50%. Akan tetapi ketika admin cobakan pada Aquarium berukuran 120x40x45 cm, hasilnya kurang memuaskan dimana proses air yang awalnya berkabut menjadi jernih itu sangat lama. Bahkan dalam kurun waktu 7 hari saja lampu UV TAKARI 5 Watt ini tidak benar-benar membuat air di Aquarium admin jernih.

Jadi kesimpulannya lampu UV TAKARI 5 Watt ini efektif untuk Aquarium berukuran kecil semisal 60cm, namun jika di atasnya maka disarankan untuk menggunakan lampu UV berdaya lebih tinggi. Saran dari admin juga untuk coba menyinari air lebih dari 2 detik sehingga proses filtrasi lebih maksimal. Berhubung admin sudah menggunakan box filter talang air yang memang sedari awal dirancang untuk bisa menampung lampu UV 5 Watt ini maka admin tidak perlu pusing lagi meletakkannya.

Berikut ini admin sertakan juga video reviewnya:


Oh ya, buat kamu yang tidak punya ruang lampu untuk lampu UV ini bisa menggunakan pipa paralon yang ditaruh tepat di saluran pembuangan atau keluaran air dari box filter. Sekian review dari admin untuk lampu Ultraviolet dari TAKARI 5 Watt. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit supaya terus bisa mendapatkan update terbaru seputar Tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Review Lampu UV TAKARI Versi 5 Watt Kecil: Cocok untuk Aquarium Ikan Mas Koki 60 cm